Ketika Harus Membilang Nyawa


Mungkin, jika memang harus membilang nyawa. Selalu ada satu hal yang sangat terasa kepedihannya. Bukan atas bertambahnya angka tapi justru atas berkurangnya nyawa.

Ketika itu, terdapat sebuah masa dimana seorang wanita dengan hati tanpa pamrih sehelai rambutpun, bersedia meletakkan hidupnya diatas meja pertaruhan. Yang jika tidak ia ambil pertaruhan ini, maka luluh lantaklah hatinya. Mungkin pula sekilas dalam hati wanita ini, ia berbisik "Tuhanku, selamatkanlah buah hati ini untuk cintaku. Biar nyawaku saja yang jadi penggantinya". Pada saat yang sama, seorang lelaki yang tanpa harus diminta, sepenuhnya ia serahkan tubuhnya. Bersujud di lembar bumi untuk sekedar meminta pada Tuhannya, "Selamatkan kedua cintaku ya Tuhan, biar kau ambil nyawaku sebagai gantinya, aku siap".

Selalu pedih jika harus meresapi ini. Wanita itu adalah ibu, dan lelaki itu adalah ayah. Kemudian ini yang selalu mengingatkan saya pada sebuah perkataan dari seseorang, bernama Abdullah putra Umar Radhiyallahu 'anhuma.
Diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Suatu ketika sahabat Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'anhuma melihat seorang laki-laki menggendong ibunya untuk tawaf di Ka'bah dan juga ke mana saja sang ibu menginginkan. Kemudian orang tersebut bertanya kepada Abdullah bin Umar, "Wahai Abdullah bin Umar, dengan perbuatanku ini apakah aku sudah membalas jasa ibuku?" Maka jawab Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'anhuma, "Belum,.. Setetespun engkau belum dapat membalas kebaikan kedua orang tuamu" [Shahih Al Adabul Mufrad No.9]

Perkataan "setetespun" itu seperti mengguncang tubuh ini. Bahkan untuk satu jenis rasa sakit seorang ibu ketika melahirkan, bahkan untuk setetes keringat yang ibu keluarkan untuk menahan sakit ketika melahirkan, ternyata kita tak mampu membayarnya.

Lalu dengan apa,... cukupkah rintihan "Robbighfirlii wa liwaalidayya warhamhumma kamaa rabbayaanii shaghiiraa,.. Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Dan sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidikku sewaktu kecil".

Ketika itu,... adalah tepat pada hari ini. Itulah sebab saya katakan, hari ini adalah hari dimana pernah seseorang rela pertaruhkan hidupnya, untuk hidup orang lain. Seseorang itu adalah ibu saya, dan orang lain itu adalah... firdaus.


Hak cipta gambar "Mother & Baby" ada pada imagesinart.co.uk

49 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
kapanpun mengatakan...

ibu adalah tua yang sangat berharga untuk di berikan penghargaan atas jasa-jasanya, "ibumu, ibumu, ibumu, kemudian Bapakmu"

Mike.... mengatakan...

duh..jadi kangen mama kalo baca ini..:)

bani risset mengatakan...

Thanx sob... Mengingatkan saya untuk selalu mengingat dan menghargai arti seorang ibu..

subagya mengatakan...

Ibu ku sayang, hikx... hixk.... maaf kalau anakmu ini berbuat salah. Maafin aku ya bunda ( Sumpah saya tersedu-sedu) . Thanks om firdaus telah mengingatkan kan lewat dialog di atas

blogspot mengatakan...

waaah met ultah baraya ... yg keberapa neh ??

tambah cikopai na ah..

makan..makan..makan...

tyas mengatakan...

jadi inget mamah..
sampe sekarang blom bisa membahagiakan mamah..
mudah2an masih diberi kesempatan n kemampuan utk bahagiain mamah..
huhuuu... fir..
aku sediiihh, gak bisa pertamaaaaxxx...

Badut Melankolis mengatakan...

Memang omongan tentang orang tua, terutama Ibu akan (selalu) mengharukan, khususnya buat sayah...
Mungkin karena sayah belum bisa menjadi sepanjang badan... apalagi sepanjang jalan!
"Mamah, terima kasih untuk segalanya..."

mantan kyai mengatakan...

kebaikan orang tua tak berbalas. no argue for it :D kangen si mbok aku ... hiks

Blogger Addicter mengatakan...

dalem banget..hikzz..sedih saya kang..bersyukur ya kang..pamit dulu..hikzz..

JoVie mengatakan...

Terharu Sob...!!

I wish U'll gonna get a better life and reach whatever u wanna be..."in your rest of life"

Allah Will always protect U wherever you are...

Ifnullearner mengatakan...

Semoga menjadi insan yang mulia, sujud selalu kepada Allah swt, serta berbakti kepada orang tua.

Amiien

masenchipz mengatakan...

mbaca tulisan elo bikin kangen ibu gw tau? he...he... btw gudddd abiz...

Abi Bakar mengatakan...

Selamat hari kelahiran Firdaus, ibu figur kasih sayang

ephwan mengatakan...

wah kang....
mengena sekali perkataannya ...
berarti hari ini kelahiran anda yak !?!
semoga allah memberikan yang terbaik buat anda, sehingga dengan itu orangtua kita punakan bahagia

EbleH 182 mengatakan...

Kata-katanya dalem sedalam lautan yang paling dalam sampai dalemnya yang sangat dalam...

Kang, Sak iki Ultah ta?? Yo wis, met ultah aja. Semoga panjang umur dan sukses selalu dalam segala hal.. AMIN

Indah mengatakan...

bacanya bikin merinding....ultah neh...met ultah ya..panjang umur,sehat selalu,banyak rezeki..sellau dlam lindungannya...pray the best for u lah....

Anang mengatakan...

met ultah... wah maafkan aku ibu.. aku belum bisa membahagiakanmu... hiks hiks

wendra wijaya mengatakan...

Met Ultah ya mas.. maaf nie terlambat ngucapinnya, heheeeee....

alief mengatakan...

wah....., hari ini ada yang ulang tahun ya?

selamat ya..., moga dengan nambahnya usia, semua yang baik dilimpahkan Allah SWT kepadamu, dan kita semua umatnya. amin

Benny mengatakan...

jd pengen pulang nich kangen ama ibu...(merengek)

btw, met ulang taun ya.. smoga panjang umur dan sehat selalu.. amin..

Anonim mengatakan...

memang benar dan sangat - sangat benar jadi mengingatkan saya pada pepatah usang : "kasih ibu sepanjang masa,kasih ayah sebuah pinggang"

Mamah Ani mengatakan...

ulang tahun ya ?
semoga dikaruniai kesehatan, kebahagiaan, kesejahteraan-kemuliaan-keselamatan dunia akhirat, diberi limpahan energi untuk full manfaat sampai ujung usia amin.
semoga bisa selalu membanggakan orang tuanya ya, baik dengan tutur kata, sikap dan perbuatan, juga pencapaian ikhtiar yang sempurna, amin

Lyla mengatakan...

Met Ultah ya... semoga panjang umur, sehat selalu... lancar rejekinya, semoga tetep berbakti sama kedua orang tua...

ihsan mengatakan...

Wahh jujur bro..ane jadi terharu waktu ngebacanya...

MEt ultah ya bro !!!semoga sehat dan sukses selalu....(btw, ditunggu lho makan2nya...hehehehehe)

aan mengatakan...

Selamat ulang tahun..

Kristina Dian Safitry mengatakan...

mau minta hadiah apa dariku nih, asal jangan minta nyawaku aja,he..he.. met ultah ya?

edisamsuri mengatakan...

cukuplah kita bertanya apa yang ibu sudah berikan untuk kita tapi mulailah bertanya apa yang sudah kita berikan untuk ibu kita...semoga pencerahan ini bisa menyadarkan kita bahwa ibu adalah segalanya

uNieQ mengatakan...

cc paling ga bisa merangkai kata tuk ucapan ulang tahun... yang jelas siang ini cc memanjatkan doa tulus untukmu sob..

selamat menjadi tua ya??? hehehe

JoVie mengatakan...

Sob..Mo nganterin "doa" dari temen2 nih dari Blogku...moga aja do'anya masih utuh nyampe sini...hehe

Kue Ultahnya masih gak? bagi dunk..laper nih..

mujiholic mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
mujiholic mengatakan...

sejak lulus sekolah aku jauh dari orang tua, jauh dari Ibu Bapakku, setiap malem aku ingat mereka kangen banged ma mereka. Inget ibuku yang jika aku pulang selalu dibuatkan dadar jagung kesukaanku. dipijitin di ceramahi sedikit tp agak lama tntang masa depanku. Tp kadang aku membodhi diriku yang gak isa bahagiain beliau sdikit aja. yang masih sekolah sering berantem ma mereka. tp sekrg aku nyadar Ibu tu yang terbaek di dunia ini. Pernah suatu hari aku putus ma pacarku, dijauhi temenku, gak ada temen. aku pulang aku peluk ibu dia nangis. nanya aku ada apa, aku diam. tp beliau tau klo semua gara2 seorang cwek. dan tadi malem aku mimpiin Ibu ma Bapakku, mgkn hari rabu ato minggu aku pulang. becanda ma Ibuku. Ibu aku sayang Ibu, Bapak aku sayang Bapak

wisesasekai mengatakan...

Dies Natalis (happy birthday)

Semoga panjang umur, bermanfaat dan bisa ngebahagiain orang2 yang anda sayangi...

Postnya bagus euy... jadi pengen sedih...

xero mengatakan...

wah kata2nya dalam dan penuh makna hehehe, lagi ulang tahun yak? MOGA SEHAT DAN BANYAK REJEKI Prend

semuasayangeko mengatakan...

Assalamualikum...
salam buat mamahmu ya..
mau pulang ahh minggu depan... angen mamah...

Ani mengatakan...

Dengan kata lain , ultah kan ya?
Happy Birthday ya mas. Moga diberi sisa usia yang barokah. Wish u all the best.

edisamsuri mengatakan...

semoga tambah mantap merenda hari-hari kedepan kang...met panjang umur

Masciput mengatakan...

memang sudah kewajiban! I love my mom

ipanks mengatakan...

cinta seorang ibu kepada anaknya tidak akan pernah bisa dibalas.kita sebagai anak hanya bisa berbakti dan membahagiakannya walaupun ibu tidak pernah memintanya. om numpang kirim postingan ya Mother - Ibu

Riasmaja mengatakan...

Selamat Ulang Tahun ya kang... Semoga panjang umur, sehat, murah rezeki dan sukses selalu..

abang mengatakan...

Subhanallah ....

Saat melahirkan seorang anak, seorang ibu mengeluarkan segenap kemampuan dan tak memikirkan apa yang akan terjadi padanya, karena ia hanya berharap keselamatan dan kesehatan bagi calon anaknya, bahkan ia rela menukarkan nyawanya untuk buah hatinya tanpa mengharap setitik pamrih apapun ...

Sementara apa balasan kita ???
Jawabannya gak ada, karena kasih ibu tak akan terbalaskan oleh apapun ...

Pesan untuk firdaus yang berulang tahun:

gak ada cara lain dek untuk membalas kasih Ibu, selain dengan berbakti kepadanya, jadilah anak seperti yang ia harapkan, buat Ibumu bangga kepadamu, karena tak ada lagi yang dapat membahagiakannya selain itu ...

Jika kamu bertanya tentang sesuatu yang abadi, maka jawabannya adalah kasih Ibu ...

Jika kamu bertanya tentang keikhlasan,maka jawabannya adalah kasih ibu...

Jika kamu bertanya tentang belaian yang maha bijak, maka jawabannya adalah kasih Ibu ...

Akan tetapi jika kamu bertanya tentang sesuatu yang paling menakutkan, maka jawabannya adalah Murka Ibu ...

Arish 831 mengatakan...

Mas Firdaus...Met ultah yw. (^^)

Btw, ultah qta tnggalnya koq bsa sama yw MAz??? Hwehehehe...

6 Agustus emg tgl pling oce.

Arish 831 mengatakan...

Mas Firdaus...Met ultah yw. (^^)

Btw, ultah qta tnggalnya koq bsa sama yw MAz??? Hwehehehe...

6 Agustus emg tgl pling oce.

JoVie mengatakan...

@ Abang : Emang bang..jadi makin terharu nih..:)
@ Arish : Kok gak bilang ke Mbak kalo Ultahmu sama?? kan Mbak bisa ngucapin buat kamu Dek...
Met ultah buat kamu juga yah Dek..
*numpang ya Sob..hiks*

didi mengatakan...

Bahasanya dalam banget, penuh dengan "isi" yang harus di renungkan.

firdaus.a mengatakan...

@kapanpun : bener banget mas
@Mike : Pulang.. pulang.. pulang.. he..he..
@bani risset : Sama-sama kang
@subagya : sama-sama mas mochal
@blogspot : Adeuh.. kanyahoan.. kopi.. aya.. :)
@tyas : amin, itu bagus mbakke keenamxx :p
@Badut Melankolis: Sama, saya juga.
mantan kyai : yuk mas, balik kampung.
@Blogger Addicter : insyaAllah..
@JoVie : Thx sis, begitu juga denganmu. Kue kan masih ada di kulkas tuh. :p
@Ifnullearner : Amin.. amin.
@masenchipz : ya maap mas cip, menghayati sih. :p
@Abi Bakar : Terimakasih bi, bener itu.
@ephwan : Amin, terimakasih doanya, mas ephwan juga.
@EbleH 182 : amin bleh, maturnuwun yo...
@Indah : thx bun.. semoga bun, juga dalam lindungan Allah. Amin
@Anang : mas.. saya jadi ikut sedih lagi nih..
@wendra wijaya : he..he.. emang sapa yang ultah wen?.. hehe..
@alief : iya sapa ya?.. amin..
@Benny : amin, kalo mau brangkat, saya diajakin ya..
@Anonim : Bro.. saya kira, mungkin harus ada yang dibenahi dari peribahasa itu. Menomor duakan sosok ayah, bukan berarti sama sekali merendahkannya.
@Mamah Ani : Makasih mamah.. semoga begitu juga dengan mamah Ani. Amin
@Lyla : Amin.. mbak lyla juga..
@aan : selamat mas.. :) :p
@Kristina Dian Safitry : tiket hongkong-bandung PP + akomodasi aja.. :p *maunya*
@edisamsuri : Bener pa guru.. semoga ya.. amin.
@uNieQ : iyya mbak cc he..he.. *ikutan he..he..
@mujiholic : Tuh kan perhatian, yuk kita bales... semampunya.
wisesasekai : loh jangan sedih mas...
@xero : amin.. makasih pren..
@semuasayangeko : iya nanti disalamin..
@Ani : he..he..:p amin, makasih mbak..
@Masciput : me too mas...
ipanks : udah saya baca, dan bagus juga.. :)
@Riasmaja : hihi.. ya mas makasi ya..
@abang : Whuaaa..... tambah banjir nih...
@Arish 831 : Selamat juga ya arish... :) makan makaaaaannn :p
@didi : mas didi bisa aja.. tapi boleh juga, saya juga merenungkan lagi ah..

ngurahojet mengatakan...

wah bahasanya perlu renungan dulu ini

firdaus.a mengatakan...

@ngurahojet : walah.. maap maap... abis nulisnya saya sambil menghayati sih bro . he..he.. jadi agak njelimet.. :p

hamidz mengatakan...

Sunguhh begitu indah Islam itu.. menjunjung tinggi kemuliaan seorang Ibu...

in France travelling mengatakan...

Happy B'Day 2009 hope all is well now

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog