Kode Error Blogger : bX-Codes


Terkadang, bisa menjadikan komentar seseorang sebagai pemicu bagaimana kita menulis, adalah sebuah kebaikan. Seringkali saya mendapati Abang Andi Mujahidin mengkomentari tulisan-tulisan kawan-kawan yang lain dengan kata-kata "Crucial Post..". Atau dengan kata lain, abang kita ini seperti ingin menyampaikan "betapa, sebuah tulisan pendek tapi tidak se'pendek' kegunaannya". Setidaknya inilah "pesan tersembunyi" yang mampu tertangkap oleh saya. Pesan ini yang kemudian membuat saya ingin berbagi masalah ini.

Mungkin pernah sesekali kawan-kawan mendapati pesan error dari blogger ketika kawan-kawan melakukan peng"edit"an templates pada layout, atau sekedar menambah widget. Biasanya pesan ini di awali dengan kode (prefix) "bX-...".


Sekedar bercerita, satu-satunya yang bisa dilakukan oleh saya ketika mendapati kode error ini adalah "Melongo..". Karena apa?, karena memang kita tidak pernah tahu apa yang coba disampaikan oleh Blogger dengan kode-kode ini, selain pengertian bahwa telah terjadi kesalahan atau error. sudah, itu saja. Tapi masalahnya, entah di sebelah mana kesalahan itu.

Inilah sebab kita butuh semacam "blueprint" atau "cheatsheet" dari developer blogger, yang akan membantu kita menganalisis dimana letak kesalahan yang kita lakukan pada templates blog kita.

Memang tidak akan sepenuhnya membereskan masalah begitu saja. Tapi mungkin jika terjadi kesamaan kesalahan dengan blogger lain (yang sudah melaporkan kode error tersebut kepada blogger/blogspot), masalah akan menjadi lebih cepat teratasi.

Blogger Error Codes (http://bx-codes.blogspot.com/), adalah sebuah basis data tempat menampung kode-kode error, yang sebenarnya juga hasil dari laporan kawan-kawan juga kepada blogger. Jadi, saran saya, jika suatu waktu kawan-kawan mendapati kode error (bX-codes) setelah melakukan "penggubahan" pada layout kawan-kawan, coba kawan-kawan telusuri kode error tersebut di blog ini.

Atau jika tidak ditemukan juga, Blogger Help Group (http://groups.google.vu/group/blogger-help), bisa kita jadikan tempat untuk mendapatkan solusi. Karena Google Group adalah layanan berbentuk forum, maka kita tidak perlu sungkan untuk bertanya langsung, jika memang jawaban atas pertanyaan kita belum saja kita dapatkan. Terlebih, Grup ini tidak hanya membicarakan tentang kode error, tapi lebih luas lagi tentang semua permasalahan Blogger atau Blogspot.

Semoga membantu kawan-kawan. Jikapun tidak, ini cukup mengobati rindu saya bertemu kawan-kawan... di saat yang memang sempit ini. Disaat yang jika harus saya datangi blog kawan-kawan saya di blogroll saya (baca: "Beruntunglah kalian ada disini"), niscaya waktu sesempit ini tidak akan cukup. Maafkan, maafkan, maafkan.

79 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Anonim mengatakan...

kalo error seperti gambar ke dua sih sering apalgi kalo lagi ganti tempate...tapi nggak pernah di permasalahkan....karena setelah itu biasanya bisa lagi....

Azwar mengatakan...

kalo error sie biasanya aku balik lagi ke homenya, itu balik normal lagi, emang sich editan kita jadi ilang tapi yang penting ga pengaruh ama blog setelahnya.

Anonim mengatakan...

walah kang...semua ngartiii tohhh..istirahat dong..hehehe..ntar ga bisa sahur tuhhh..

markotopppp always nie brooo postnya..iya tuh bro..knp penambahan widget yg malah sring bikin error yah..malah dulu tak kira krn koneksi yg lemot sring error..hehehe

tp waktu itu kayanya blogger sering lg maintenance juga..bahkan ada pengumumannya..hehehe..

mantaffff bro...selamat menjalankan ibadah puasa kang..mohon maaf lahir dan batin..maaf jg baru bisa menyampaikan..hikzz..terharu..:-s

FIRMAN BLOG'S mengatakan...

o begitui jadinya akang2 semua, baru ngerti neh..thankx atas infonya semua. kalo saya lebih baik sebelum mengedit lebih baek di download dulu templatenya.. ^_^

Anonim mengatakan...

"..error.
errorcode
errorblogger
errorpikiran.
errorhati.
errorkata2.
errorkuliah.
errorpekerjaan.
errortujuanhidup
errorisme.."

Ah, sepertinya puasa kali ini merupakan tawaran terbaik Allah untuk merefresh semuanya....
saya hanya sekedar ingin menggantikan pesan berupa ucapan selamat berpuasa:

"puasa.
shoum.
nahan haus dan lapar.
rukun islam.
bulan rahmah.
bulan perbaikan diri.
kini serasa mengalami segresi makna. makna sebenarnya sebagai bulan untuk berlatih meningkatkan kadar kesalihan sosial kita justru menjadi momentum bisnis. momentum artis utk menciptakan lagu religi. sinetron religi. tapi tak benar2 menghasilkan kesalehan tersebut.

semoga puasa kita dijauhkan dr makna puasa yg tersegregasi tersebut. selamat berpuasa. sekaligus selamat melatih kesalehan sosial para santri Ustadz Firdaus yang sejenis saya.

inicuma mengatakan...

kalau error pas ngedit template atau isi komentar, biasanya gak aku terusin kang, tak back kalau tetap langsung aja aku close hehehehe. trus buka pake browser lain dan dicoba lagi.
tapi error kodenya gak pernah aku liat. entah Bx atau apa pokok muncul error klik back n tutup aja langsung.
aku baru tahu sekarang kalau ada alamat untuk mengecek Blogger Error Codes, lain kali kalau ada error tak cek ah, kalau gak males, hehehehe.thanks kang infonya.

JoVie mengatakan...

kalau terjadi error seperti gambar diatas pas ganti template..mungkin template lama gak cocok dengan template baru...setelah remove beberpa Page element, upload lagi juga jadinya udah OK..
trus, error ini juga akan muncul bila kita udah "remove" page element kemudia rremove yang kedua kali...
so refresh aja...
==============================
thx infonya...

Anonim mengatakan...

wah ada yang baru lagee niyhh tong...
aseek juga niyhh.. gw ngarti niyhh.. dulu mah gw kira Blognya nyang lagee down..

okay dah.. selamat....

Anonim mengatakan...

Artikelnya keren oi... Sering banget muncul pesan error gitu.. Tapi aku cuma diem aja.. Cukup di refresh aja dan pasrah :) .

Anonim mengatakan...

pengalaman nie..., kalo eror muncul saat kit amau nambah widget, itu karena kit aterlalu cepet ngeklik widget yang mau ditambahkan, sememtara servernya sono bewlum siap

Anonim mengatakan...

saya juga sering kaya gitu tuh. pas mau bikin blog jadi dofollow malah error mulu.

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Kangeeen... hiks.. jadi terharu..
*halah.. ngomong apa toh..*

He.he.. saya sudah menerapkan tips dari kang firdaus.. bila ada error muncul seperti itu tinggal clear private data yang ada di browser.. coba lagi.. beres deh..

Tapi pernah saya temukan error semacam itu waktu publish artikel baru... tidak sempat saya clear private data.. langsung saya lihat hasilnya.. ternyata artikelnya sudah nongol di halaman utama.. mmm.. masih bingung e kang...

Btw.. link nya sangat membantu tuh.. kita bisa ngaca ke situ kalo ada error lagi..

Terimakasih dah sharing kang..

Anonim mengatakan...

Saya jg pernah ngerasain kaya gitu, Itulah salah satu alasan kenapa saya pindah ke wordpress.

tyasjetra mengatakan...

pernah juga tuh error gitu...
tapi gak sering2 banget sih...
pokoke.. aku tetep setia karo blogger..
firrr... apa kabarrrrr????

Anonim mengatakan...

penjelasan yg mantap. biasanya error yg ke-2 itu sering kok, tapi bntar2 juga sembuh

The_Phenomenon mengatakan...

Mas, itu blogQ lagi ada masalah lagi.
Ga mau save link teman2 dan simpan widget2 gitu.
gimana tuh mas?

Anonim mengatakan...

sy jg sering ngalamin seperti itu.. namun solusi tercepat yg sering sy lakukan " logOut " dari blogger.. dan menutup semua browser..kemudian login lagi.. hehehe

kamana wae atuh.. eweuh balad nu ngabuturan minum cikopai yeuh..

wendra wijaya mengatakan...

Wah, kalo saya sich pasrah aja... abiz gak ngerti sama sekali, heheeee...

Pasrah sambil berdoa mudah2an gak error lagi...

Subagya mengatakan...

kode error sering banget apalagi buka blogspot di dua jendela baru yang satu buat edit HTML, satu lagi buat Tata Letak hasilnya ERROR melulu wakakakakkakaak...

Anonim mengatakan...

Thanks banget mas infonya.....
Bahkan di waktu yang sempit pun anda masih sempat posting sesuatu yang berguna. Bravo!

Anonim mengatakan...

saya sering kali mengalami eror yang kek gini, dan kemudia saya ganti template, dan sekarang sudah agak baik...

Anonim mengatakan...

salam kenal mas...

Anonim mengatakan...

iya ya, sering muncul kalo saya kasi komentar ke orang yang pertama kali saya datengin blognya, bang. ada hubungannya gak sih??

Kristina Dian Safitry mengatakan...

jika sedang ngedit blog,trus muncul pesan seperti itu,baisanya aku akan balik lagi ke kontrol panel. biasanya dah gak ada masalah lagi.

Unknown mengatakan...

wah gak bisa koment panjang lebar
kita serahin aja ke ahlinya...
kembali ke ahlinya aja terus....

Anonim mengatakan...

ada erorr juga ya ternyata di blogspot saya kira bersih tanpa noda..ya namanya juga di buat oleh manusia..kalau yang buat Tuhan pastinya Sempurna... :)

Anonim mengatakan...

ya neh..saya sering alami error...wah karang punya cara deh kalo gitu lagi

Anonim mengatakan...

bermanfaat banget infonya mas, mantab pokoknya. lgsg coba ah, kebetulan lg ganti kulit :)

Anonim mengatakan...

yaitu mas, makanya saya jadi rada ogah pake blogpsot tu, kadang g gerti tiba2 aja ga bisa ngasih koment gitu, tapi saya tetap suka sih ama blogspot gitu karena itu yang dah bikin saya mengenal blog

Riri mengatakan...

wah....makasih tutorilnya....maklum bunda baru tau sekarang...

uNieQ mengatakan...

cc juga suka bengong klo dapat pesan kek gini.. tp daripada kelamaan bengong cc malah F5 aja hehehhe

Anonim mengatakan...

ya kadang dapat pesan ginian tapi nggak tau maksudnya

Film Wishes mengatakan...

gue kira Blogger sedang bikin site maintenance

Anonim mengatakan...

kang..kemanakah dikau..??

lama sekali tak jumpa nie..??

mudah2an tambah mantep ibadahnya :)

FIRMAN BLOG'S mengatakan...

iya bener kang...kalo kita salah masukin kode emang begitu...jadi tambah ilmu neh... ^_^

Anang mengatakan...

kok blum apdet2....

Anonim mengatakan...

wah kalo yang itu mah saya sering kena.......ampe pusing di buatnya

Anonim mengatakan...

Ingat waktu dulu dapet pesan ini, swaktu edit template, saya panik, saya kira telah melakukan ksalahan besar lalu saya email blogger, tidak ada respon ...dan tak lama kemudian betul sendiri

Ryan mengatakan...

boleh dicoba,emang blogger nyebelin kalo udah edit templates,harus ati2

-- mengatakan...

Nice artikel.... buat saya yang baru belajar :)

Anonim mengatakan...

saya juga sering menglami hal ini,bikin bete,,,
cape cape komentar malah error,ya udahlah yg penting komentar ini bisa muncul.

Anonim mengatakan...

kira2 knapa yah sring mncul sprti itu? Dulu saya sring skali.. kdang klo coba2 test gnti tmpalte...

ya kdang ksel jga sih...

Anonim mengatakan...

Saya punya satu blog yg sering sekali menampilkan kode itu tiap mau otak-atik kodenya. Apa ini karena struktur kode template itu sendiri yah? Soalnya yg lain gak masalah tuh mau diotak-atik gimana juga, paling2 yg muncul pesan berwarna merah itu.

Anonim mengatakan...

Dulu saya sering, itu waktu copy paste dari Word. tetapi sejak pake frontpage mah udah g pernah lagi... g tahu kenapa. intinya sich ada yang salah kodenya kali. hehehe...

Anonim mengatakan...

Blognya keren mas.
Baru tau hari ini.
Artikelnya juga kebanyakan yang kita butuhin
Kode seperti ini emang seringkali aku temui saat ganti template mas.
makasih infonya

Anonim mengatakan...

Oh ya...
mumpung mampir lagi nih.
Ada PR untuk bung firdaus nih...
PRnya ada di blog saya, segera mampir ke blog saya yah..
PRnya saya publikasi ntar jam 4 sore
siap2 ya...

Anonim mengatakan...

Malam Om Firdaus

Saya lagi pusing kena masalah pessan error blogger dengan pesan
---- bX-lteqmi ----

Siapa ya yang bisa bantu ???????

Salam dan sebelumnya terima kasih

Jogjadawg mengatakan...

dan saia masih melongo...

sampai saat ini...

dan saia merasa harus sering-sering ke sini,

minta linknya yak...

ujan mengatakan...

saya juga bingung klo udah muncul peringatan kayak gitu..

biasanya saya tunggu dulu beberapa saat, trus bisa lagi

Junjung Purba mengatakan...

ya memang ini paling sering terjadi ketika kita mengganti template. But don't worry, itu bukan sesuatu yang serius.

Junjung Purba mengatakan...

BTW, anda dapat giliran ngerjain PR:)

Anonim mengatakan...

kode seperti ini pernah aku temui saat merubah template...
tapi ntar juga bener koq

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@All : Semoga share seperti ini.. ada manfaatnya amin. Terimakasih om, tante, mas, mbak, kang, sudah sedia kesini..

Jaloee mengatakan...

wakakak.. kemana atuh kang ?

mau udahan ngeblog ieu teh ??

... btw ternyata cape jg uy.. do folow teh.. kita mau ngembangin diri susah, tersita waktu.. beloem mesti menjawab SB..

lieur kang sy oge..

Anonim mengatakan...

Sang pembagi ilmu telah kembali ...
Ketika kembali langsung memberi solusi ...
Semoga sehat dan sukses selalu ...

scooter kojex mengatakan...

wadux...ah teukudu nyaho atuh mang ari kudu nanya ka bloger help mah

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@scooter kojex : sumuhun akang.. upami teu hoyong terang mah... nya balik deui weh.. dicandak mangga.. moal oge mangga...

Anonim mengatakan...

Euleh2 mani rame nya...nuhun ahch Info baruna...Pasti aya manfaatna lah...

joyo endo mengatakan...

sebelum menangani error, ada baiknya mas firdaus mengerjakan PR dulu yach...

Admin mengatakan...

mas, tahu solusi kode bx-Iteqmi, masalahnya aq g' bisa sign in ke blogspot. ini terjadi stlh aq jadiin blogger in draft jadi dashboard default

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@Eerzans: Bro eerzans, saya tidak tahu persis, apa maksud kode itu. Saya juga melihat ada salah seorang kawan yang juga punya masalah yang sama, hanya saja belum ada yang berhasil memberi solusi. Tapi mungkin, satu cara membersihkan cache di browser kita, bisa jadi satu jalan keluar. Mungkin bisa dicoba membersihkan cache di browser terlebih dulu.

Maaf jika hanya ini, yang saya tahu sampai saat ini. Mungkin kalau ada kawan-kawan lain yang tahu.. bisa membantu bro eerzans.

semuasayangeko mengatakan...

kejar setoran...




eh maap lagi lagi.. maap...

VerMax Inet Security mengatakan...

salam kenal mas, saya baca komen Anda di: http://mdianapriyanto.wordpress.com/2008/05/08/43-daftar-hosting-gratis-sekaligus-ulasan-fiturnya/
saya ingin tanya sehubungn saya ingin membuat website sekolah unoficial site, tapi bisa untuk dibuat permanen. baru kali ini saya membuat website menggunakan joomla 1.0x

nah yang ingin saya tanyakan: mas kan waktu itu udah nyoba hosting di ooowebhost dan byethost nah itu yang bagus keduanya yg mana ya sekiranya buat website saya?
saya liat2 di website kalo ooowebhost banyak kelemahannya jadi saya agak ragu menggunakannya terus jadi gimana dong? hehe..

maap ya klo pertanyaan saya banyak, kaya cerpen tapi saya harap mas sudi untuk menjawabnya.

TErima kasih,

salam,
Sulaiman.

Anonim mengatakan...

Malam Kang

Ada Resep yang lumayan Jitu Kang, yaitu pakai
No.ID Blog Kita :

http://www.blogger.com/blog-options-basic.g?blogID=41xxxxxxxxxxxxxxxx

41xxxxxxxxxxxxx = Ganti dengan ID Anda

Thanks

Anonim mengatakan...

Biasanya kalo error gitu diakibatkan adanya proses dua kali, misalnya kita buka halaman page layoutnya, terus satu halaman lagi kita buka html codenya, kadang-kadang kita mengubah satu widgetnya di page layout dan di htmlnya tidak di refresh, menurut pengalaman saya sih, kalo dah gitu saya log out aja dulu baru masuk lagi

Anonim mengatakan...

Can someone tell me what language this is?

Anonim mengatakan...

Klo saya bila terjadi error saat mengganti template biasa cuma bersihin cookie nya saja jadi g perlu menutup browser dan klo kita dah bersihin otomatis akan logout sendiri.

Anonim mengatakan...

kerennnn...akhire anna dapet juga pencerahan disini. Secara, anna suka ganti2 'baju' dan suka nambah2in widget...so sangat bersahabat dengan kode error macam genean.

Tapi masalahnya anna gak pernah taui arti apalagi maksud kode tersebut bisa nongol.....*sampai buka kamus pun masih gak ngerti*

ha...ha...ha.....tapi saat anna nemuin kode error seperti ini, biasanya pas anna ganti templates. Dana ada widget lama yang gak match sm templates yang baru. The way out selama ene, anna mencoba meng -remove widget yg sekiranya jadi penyebab.

Emang sie harus telaten, tapi well done....gak muncul lagi kode error tersebut.....aihh jadi curhat.....wakakakakakakak

Anonim mengatakan...

makasih bozz inponya... segera menuju TKP bila ada yang error.. tang kyuuuu

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@Bugs : Mas Bugs.. Semoga keterangan ini bisa sedikit mengobati 'tanda tanya' itu walau tidak sepenuhnya terjawab. Sampai saat ini (kebetulan baru saja lagi memeriksa keadaan situs 'ala kadar dan gratis' yang sempat saya bangun, secara umum masih memuaskan, kecuali yang menggunakan host byethost -semuanya down. Sedangkan yang menggunakan 000webhost masih 'bernafas'. Tapi sebenarnya, ini juga sangat dipengaruhi traffic menuju situs tersebut. Situs gsstf-unpad.co.cc yang menggunakan host 000webhost terbilang cukup ramai, dibanding situs selainnya (termasuk yang menggunakan byethost). Jadi kesimpulannya 000webhost POSITIF baik (dengan segala kekurangan 'gratisan' tentunya) sedangkan byethost, saya rasa masih tertinggal dibanding 000webhost.

Maafkan jika jawaban ini terlalu singkat, tapi semoga sedikit membantu.

@krisditya : makasih banyak... jadi masukkan juga buat yang lain... termasuk saya juga pastinya.. thx :)

Anonim mengatakan...

Terima kasih untuk jawabannya, masalah untuk hosting di web gratisan, sudah teratasi. ahirnya saya menggunakan byethost untuk hosting gratis sedangkan 000webhost memang masih bisa terpakai mungkin lain kali atau klo sudah tidak memuaskan, baru saya akan pindah ke hosting lain.

btw, web nya bagus juga. itu yg gambarnya pas di select ko bisa gede 'n teratur sendiri itu pake apa ya.

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@Zoe : Sama-sama mas.. sekedar share saja kan.. :) Kalo yang gambar itu.. sudah ada 'slide' instan dari photobucket (photobucket.com), jadi bisa langsung dipakai.. semoga membantu.

Anonim mengatakan...

wah, saya dah lama ga pake blogger lagi, tpi infonya tetap bermanfaat. makasih :)

Anonim mengatakan...

memang, kalau mendapati error2 seperti itu, yg bisa dilakukan cuma melapor, abis itu melongo lagi dah wakakak

Anonim mengatakan...

Matur nuwun infonya, pernah juga pada saat edit template saya menemukan kejadian serupa, setelah itu ya.... solosinya refresh aja yau....

Anonim mengatakan...

saya juga sering mendapati error seperti itu di blogger, kalau error gitu paling saya kembalikan lagi seperti semula

Andi mengatakan...

wah sering juga tuh ktemu.. paling aku clear edit juga bisa ^^ maklum newbie

Mizwar mengatakan...

Ember...paling males tuh dah ada error kode gitu.

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog