Kode Beta Ping.fm


Ping.fm

Apalah lagi maksudnya sekarang? Kode beta ping.fm? Yup. Supaya tidak terlalu “kusut”, kita urai saja secara kontekstual judul diatas yang terdiri dari tiga kata yaitu Kode, Beta dan Ping.fm. Kata “kode” dan “beta”, sementara bisa kita sisihkan terlebih dulu. Sekarang kita tinjau dulu apa itu “Ping.fm”. Ping.fm adalah sebuah layanan ala “one-stop shopping”, yang kemudian bisa dengan serta merta kita “beri” sebuah julukan plesetan, tapi tetap sesuai konteks, yaitu “one-stop posting” :) . Nah mungkin dengan arti ini, kawan-kawan dan saya, lebih mudah mengerti apa yang Ping.fm sediakan. Kita lihat saja tag-line yang diusung oleh Ping.fm ini.

Ping.fm is a simple service that makes updating your social networks a snap.

Saya tidak memungkiri, terkadang.. ada saja kesulitan kita untuk melakukan posting di blog kita, ataupun sekedar update di layanan microblogging lainnya. Ping.fm mencoba memberi jalan keluar dengan merangkum seluruh kunci yang kita punya untuk memasuki layanan blog/social-network yang kita miliki untuk kemudian di buatkan satu kunci, yang dengannya, kita bisa masuki seluruh pintu-pintu blog/social-network tadi. Dengan begitu, proses update blog/social-network lainnya bisa dengan mudah kita lakukan dari satu tempat saja. Ping.fm. Tertarik??


Ping.fm, pertama kali saya lihat di sebuah status twitter seorang kawan. Disitu disebutkan bahwa posting status dilakukan melalui Ping.fm. Ini yang kemudian membuat saya ingin mencari tahu. Dan saya diantar oleh Google ke salah satu blog milik blogger yang kawan-kawan juga tentunya sudah mengenalnya, Kang Agus Hery atau yang kita kenal dengan edittag. Pada posting beliau beberapa pekan yang lalu, kang “edittag” menjelaskan tentang layanan ini, khususnya untuk cara posting di Blogspot. Saya harap sebelum melanjutkan, kawan-kawan juga menuju ke sana. Kang Edittag juga menjelaskan lebih lanjut mengenai cara posting di blogspot, dengan cukup padat. Sehingga setelah menyimak penjelasan beliau, saya tertarik untuk melakukan pendaftaran ke ping.fm. Hanya saja satu ganjalan teknis yang mengganggu adalah ketika kita mulai melakukan registrasi. Di awal registrasi, kita akan dihadapkan pada form seperti berikut ini.


Ping.fm Registration

Seperti biasa kita harus mengisi form tersebut. Tidak ada masalah untuk tiga baris pertama. Tapi apa maksud dari baris isian “Beta Code”?. Harus diisi dengan apa? Sedikit melirik ke atas, ternyata terdapat hyperlink menuju request beta-code form. Dan kita akan berhadapan (lagi) dengan format isian seperti dibawah ini.

BetaCode Request


Nah inilah yang dimaksud dengan Kode Beta. Tampaknya mudah. Tapi ternyata (yang saya alami) tidak semudah yang dibayangkan awalnya. e-mail akan dikirim langsung, ke inbox e-mail kita, lengkap dengan beta-code/Kode Beta yang kita inginkan. Sebagai informasi saja, saya melakukan request beta-code dan sampai hari ini, saya belum mendapatkannya. Nah itulah sebabnya pada posting beliau, Kang Agus Hery/Edittag memberikan kode yang beliau dapat yaitu “dreamofping” (tanpa tanda petik) supaya proses sign-up lebih cepat. Sayangnya, kode yang beliau berikan itu, sudah tidak valid lagi saat ini. Karena saya terlambat membaca postingan beliau, sekaligus sudah terlambat juga untuk menggunakan kode beta tersebut. Searching di google (saat itu) tidak mudah, banyak kode beta yang sudah saya coba, tapi ternyata sudah tidak valid. Sampai saya menemukan kode “pingadactyl”. Dan dari sini lah baru saya bisa melakukan registrasi/sign-up layanan ping.fm. (sampai saat ini kode ini masih valid).


Semakin kedalam, semakin saya mengerti maksud kata kang Agus dengan

Hanya dibutuhkan keuletan untuk menyetel hal tersebut.

Yup. Itu dia. Banyak layanan yang mampu di’tangani’ oleh Ping.fm. Dan supaya optimal, memang dibutuhkan keuletan melakukan setting untuk menggabungkan seluruh layanan blog/social network yang kita punya. Terhitung dari Layanan microblogging semacam twitter atau blogging layaknya Blogger, Wordpress.com, Tumblr, LiveJournal. Atau juga social-network seperti MySpace, hi5 dan Facebook semuanya bisa kita “kendalikan” dari Ping.fm (untuk update atau posting). Bukan hanya sampai disini, Instan Messaging seperti Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger atau GTalk diklaim bisa dijadikan sebagai remote untuk mengontrol update atau posting ke layanan-layanan tadi. Untuk kali ini, memang tidak kita bahas, dengan sangat detil cara-cara posting melaluinya. Posting dari Kang Edittag yang padat tadi kiranya sudah cukup sebagai pengenalan kita terhadap bagaimana cara posting dengan Ping.fm. Tapi sebagai contoh sederhana, saya akan bawakan contoh bagaimana mengupdate status twitter dengan Ping.fm. Tentunya setelah proses registrasi selesai.


twitter Pada kolom pilihan “Social Service”, kita pilih layanan mana yang akan kita update status-nya (misalnya, saat ini saya akan update status Twitter saya), maka kita harus lakukan pengaturan untuk akun twitter.



Jika kita klik “Not Setup”, maka kita akan dibawa menuju ke form dibawah ini.

twitter 2

Setelah mengisikan Username dan Password, maka saat itu juga kita sudah bisa melakukan update status twitter melalui ping.fm di dashboardnya seperti yang terlihat dibawah ini.

twitter 3

Setelah selesai memilih layanan apa yang ingin kita update, menuliskan pesan/isi update, dan menekan tombol “Ping It”, maka selanjutnya kita bisa melakukan crosscheck apakah update status kita berhasil. Dan Ternyata…

twitter 4

Ya, berhasil terupdate. Bisa dilihat yang saya lingkari warna merah menandakan bahwa update status dilakukan dengan Ping.fm. Untuk layanan yang lain, tentu sedikit berbeda, tapi setidaknya (semoga) kawan-kawan mendapat gambaran bagaimana cara melakukan update status, atau bahkan posting blog. Jika Klaim Ping.fm mengatakan mereka mampu malakukan itu, maka sekarang tinggal kita, mau atau tidak menggunakan layanan ini.


Sengaja khusus untuk posting ini saya fokuskan untuk melestarikan update kode beta (beta-code) untuk registrasi/sign-up. Yang Jelas, sampai saat ini kode beta berikut masih valid.

pingadactyl


Jika kawan-kawan sudah mendapati kode beta ini sudah tidak valid, silahkan beri komentar, dan akan saya usahakan meng-update kode beta yang masih valid. Atau jika ada kawan-kawan yang mendapati kode-beta yang masih valid, silahkan di share disini. Terimakasih dan silahkan mencoba bagi yang ingin mencoba.




#PS :
  • Saya memanggil kang Agus Hery dengan panggilan Kang “Edittag” setelah pertanyaan saya melalui ShoutBox “Saya manggilnya apa ya? Kang Agus? Kang Hery? atau..” dijawab dengan sebuah jawaban bersahaja “panggil saja edittag :)”.


37 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Gun mengatakan...

PertamaXXXXXX
*PD banget nih Gayanya*

Nyari tempat duduk dulu d pojokan akh..

Gun mengatakan...

Sob..Gw udah baca 2 kali tapi masih belom ngerti maksudnya nih..:(( Sedih deh...

Gw masih bego untuk urusan ginian, msih belom ngerti..

Besok2 Gw mo nanya langsung ke kamu deh...
Kudu siap jawab Pertanyaan "culun" dari gw....

OK..!!!

Kristina Dian Safitry mengatakan...

asyiiiik..dapat ilmu tambahan. nice posting

Anonim mengatakan...

Gue baru dengar nih, jadi masih sedikit bingung. Tapi thanks deh, bisa nambah pengetahuan.

Anonim mengatakan...

Informasi yang sangat bagus, pengalaman guru yang sangat berharga kawan. Trimakasih ya.

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Saya sudah daftar juga kang... tapi mungkin social network saya cuma blogger aja jadinya ya masih belajar lagi gitu deh...

Beta codenya masih valid, bahkan ping.fm juga menghimbau untuk memberitahukan beta code nya kepada yang lain...

Anonim mengatakan...

hohohoho... thanks kang, ni cocok banged buat aku informnya... update trus kang... hehehehheh

Anonim mengatakan...

boleh nih di coba nanti..sekarang mau jum'atan dulu

Mas Hery mengatakan...

makin banyak yang review, makin banyak yang tahu,informasi bagus memang wajib dikabarkan.

aku senangnya pake twitter untuk keperluan kasih kabar kode beta baru di ping.fm,cuma karena kode betanya diperbarui bila kita log in di ping.fm,akhirnya mau tak mau nulisnya mesti lewat ping bukan twitter :D

uNieQ mengatakan...

cc baru tau niyh yang ini...*dasar kudet* hihihi thx bro, setidaknya cc jadi banyak tau :)

Anonim mengatakan...

sip info na sangat berguna sekali... sy masukin dulu via memori neh...

Mike.... mengatakan...

mau coba juga ah..ntar kalo nemu kesulitan gw tanya lg ya bro..baru mo blajar juga nih soale,,

Anonim mengatakan...

bagus mas...

inicuma mengatakan...

aku regis kok gak dapat email balasan ya...??

Anonim mengatakan...

Cuma mau menambahkan di feedburner juga ada layanan pingshot yang secara otomatis akan mensubmit ke belasan blog direktori tiap kali kita publish artikel.

Met sore juga firdaus

Anonim mengatakan...

Bole di coba juga nich ... kodenya masih jalan :)

Anang mengatakan...

nyoba dulu ah.... gaptek ni masalah ginian

Anonim mengatakan...

wahhh... ping itu...

hhhmmm... jadi bingung

Anonim mengatakan...

Iyuth berkata: "??????????"

Maap saya memang gaptek!!!

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@semua... : Nuhun Ka sadayana.. | Terimakasih untuk semuanya.. ehm.. yang belum mencoba .. silahkan dicoba dulu.. he..he..

Kode Beta Ping.fm, terakhir : "pingscompany"

Anonim mengatakan...

Postingan di blog mas Firdaus informatif sekali . Thanks ya selalu berbagi ilmu.

Anonim mengatakan...

wah...., ilmu baru nie kayaknya., mo ikutan nyoba ah....

Tamrin mengatakan...

gak ngerti T_T

Anonim mengatakan...

komen dulu deh bari baca ... hehehehe

Mama Shahira dan Syafiq mengatakan...

bagus nih om artikelnya.. bermanfaat buat semuanya.. sering2 ya bikin artikel kaya gini.. thnks a lot..

Anonim mengatakan...

Ane baca dulu bang pelan2 (panjang banget soalnya)...

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

Kode Beta Ping.fm, terakhir : "pingitlikeitshot"

Anonim mengatakan...

bro kalo nampilin twitter kaya punya ente gnama yak? apa juga make ping.fm keren banget om twitternya

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@mochal : Itu kalo desainnya, ngutek2 ndiri, tapi bahannya yang penting itu RSS TWITTER UPDATEnya kan.. nah, itu bisa langsung dapet dari Twiiter ada di tab "Badges" atau ke blognya amanda juga ada, yg langsung jadi.. Ping.fm cuma sebagai penyalur update aja, gak sampe membuat widget gitu. ok bro mochal..

Subagya mengatakan...

thanks yak balasannya , langsung mampir ke TKP neeeh :D

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@subagya a.k.a mochal : sama2 bro. TKP kan Tempat Kejadian Pernikahan Bro, KUA dong.. :p

BEWARA, WORO-WORO, PENGUMUMAN : Kode beta Ping.fm terakhir adalah "vivalaping" (tanda kutip jangan diangkut juga yah).. MERDEKAA!!

Kampanye Pemilu 2009 mengatakan...

duh, belum pernah coba sekalipun nih :(

GrandChief mengatakan...

aku dah coba bos nggak pake apa2 trus login and verify di email langsung bisa tuh

barajakom mengatakan...

wah semakin keren aja neh blog nya, aku numpang keren ya mas

Anonim mengatakan...

Buat update fan page facebook dari wordpress bisa gak ini mas?

Mas Wibowo mengatakan...

sekarang sudah tidak bisa ya ping fm, gantinya apa sob kira2 ?

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@Mas Wibowo : Sekarang, rasanya semua lebih mudah Mas.. semua link antar social media sudah banyak disediakan di platform masing-masing.

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog