Apologia


Taqabalallahu Minna Wa Minkum
Jika saja untuk sejenak menundukkan kepala, kemudian mengulurkan tangan, kemudian berkata "maafkan saya..." harus memanfaatkan sebuah momentum waktu, rasanya satu atau dua hari dalam satu tahun bukanlah waktu yang cukup untuk menghabiskan seluruh kerak kesalahan manusia, terutama saya, firdaus.

Tapi bagaimanapun, justru dengan kesadaran ini, ingin rasanya saya menengadahkan tangan ini ke muka langit dan memohonkan supaya jika puasa adalah satu dari sekian usaha terbaik kita untuk membersihkan diri, maka mohon terima puasa dan ibadah kami ya Tuhan. Keberharapanku harus selalu sejalan dengan ketakutanku kepadaMu.

Semoga jika datang lagi kesempatan ini pada kita, maka kita tidak lagi menjadikan "Maaf" sebagai Apologia atas "Dosa".

Kawan-kawan... Maafkan saya.

Semoga.. hari-hari puasa ini, bukan yang terakhir.. bagi kita.

64 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Badut Melankolis mengatakan...

Sebagaimana sayah sudah memaafkan kantor sayah yg memaksa sayah masuk kerja di hari ini, seperti itu juga sayah sudah memaafkanmu.
Hehehe...

Maafkan sayah untuk segala yang tidak menyenangkan (yang menyenangkan juga), atas segala dosa dan kesalahan, lisan, perbuatan, hati dan pikiran...

Smoga rindu kita akan firdaus (bukan Firdaus km) berbanding lurus dengan rindu-Nya dan ikhtiar kita untuk meraihnya...

I Ketut Riasmaja mengatakan...

P
E
R
T
A
M
A
X
X
.
.

Wiiihh... lama gak nulis pertamax di sini.. he.he.he..

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Waaaahhhh.... ternyata keduluan ma badut melankolis... he.he... gak papa... pertamaxnya buat saya ajah...

JoVie mengatakan...

Iya..Iya....DImaafin kok..Wek!!!

Minal AIdin Wal Fiadzin yah Sob...
Semoga Ramadahan kali ini bukan teakhir bagi kita...
dan kita selalu diberi kesempatan serta mampu memanfaatkan kesempatan itu....Amin...

Bunda Rierie mengatakan...

besok Lebaraaaaaa..minal Aidin yaaa, bunda minta thr..eh minta maaf yaaa

sawa mengatakan...

kujabat tanganmu (meski bohongan) ku sambut salammu (meski nggak kedengaran), ku maafkan salahmu (kalo ada sih), ku tinggalkn koment di blogmu (meski komen nggak bermutu) akirnya......

Syamsul Alam mengatakan...

Saya juga minta maaf atas segalanya mas. Semoga keluarga sehat, aman, damai, dan sentosa dalam limpahan rahmat-Nya. Semoga kita masih bisa nge-blog lagi.... Dan semoga mas makin sering nulis.... biar saya ada kerjaan....

Apipuzi mengatakan...

Selamat merayakan Idul Fitri 1429 H.....

mohon maaf atas segala tulisan yang kadang tak enak di hati....

wendra wijaya mengatakan...

Dengan segala kerendahan hati, ijinkan saya memohon maaf atas segala sesuatu yang tak berkenan selama ini...

tidak perlu kau tahu ya.. mengatakan...

dimaapin.

afit mengatakan...

sama-sama ya mas...

gus mengatakan...

Kang,
bertapanya ko lama banget ya..
gak pingin ngajakin muridnya pula.

btw, Jika Kang Firdaus
tak keberatan untuk menyelesaikan bacaan
komentar saya.
ijin kan saya menuliskan komentar sebagai pengganti kartu lebaran

"Jika hati sejernih air,
jangan biarkan ia menjadi keruh
Jika hati seputih awan,
jangan biarkan ia menjelma mendung
Hanya karena Ustadz Firdaus
tak lagi mau,
memaafkan setiap kesalahan aaya

Minal 'aidin wal faidzin..
maafin segala kesalahan.

—¤(rida)¤— mengatakan...

geus teu kuat hayang nyarios sunda..
kang- hapunteunnya bilih aya "keleupeutan" sareng "kagorengan" mangga weh dituang..!!
wilujeung boboran syiam
تقبل الله منا ومنكم صيامنا وصيامكم

harry mengatakan...

sama-sama kang...aku juga...
harry dan keluarga ciamis, mengucapkan

MINAL AIDIN WAL FAIDIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN
SEMOGA DI HARI YANG FITRI ESOK
KITA DIBERI SEMANGAT YANG BARU.....

Oeoes mengatakan...

dah lama aku gak komentar disini, kangen rasanya
kang Kalau boleh ijinkan aku sejenak untuk sekedar menulis sebagai pengganti ucapan maaf yang tak bisa tersirat dimulutku ini.
Mohon maaf lahir dan batin ya kang

Blogger Addicter mengatakan...

akhirnya ada juga post terbarunya..

sebelumnya met idul fitri yah buat kang eosmate a.k.a kang firdaus yg setelah sekian lama menghilang dari atmospherenya blogger.com..hehehe..sama nie bro..kangen pengen usilnya..hehehe..

seneng bisa liat akang balik lg nie..

mohon maaf lahir batin ya kang..jika ada kesalahen baik kata, tindakan, perbuatan dan semua-muanya..ijinkan untuk dimaafken..

sukses buat kang firdaus nie..

wah akang baru posting saya sudah dapet pencerahan nie..kata2nya..ck..ck..ck..

salut bro !!!

heddy mengatakan...

Maafkan jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati kalian semua selama ini, itu semua tak pernah saya niatkan sedikitpun untuk melakukanya.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429 H.

anita mengatakan...

pemilik blog beku juga mau minta maaf ...mungkin ada kekhilafan selama terjun di dunia blogger...!! met lebaran mas..!!

Bayu Aditya mengatakan...

semoga tahun depan tetep masih dikasih kesempatan buat puasa. mohon maaf lahir batin ya

enhal mengatakan...

Selamat Hari raya Idul Fitri ya..mohon maaf lahir bathin

Lyla mengatakan...

selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin ya

Lyla mengatakan...

selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir batin ya

Panda mengatakan...

Panda juga minta maaf kang, met idul fitri

Blogger-Holic mengatakan...

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H

Minal 'Aidin Wal Faizin..
Semoga kita termasuk golongan yang kembali ke fitrah dan semoga kita termasuk golongan yang meraih kemenangan. Amiin

ke mana aja nih kang..?? :)

EbleH 182 mengatakan...

met idul fitri minal aidin wal faizin

Maafin aku ya kang...
Aku juga kangen.. Gedong... :D

Delapan Belas mengatakan...

setelah dibaca dengan seksama.. bagus juga tulisannya....


ya iya lah eoss....

kubukulupherz mengatakan...

sama-sama om .
tiwi juga minta maap .

amin . semoga ini bukan puasa terakhir kita .

Revarius mengatakan...

Tiada yang lebih mulia selain memberi maaf dan membuka pintu hati untuk saling memaafkan atas segala khilaf dan dosa yang dilakukan... sungguh saya suka dengan cara mas firdaus menyampaikan sesuatu.... kata kata nya sangat mendalam... apologia... alias penjelasan alias permintaan maaf... dengan ini juga saya revarius ingin mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin.. Mohon Maaf lahir dan batin...

subagya mengatakan...

Waaa.. ketinggalan jadi NO 29 degh....
Mohon maaf ya fren kalo ane ada salah selama ente kenal sama ane.... manusia ada khilafnya

arielz mengatakan...

ariel dan keluarga juga ngucapin minal aidzin wal faidzin

Abi Bakar mengatakan...

Sambil menundukan kepala lalu saya ulurkan tangan ke arah Firdaus sambil mengucap maaf...minal aidhin wal faidhin:)

alief mengatakan...

kang....., dalam suasana lebaran ini...., aku minta ketulusan hatinya untuk memberi ku sebuah kata maaf yang tulus dari hati kang firdaus, atas segala salah yang mungkin udah aku perbuat.....

Cebong Ipiet mengatakan...

minal aidin wal faizin om

junjungpurba mengatakan...

Met lebaran. minal aidin wal faizin

uNieQ mengatakan...

maafin juga ya mas, klo selama ini ada kata2 cc yang kurang berkenan...

minal aidin wal faidzin. maaf lahir dan bathin ya?

abbie mengatakan...

Mas Firdaus, mohon maaf lahir batin juga ya.

Mau sekalian inform klo blog ini ‘ketiban’ award. He..he.. moga2 belum kebagian. Baca di sini ya. Klo ngrepotin, tlg kasih tau saya aja. Ntar biar sy ganti.

Thx yah... :D

tyas mengatakan...

yo.. yo.. yo...
kumaafkan juga deh....
huh, urutan ke 37...
umurku banget seh...??!!

pencuri kode mengatakan...

ya enaknya bermaafan itu disetiap hari deh soalnya kan kita juga pasti melakukan kesalahan kalau nungug puasa untuk maafan gimana ya???? bingung juga...*nyambung ga ya??? *

The_Phenomenon mengatakan...

Mohon maaf lahir batin juga mas... Maafin saya kalo selama saya belajar sama mas, saya termasuk murid yang menjengkolkan...

Kristina Dian Safitry mengatakan...

kumaapkan sebelum engkau meminta maap. semu karena allah swt *gubrak!*he..he..

MLD mengatakan...

maaf lahir batin mas firda..
ini mbake lagi nyamar..

Masciput mengatakan...

mohon maap lahir batin

ARA mengatakan...

Nice word

mhon maaf lahir batin juga

cumie mengatakan...

minal aidzin wal faidzin..
paling telat di sini nih wekeke..

suhu mang hebat, sana sini mantep aja terus

JALOE mengatakan...

Pertamaxxxxxxxxxxxxxxx.....

Minal aidzin wal faidzin juga kang..

waduh sampe ka popoho keun teu ngalongok kadieu.. siap ah ngeblog deui.. kekkekek

Badut Melankolis mengatakan...

Sayah pernah mengartikan Minal Aidin wal Faizin dengan mohon maaf lahir dan batin.

Ada yg membenarkan kekeliruan sayah dengan mengakatan kalau “Minal Aidin wal Faizin” adalah penggalan sebuah doa yang diucapkan ketika kita selesai menunaikan ibadah puasa yakni :

“Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Wa Ja’alanallahu Minal ‘Aidin Wal Faizin"

Doa itu berarti “Semoga Allah menerima (amalan-amalan) yang telah aku dan kalian lakukan dan semoga Allah menjadikan kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan”.

Sehingga arti sesungguhnya dari “Minal Aidin wal Faizin” adalah “Semoga kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan”.

Katanya begitu...

Kalau sayah memang (pernah) keliru mengartikan Minal Aidin wal Faizin, semoga orang lain tidak mengalami kekeliruan yg sama.

Pebu mengatakan...

Assalamu'alaikum.....
Kalau kata Kang MS mah " Lalu..... Apa artinya hidup kalau tidak mati??"
Nah.... Semoga kita tetap menyadari fitrah.....

Priambudi mengatakan...

Sampurasun....
Kalau kata kang "Dove" mah seandainya lebaran tiap hari... nampaknya hidup akan lebih bermakna....
Nah... lantas apakah membersihkan diri itu "hanya" menunggu saat Romadhon saja, kemudian kita euforia dengan kefanaan kembali.....

abbie mengatakan...

Ayo mas Firdaus, lebaran dah lewat nih..
Saatnya ngeblog lg.
Semangat..! Terus semangat ya..! :D

abbie mengatakan...

Kulonuwuuunnn...

Anak Muda mengatakan...

komentar...ah.... he.he..

hamidz mengatakan...

Semoga kita selalu teringat dengan dosa2 kita sehingga kita tidak menambah dengan dosa2 yang lain..

tyas mengatakan...

fir......
duh adekku satu ini....
kemana aja seh...?

semuasayangeko mengatakan...

setidaknya siapin satu postingan lagi buat saya mempertamaxkan lagi.. diem diem aja... gmana... baca kan kamu komen saya ini... salam buat mas satu lagi ya...

semuasayangeko mengatakan...

ihh mana ya kog postingannya berhenti.. aduh ayo dunk,,, kan ditunggu2... ayo kita ngeblog lagi.. :p

ouracne.info mengatakan...

wah mas,,, ko lama ga posting yaks???

OurAcne
OtakKabel

nirmana mengatakan...

hemmm...posting lama tapi masih segar isinya, iya kadang kita memang suka "sombong" dengan Ilahi. tulisan kontemplasi yg menyejukkan hati.

eniwe, seberapa kecanduannya anda pada blog? jadi pingin tau nih....

car mengatakan...

wah banyak bgt neh komentarnya, tp yg punya kemana yah dah ga posting lagi kayaknya. tapi gpp ikutan comment ah

muje mengatakan...

bang firdaus..
blognya keren bgt deh,....

mantab..!!! :)

alyssa mengatakan...

I recently came accross your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I dont know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.

Julissa

http://www.hairweavingbasics.com

afif mengatakan...

maaf tak mengenal waktu dan usia,...selagi kita ada salah secepatnya minta maaf,...

firdaus.a mengatakan...

Apologia Kedua... Semoga segera.. :)

Terimakasih Kawan-kawan.

home designs mengatakan...

Sama2 yah mohon maaf lahir bathin juga yah :)

belajar seo blogspot mengatakan...

sama2 ya om firdaus :D

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog