Lomba menulis : Malam Ahad


Ini bukan ide saya. Ide ini datang dari kawan saya yang sebenarnya datang dari kawan yang lain. Bingung??. berikut diagram alur pembicaraan kamiyahoo messenger

Jadi begitu.. garis warna biru adalah pembicaraan pertama antara saya dan mister Rifu/ Mister Arif (rifu xiansheng artinya Mr. Rifu). Dimulai dari situ, muncul pernyataan "ooo mungkin seharusnya memang untuk mengisi malam ahad adalah melakukan sesuatu di luar pekerjaan biasanya". Pernyataan ini kemudian saya lontarkan ke saudara ifnul (garis warna merah). kemudian di 'balas' dengan tanggapan 'dingin' warna hijau itu. Singkatnya, bahwa mungkin memang untuk mereka yang sudah mengisi kepadatan aktivitas di hari lain, memang seperti harus "menjawab tantangan" malam minggu itu. Tapi bagi sebagian yang lain, mungkin tidak juga.. malah seharusnya waktu inilah yang tepat untuk beristirahat, sebelum besok hari senin harus kembali lagi ber... juang.

Ada beberapa "golongan" orang (sepertinya) yang menghabiskan malam minggu dengan hal lain yang memang tidak dilakukan di malam lain. Saya tidak bisa menyebut 'berapa'-nya.. yang pasti ada lebih dari satu jenis.
  1. Ke luar kota, mungkin ini bagi sebagian orang yang hidup di kota besar, yang ingin mencari suasana lain, diluar ke-kota-an. Itu sebabnya saya sedikit aneh jika ternyata, banyak juga yang pergi keluar kota, tapi tujuannya ke kota lain. Sama saja seperti memindah suasana.
  2. Kota-kota, atau jalan-jalan dalam kota saja.
  3. Naik gunung, ini bagi yang memang sudah gemar,
  4. Apel, mungkin ini dipengaruhi tingkat usia karena jika sudah melewati usia tertentu istilah apel mungkin sudah tidak cocok lagi. (ingat lirik lagu-lagu sekitar 80-an)
  5. Nongkrong (bukan berarti benar-benar nongkrong atau jongkok). Ada beberapa pembagian lagi di poin kelima ini. Ada yang nongkrong di pinggir jalan, dengan mobil atau motor misalnya. Ada yang di warung kopi menghabiskan segelas kopi tapi dengan seribu permasalahan yang ada di kepala.
  6. Balap liar, tidak selalu pengguna motor, pengguna mobil-pun ada yang juga melakukan ini. Untuk poin ini biasanya dipicu oleh kegiatan poin kelima. Tapi tidak selalu.
  7. ... hal lain, yang saya tidak tahu, tapi pasti ada.
Selainnya.. adalah yang tidak pernah membedakan dengan keras antara malam ahad ini dengan malam-malam lainnya, atau setidaknya ada hari lain yang juga bisa digunakan untuk "istirahat" dari hari sibuknya.

Lepas dari sebab musabab -yang sebenarnya kita pun tahu, ada yang sangat disayangkan, yaitu keterpaksaan mengikuti hari. Bukankah ada yang jauh lebih istimewa ini. Mau tidak mau, ada sebagian kita yang 'terpaksa' mensakralkan hari senin, tapi bukan untuk kecintaan pada sang pencipta, tapi untuk... (maaf) upacara misalnya. Tidak hanya itu, masih ada beberapa 'peristiwa' yang lebih bersifat 'rutinitas' yang secara tidak sadar akan menggiring kita pada 'pengagungan' lain yang tidak pada tempatnya. Karena kita tahu siapa pemilik yang seharusnya.

14 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
semuasayangeko mengatakan...

salam... eh saya gag ngerti niyh tulisan yang kali ini... percakapan antar 3 orang itu gag jelas.. kog saya gag ditanyain kayak mas cenul???

kubukulupherz mengatakan...

dari rumah blogger niih .
mau berkunjung sebentar . :D .

omong", gimana sii buwadh ringkasan/selengkapnya gituuh ?
pengen tauu .

Adrians Islam Kurniawan mengatakan...

mampir berkunjung. makasih mas firdaus atas kunjungan baliknya ke http://adrians.dagdigdug.com . Salam kenal dari saya..

firdaus.a] mengatakan...

@semuasayangeko : sama saya juga. :) ya situ waktu itu sedang tidak mengudara mas.

@kubukulupherz : terimakasih sudah mampir. Untuk meringkas ini pakainya jaavascript. Tapi Sekarang belum sempat buat men'cerita'kan ulang cara2nya. Mungkin nanti kalau ada kesempatan. :)

@Adrians Islam Kurniawan : Salam kenal juga, sama-sama, sudah blogwalk juga.

monsterikan mengatakan...

kangen nih pengen naek gunung hiks

Achmad mengatakan...

Numpang comment nie boz, mau komentar apaan masih bingung nih...lain kali aja yach...
Salam kenal aja deh dari blogachmad.blogspot.com

firdaus.a] mengatakan...

@monsterikan ; Terakhir kapan nih, sampai kangen gitu..?

@Achmad : Salam kenal juga... tenang aja,, mungkin kali lain.

semuasayangeko mengatakan...

@Firdaus @kubukulupherz : terimakasih sudah mampir. Untuk meringkas ini pakainya jaavascript. Tapi Sekarang belum sempat buat men'cerita'kan ulang cara2nya. Mungkin nanti kalau ada kesempatan. :)

waw ada caranya toh.. mari kita belajar... kapan OL?? ngebussshhh way ya ke ane...

firdaus.a] mengatakan...

@semuasayangeko, kubukulupherz : udah ada...

Ifnullearner mengatakan...

Mohon maaf mas eos.. saya hanya mampu bercerita posting yang di pending sampai waktu yang tak ditentukan ding.. wah jadi pening.. gagal maning.. gagal maning..

firdaus.a] mengatakan...

@ifnullearner : mengecewakan.. huh..

JoVie mengatakan...

suka flowchart juga yah..banyak tulisan yang memakai flowchart deh kayaknya...keren banget...

emang banyak yang m'sakralkan hari Senin, itu karena kepuasan di hari Minggu mereka raib dan harus b'aktifitas seperti biasa dan b'harap m'punyai Minggu yang panjang...
Gw kadang b'fikir gitu juga apalagi Bon Jovi nyanyi I don't like Monday..hehe

But, skrg pemikiran itu udah pelan2 ilang...
Why? kalau kita m'gunakan hari Minggu s'baik2nya dan gak m'buang slrh nafsu di hari Minggu, kita pasti akan nyaman di hari2 lainnya..semua hari sama b'putar 24 jam..

I Like MoNday..

firdaus.a mengatakan...

@JoVie : "I Like MoNday.." bener nihhh... :)

Ahmad Sheva mengatakan...

setuju mas . secara tidak langsung kita sudah 'mensakralkan' hari . yang paling d tunggu malam minggu [klo saya malam sabtu] . yg paling d benci malam senin [pz saya SMA , sekarang sih g lagi :D] .

kenapa bisa ada pensakralan hari ya ? mungkin itu perlu ada yang posting nih . ^^

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog