Customer Service : Terkadang Begini Terkadang Begitu


Suatu hari, saya pernah mendapati sebuah blog (maaf saya lupa siapa blogger-nya) yang mem-post blog bertajuk tentang customer service, plus file bawaan .mp3 yang setelah saya dengarkan ternyata beberapa menit percakapan antara CC Indosat M3 dan kliennya.

Coba anda dengarkan sendiri, Nih file mp3-nya
Kali ini, saya dengan semena-mena mem'bela' si CC Indosat M3 itu, yang dengan segala kemampuannya, melayani penelpon iseng, atau mungkin memang punya gangguan mental (bukan gangguan jiwa).

Suatu hari yang lain, sebuah cerita yang sepertinya tidak pernah saya lupa, ketika kasus CC im3 diatas "membalik keadaan". Kali itu terjadi pada salah seorang pelanggan Telkom Speedy.

Yang akhirnya dengan semena-mena saya akan mem'bela' si Klien.

Lalu, lebih condong kemana kita mem'bela'? Sepertinya membela Klien saja seperti yang tidak begitu adil, untuk CC yang memang mendedikasikan pekerjaan untuk kepuasan pelanggan. Tapi juga akan sangat tidak adil jika lebih dari seribu contoh klien yang tidak terpuaskan oleh CC diabaikan begitu saja.

Kecondongan hati saya serahkan pada anda sendiri.
Saya pribadi, sepertinya akan lebih banyak berusaha melihat per case problem sajalah.

3 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Gun mengatakan...

Tapi juga akan sangat tidak adil jika lebih dari seribu contoh klien yang tidak terpuaskan oleh CC diabaikan begitu saja. <-- banyak dari CC (CC ato CS nih) yang memberikan pelayanan tidak memuaskan..

eh tapi, sobat gw kerja di customer servce nya Indosat tuh..kalo dia pasti deh memuaskan pelanggan...

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@JoVie : Iya yah... kenapa gw nulis "CC" .. berulang-ulang lagi... knapa ya... waduh.. ah biarin lah.. yang penting ngerti.. he..he..

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

kadang, sih yang nelpon sering buat gara2.
tergantung sikon juga kyknya. :)

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog