Model 3D Masjid Al-Haram Makkah di Google Earth


Namanya Omar Mougharbel -dalam ejaan bahasa inggris. Tahun 2006 tanggal 1 Desember, dia mengunggah (upload) sebuah model 3-Dimensi Masjid Al-Haram Makkah, ke Google SketchUp yang kemudian digabungkan dengan Google Earth. Entah mengapa gambarnya-lah yang di'terima' oleh komunitas Google karena 'kandidat' model yang lainpun cukup banyak. Mungkin, Google juga melihat reputasi Omar yang juga sebelumnya sudah cukup sering membuat Model 3D yang lainnya (lihat portofolio-nya).

Saya tidak tahu harus bersikap apa, menanggapi berita "basi" yang buat saya pribadi malah masih sangat "segar". Jika melihat tanggal peng-unggahan, 1 Desember 2006, berarti itu sudah 2 tahun yang lalu. Tapi saya baru tahu, padahal (kalau tidak salah) saya juga pernah "mampir" kesana setelah tanggal tersebut, tapi belum ada "pembangunan" model 3D-nya. Tapi supaya lebih adilnya, saya simpulkan, sudah saja mungkin memang saya yang belum pernah "kesana" lagi setelah 1 Desember 2006.

Gambar ini saya capture dengan Earth dari arah utara (menghadap selatan) ke arah Abraj Tower yang berada di selatan Ka'bah Masjidil Haram [berurutan dari atas ke bawah].

  1. Model 3D Masjid Al-Haram Makkah 1
  2.  Model 3D Masjid Al-Haram Makkah 2
  3. Model 3D Masjid Al-Haram Makkah 3
  4. Model 3D Masjid Al-Haram Makkah 4
Sebelum mengakhiri dan (jika ada yang mau) berkomentar, ingin saya sampaikan dulu sesuatu. Omar Mougharbel, tanggal 1 Desember 2006 saat dia mempulikasi model 3D-nya di Google Earth, mengaku berusia 13 tahun. Kurang percaya, sudah percaya saja, anggap Ia berkata jujur di situsnya.

8 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Ifnullearner mengatakan...

Lagi-lagi usia 13 tahun. Kemarin ada juga yang membahas (CoPas maksudnya :P, dan orang itu saya lagi :P) tentang koreksi hitungan NASA oleh seorang manusia saat usianya masih 13 tahun. Ada apa ya dengan usia 13 tahun?
Apa yang kita lakukan saat usia 13 tahun?
Poho euy..

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

13 Tahun, brarti tahun 1996. Tahun 1996 itu... kelas 2 SMP, wah, kelas 2 SMP.. waduh, itu saat mulai kenakalan remaja euy.

Salah sih, harusnya gw ga usah posting ini.. jadi weeh ada yang ngingetin :)

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

Makasih Nul, udah di ingatkan :)

semuasayangeko mengatakan...

kelas 2 SMP kita lagee ngapain ya nul?? wah kita kayaknya belum berkenalan.. aku di 2.5 kamu kelas siang ya?? hahahha pantes kamu hitam kayak gtuh... wah mas eos mulai kenakalan.. gag percaya pasti lebih muda lage.....
saya pas sgtu jadi ketua kelas,, hahahahahahaa..... keren ya.. gag ya... yawda gpp.. eh skg saya nulis nya di komen ajah ahh.. shoutbox bosen... sebenernya blooggggeerrr juga dah bosenn,, hihihihihihi bosenan ya saya.. seeepp lanjut ahhh mas...

Anonim mengatakan...

weh pengemar skectup juga bro.. sip

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@semuasayangeko : iya nih.. aduuh, tobaat tobat. Sama tapi kalo diriku bukan bosen, tapi malah takut terlalu addict. Jadi memang harus terus "jaga jarak".

@blogspot: gitu lah om. tau sendiri kan, fans = ga bisa bikin sendiri. he..he..

Gun mengatakan...

wah..wah...usia 13 tahun pas lagi sedih2nya tuh....sampe sekarang malah belom menghasilkan apa2 nih diriku...:((

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

wah keren bgt ya.. :-)

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog