Sedikit Lebih Sopan : Moderasi Komentar di Blogger


Moderasikan Komentar Blog Jika saja Blogger memiliki penghalau SPAM sebaik yang Wordpress miliki, niscaya cara seperti yang akan kita bahas ini, juga akan saya tinggalkan. Bagaimana tidak, sejujurnya saya katakan bahwa “pagar betis” yang dipersiapkan oleh Blogger untuk menghalau SPAM terkadang membuat kita (saya pribadi khususnya) harus sedikit bersusah payah untuk sekedar memberi komentar. Tapi bukan sepenuhnya buruk. Usaha Blogger ini akan terasa kebaikannya bila suatu saat blog kawan-kawan sudah mendatangkan trafik yang sangat tinggi. Memang jika laju pembaca masih sedikit, seperti di blog ini, tentu tidak akan banyak terasa gunanya “pagar” tadi. Kita juga sadar betul, bahwa membiarkan SPAM berada di Blog kita, sama dengan membiarkan Search Engine untuk tidak mengindeks Isi blog kita. Blogger sampai saat ini belum bisa membedakan komentar yang identik (akibat penggunaan Automated SPAM). Penting atau tidaknya kekhawatiran itu muncul, jawabannya ada pada diri kita sendiri.


Setidaknya ada lima tindakan preventif yang Blogger sediakan untuk kawan-kawan beserta uraian singkatnya :

  1. Blogger hanya menerima lima HTML Tag untuk komentar :
    <a> (untuk membuat hyperlink)
    <strong> dan <b> (untuk mempertebal teks/font)
    <em> dan <i> (untuk membuat teks dicetak miring)
    selain tag diatas, tidak akan diterima (untuk saat ini). Ini yang mungkin tidak akan banyak mengganggu, karena toh untuk melakukan komentar, tak perlulah rasanya menggunakan HTML tag yang berlebihan. Dan setahu saya, bagi yang menggunakan sistem komentar standar (bukan “plug-in” atau script tambahan), maka fasilitas ini akan selalu aktif.
  2. Semua link yang diberikan, akan dengan sendirinya di beri label/tag tambahan rel="nofollow". yang akan menghentikan laju spiderbot atau crawler untuk mengikuti link yang kita maksud. Apa itu crawler, sudah sempat kita bahas di “Mungkin Seperti Ini Cara Dia Melihat : SEO”. Sebenarnya ini sangat tidak bermasalah kecuali kawan-kawan yang memang menghilangkan tag tersebut supaya ingin juga memberikan backlink kepada siapapun yang berkenan memberikan komentar. Pembahasan ini, mungkin bukan disini tempatnya, banyak yang harus dibicarakan lebih lanjut.
  3. Notifikasi berupa e-mail untuk setiap komentar yang dberikan. Dengan begitu, kawan-kawan bisa dengan mudah mengetahui siapa saja yang telah melakukan komentar. Dan jika ditemukan SPAM, maka hapus komentar tersebut. Ya, untuk blog dengan lalu lintas rendah seperti blog saya ini, cara ini masih cukup efektif. Tapi untuk blog dengan lalu lintas tinggi, maka notifikasi seperti ini hanya akan membuat kotak surat e-mail kita penuh, dan harus dengan lapang dada, dihapus satu demi satu.
  4. Menggunakan CAPTCHA atau Verifikasi Kata yang akan langsung menghalangi komentar dari SPAM. Tapi selain itu –terus terang saja, sangat menganggu. Walau begitu, sampai saat ini, inilah filter terbaik yang bisa kita lakukan. Ya, setidaknya sampaikan maaf untuk pembaca blog kawan-kawan yang akan mengisi komentar, karena telah menyiapkan “pagar” yang terlalu tinggi.
  5. Menggunakan Moderasi Komentar, yang akan “menahan” komentar kawan-kawan untuk kemudian masuk ke dalam daftar moderasi yang setelah disetujui oleh penulis blog, barulah komentar kawan-kawan akan muncul. Cara ini yang akan kita bahas bersama-sama. Model ini bukan tanpa kekurangan, moderasi akan menghalangi pembaca untuk melakukan instant feedback, yang buat saya itu menggembirakan. Pertama, moderasi seperti semacam pembenaran atas posting kita, komentar akan ditahan dan di “seleksi” kelayakannya. Ah, menggelikan rasanya (ini untuk saya yang rasanya tidak pantas untuk melakukan moderasi komentar kawan-kawan). Lagi pula model moderasi yang diberikan Blogger tidak sama dengan model moderasi yang diberikan Wordpress. Wordpress menyajikannya dengan elegance yang tinggi.


Cukupkah lima poin ini ? Tentu belum. Kita yang menggunakan Blogspot sebagai hosting blog, masih sangat memimpikan penghalau lain untuk SPAM layaknya wordpress dengan Akismet-nya. Ya mungkin suatu saat. Toh permintaan kita (secara moral) kepada Blogger untuk menambahkan Inline Commenting System (Komentar langsung di bawah Posting), sudah ditambahkan oleh blogger, meski masih dimasukkan kedalam fasilitas draft dan sekarang sudah bisa kita nikmati.


Nah, jika memang kawan-kawan merasa bahwa moderasi komentar adalah cara terbaik, ada sebuah opsi baru yang ditawarkan oleh blogger yang mungkin sedikit lebih “sopan”, yaitu dengan mengaktifkan moderasi khusus untuk posting yang sudah lama. Dengan begitu, tidak setiap komentar akan di”tahan” dan menunggu persetujuan dari penulis blog, tapi hanya untuk posting-posting yang sudah lama. Cara seperti ini menurut saya cukup “masuk akal” (tolong di tanggapi dengan santai saja maksud kata-kata “masuk akal” ini). Begini, posting yang masih relatif baru, akan dengan dengan sendirinya muncul di halaman pertama. Otomatis, juga akan lebih mudah untuk melakukan pemantauan komentar, karena toh muncul di halaman awal. Maka dengan moderasi justru akan merepotkan kita sendiri. Tapi untuk posting lama, ya, itu perlu, karena posting ini akan “tersembunyi” dibalik halaman utama, dan memerlukan perhatian lebih. Saya kira ini adalah jawaban yang “terbaik” untuk bermacam keluhan (setidaknya sampai saat ini).


Dari Dashboard > Layout > Setting > Comments, kawan-kawan akan menemui form berikut


Moderasi Komentar Blogger


Saya tidak tahu, apakah angka “14 hari” ini tepat atau tidak, hanya saja angka ini muncul sebagai standard atau default dari blogger. Kurang atau lebihnya silahkan kawan-kawan tentukan sendiri. Terakhir, Save Setting. Saya ucapkan selamat dan terimakasih atas sedikit “kesopanan” yang bisa kita berikan. Selamat mencoba, bagi kawan-kawan yang ingin mencoba.



#PS : Meski begitu, saya tetap keukeuh untuk mengatakan,...


“Blogger (or Google)… Please… Give us Akismet or something like that”


45 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Blogger Addicter mengatakan...

iya nie kang..saya kok jadi salut juga sama WP yah..udah keren, lengkap dan komplit..klo blog kok kayanya telat banget yah..belajar disini dulu ahh..pagi-pagi absen komen dulu..tumben bisa ngasi pertama kali..apa udah ada yang duluan yah..hehehe..bagus ulasannya kang..padat dan jelas..sipppp..:)

gus mengatakan...

singat.jelas.enak dibaca. sampai ga percaya kalau ada titik penanda akhir tulisan. btw, saya ko pgn ngediskusikan soal Do Follow sama Ustadz ya...

gus mengatakan...

singat.jelas.enak dibaca. sampai ga percaya kalau ada titik penanda akhir tulisan. btw, saya ko pgn ngediskusikan soal Do Follow sama Ustadz ya...

new information mengatakan...

makasih atas informasinya

mochal mengatakan...

wah saya harus banyak baca di sini nih... lengkap dan padat isinya. Terimakasih dah kasih pengetahuan

Benny Andhika mengatakan...

mantab nich broo infonya.. thank ya..
langsung meluncur...

JoVie mengatakan...

Hal ini aku udah nyoba udah lama Sob....cuma aku aturnya 3 hari..gak nyampe 14 hari,

hakimtea mengatakan...

saya setuju dengan point ke-3 tentang notifikasi. Apalagi untuk blog2 yang memang memiliki lalu lintas menengah seperti blog saya itu. Jadi tidak usah menggunakan chapta atau pun moderasi komentar plus tambahan spam preventif karena akan menghambat teman kita yg ingin memberikan komentar. Nah bila ketahuan komentar spam tinggal di hapus...

The_Phenomenon mengatakan...

Mantaf bro...
Tafi ana fikir2 dulu ya...

Hellen mengatakan...

lengkap euy..

Oeoes mengatakan...

wah sip kang makasih infonya, sorry tadi belum sempat komen keburu ngantuk

blogspot mengatakan...

sip baraya.. tapi yaitu, lantaran sy mah belum tergantung sama komentar.. jadi ngga terlalu ambil pusing lah...

semuasayangeko mengatakan...

huehue hue lupa mau Pertamax sekarang mahal..... ketinggalan dech...

charis mengatakan...

bagus juga mas infonya...tapi blm nyoba tuh....biasa jek sibuk.!!!tengkyu abizzz...

Mike.... mengatakan...

iya nih..kadang2 yg pake verifikasi kata itu mesti ampe 4 kali dimasukin baru bener..wordpress emang top kalo soal antispam,tapi masing2 punya kelebihan dan kekurangan sendiri...

uNieQ mengatakan...

juga ikutan menunggu protect SPAMnya Blogger. Udah banyak teman yang nyaranin pindah ke WP aja, tp masih cinta banged ma Blogger, lagian cc yakin kok, Blogger bakal memperbaiki diri, bukti nyata, form comment ini, setelah yang sebelumnya agak ribet *kata teman yg pake WP*. so qt tunggu aja :)

alief mengatakan...

wah...., gimana ya?biar kata orang wp itu lebih jago..., tapi kadung tresno karo blogger sih.

aku yakin, suatu saat, pihak blogger akan lebih perhatian lagi akan hal ini.

Duit Gratisan mengatakan...

OK bro, thanks infonya. Coba aku pelajari dulu, kayaknya bermanfaat tuh..

tyas mengatakan...

tempatku gak pake verifikasi kata.. soale kalo aku mo comment di blog lain trus ada word verif nya jg agak males.. suka mbulet hurufnya.. puyeng..
yg penting kan kita hrs approve dulu br bisa nongol..
nek aneh2 kaya komen2mu, ya tinggal reject to?? hehe, nggak dheng.. firdaus kan anak baiiikkk.. (ress..)

Masciput mengatakan...

wah terima kasih atas infonya! yang jelas komentar saya ini bukan spam

Cak Goestaf mengatakan...

Wah suipp itu..tapi Lom sempet tak jajal.. he he he...nanti tak coba sek

Cak Goestaf mengatakan...

mana wedange..hi hi hiii...

masenchipz mengatakan...

dibaca dari ujung atas ampe kebawah... ternyata bahasanya lugas..singkat dan padat... gud abis dah... siip...he..he..

Kristina Dian Safitry mengatakan...

maafkan aku..bukan maksudku melupakanmu hari ini. karena dikau bukan spam bagi hidupku,*cieeee*

masenchipz mengatakan...

angka 14 itu angka tgl lahir anak tetangga gw... he...he...

rian mengatakan...

nemarik tipsnya, tadinya aku juga make verifikasi kata, tapi ada yg protes katanya repot ngasi koment, jadi tak ganti aja.

Ani mengatakan...

Tapi komen di blog yang komennya dimoderasi kadang bikin nggak semengat juga lho mas, nggak seru he..he..he...
Juga kalau ada verifikasi katanya, kadang suka mangkel kalau huruf2nya nggak jelas, sulit dibaca...

abang mengatakan...

Saya belum pernah menggunakan blogger/blogspot, namun saya rasa masing2 layanan blog gratis itu memiliki karakteristik yg hampir sama, kalau toh ada perbedaan tidaklah begitu signifikan. di Blogger kita bisa melakukan multiple blog, bisa membuat team author, ada comenting system yang bisa di non aktifkan. Hanya Blogger tidak memiliki link manager shg kita harus memasukkan kode2 secara manual.kelemahan lain ya yang dituliskan oleh Firdaus diatas.

Kalo Wp memang cukup komplit dan handal didukung oleh software blog dari wordpress.org, sehingga enggine Wp itu banyak digunakan juga oleh penyedia jasa hosting.
Kelemahannya ada juga, template standardnya tidak bisa diubah, kita tidak bisa menambah asesoris apapun. Kelemahan ini sebenarnya tidak berpengaruh karena Wp tlh menyediakan banyak feature dan widget yg bisa kita pilih dan kita atur sendiri.

jadi layanan apapun yg kita pake bagus semua ... kita nikmati aja ... ngeblog terus sampe pagi hue he he ...

Selamat dan sukses selalu buat Firdaus ...Good posting and crucial ... abang tidur lagi yach dah jam 03.14 Wib ...

Iyuth mengatakan...

Huhuhu... wordpress emang oke!!! Makanya pake wordpress dongg... *pamer mode: ON*
Tapi kan ada enak nggak enaknya. Wordpress nggak bisa diotak-atik seenak Blogspot.

Anang mengatakan...

suatu saat pasti ada.... tenang aja..... belum waktunya

~ tc ~ mengatakan...

jadi bagusan mana ne? wordpress or blogspot??/

firdaus.a mengatakan...

@Blogger Addicter : Ya bener juga sih bro, tapi kalo inget kata kang jaloe, semakin terhimpit, semakin kreatif kita.
@gus : Matur Nuwun Gus, Boleh boleh gus..
@new information : sama-sama mas.
@mochal : sama-sama pak, saya juga harus banyak belajar dari blognya pak mochal :)
@Benny Andhika : Ya, meluncur.. awas kepleset.. :)
@JoVie : wah, ga bilang2.. iya.. memang defaultnya segitu.
@hakimtea : saya juga ngikut bang Hakim.. he..he.. Bang hakim mah enak.. pake wp. bisa tambah plugin .. hayoo ngaku..
@The_Phenomenon : fasti boleh.. ente fikir2 aza dulu.
@Hellen : Apanya euy.. hatur nuhun atuh. he..he..
@Oeoes : Tidur mas, tidur.. kalo ngantuk.. nanti malah komputer jadi bantal kan gawat. :)
@blogspot : Siap kang.. Hatur nuhun kang.
@semuasayangeko : Ah.. aslinya punya kesempatan padahal. bannernya sih *halah*
@charis : kalo gitu nanti aja mas..kalo sudah santai.. he..he..
@Mike : Bener bro.. ada "plus minus" gitu kalo kata tetangga saya. :)
@uNieQ : Sambil nunggu, gimana kalo nraktir es palu butung? :)
@alief : wah sih.. kok ngomongin jago-jagoan.. saya nggak ngomongin soal itu loh ya.. he..he.. ini kan memanfaatkan yang ada boz..
@Duit Gratisan : Siap pak..
@tyas : "Istilah"mu itu lho mbak.. kok aneh.. huruf kok "MBULET"?.. hi hi hi.. kalo nggak ikhlas ngomong saya orang baik itu.. ya.. mbok.. *diem aja.. sambil melotot*
@Masciput : iya percaya.. disini nggak ada SPAM kok..
@Cak Goestaf : wah.. ini.. sama aja sama mas oeoes.. sibuk.. yo mas? wedangnya.. ada di warung.. beli dulu iya?
@masenchipz : aduh.. jadi malu.. *tutupan bantal mukanya*.. makasih mas.. saya juga belajar dari situ.. :) .. oya kalo tetangga saya 15. he..he..
@Kristina Dian Safitry : *cieeee*.. baiklah kalau begitu..*cieee*
@rian : ya gimana ya bro.. habis memang agak merepotkan sih bro, tapi ya kalo
memang banyak SPAM, mungkin cara diatas bisa dipertimbangkan.
@Ani : Iya bu.. itu juga saya sebut diatas.. makanya saya pakai cara ini.. moderasi... tapi khusus untuk posting yang sudah lama saja. Makasih sudah mampir bu Ani.
@abang : betul bang.. *manggut-manggut* setuju bang.. bener..
@Iyuth : iya .. tapi saya mau disini dulu deh.. he..he.. *keukeuh mode : ON*
@Anang : semoga mas.. :) *optimis harus..*
@tc : lho.. mas.. bukan membandingkan WP sama Blogger.. cuma memanfaatkan apa yang ada semaksimal mungkin. Dua-duanya tergantung yang nulis kok :) teman saya ada yang pindah dari WP ke Blogger.. kan, brarti sama aja.. Ada plus ada minus.. gitu.. he..he..

JoVie mengatakan...

@ Abang : Ngigau ya Bang..?? hihiks..

zlam mengatakan...

Thx infonya...aku sendiri malah gak terlalu mikirin hal ini..he..he..

firdaus.a mengatakan...

@JoVie : iya kayanya itu.. abang ngetiknya sambil merem. :)

@Zlam : Ya selama masih bisa ditanggulangi, cara ini bisa di abaikan Pak Zlam. :)

ririn mengatakan...

huehehe,,, bgitu.. emang.. mo kasih koment ribet kalo pake ngetik2 huruf2.. disini pake ga? hehe..

Riasmaja mengatakan...

Kang, mungkin saya lebih setuju menerapkan CAPTCHA untuk setiap komentar di blog saya. Tapi untuk ke moderasi komentar, nanti dulu... karena menurut saya para pembaca (termasuk saya) lebih menginginkan komentarnya langsung tertampil di halaman komentar. Dan jalan tengahnya ya itu tadi.. CAPTCHA.. he.he..

*kena gak ya tembakannya..?*

firdaus.a mengatakan...

@ririn : disini.. ga pake yg mana2.. he..he.. kan komentator disini baek2 semua. :)

@I Ketut Riasmaja : oke.. pilihan boleh yang mana saja mas.. :) CAPTCHA mungkin mengganggu untuk sebagian orang saja, tidak semua. ok boss :)

arielz mengatakan...

nanya neh kang, gmn caranya kita tau suatu blog pake do follow ato no follow untuk komen-nya?,
sori agak oon neh pertanyaannya :p

e[A]r~fA'n mengatakan...

keren banget OM ^^

visit my blog : www.freelamp.blogspot.com

ntar gw cobain...

mkasih atas informasinya

visit my blog : www.freelamp.blogspot.com

firdaus.a mengatakan...

@arielz : He..he.. kita kan sudah ngebahas ini ya mas.. sip.
@e[A]r~fA'n : Susah amat namanya... om. :p

manis mengatakan...

mau nanyak gmn bikin blog isa tampil bagus....

Lowongan Kerja 2009 mengatakan...

Wah....mantep nih si bos artikelnya

Download Lagu MP3 Gratis mengatakan...

Wah banyak manfaatnya baca-baca disini, thanks ya

Guntur Nur Hidayat mengatakan...

lebih suka moderasi drpd captcha..capek nulis

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog