Integritas yang (semoga) menguntungkan


Ini bukan salah satu upaya penggalangan suara supaya kita bisa duduk di kursi parlemen. Tapi mungkin setidaknya akan agak serupa juga upaya yang pihak blog*spot atau Google lakukan dengan (yang saya hormati) para calon legislatif yang sedang berusaha menjadi yang terpilih untuk memanjangkan suara yang terwakilkan padanya. Hanya saja jika menjadi anggota legislatif adalah tugas ang terlalu berat untuk dijalankan (oleh saya tentunya), tapi sekiranya mengumpulkan suara sekedarnya untuk gadget yang akan kita bicarakan ini tentu tidak se-berat menjadi calon anggota legislatif. Karena menjadi representasi adalah perkara rumit.

Jika sekitar bulan agustus 2008 tahun lalu Blog*spot mengeluarkan Followers Gadget untuk membantu pembaca blog mengetahui tulisan-tulisan terbaru dari blog yang ia "ikuti", maka mulai 2 hari yang lalu (tentu sejak saat itu ada yang berubah dengan 'Followers Gadget' kita) blog*spot "menggantinya" dengan Gadget yang sebenarnya juga telah ada sebelumnya, Google Friend Connect. Sama saja seperti halnya calon anggota dewan pilihan kita yang tidak ingin kehilangan suara hanya karena sedikit perubahan metode kampanye, maka begitu pula dengan Gadget ini. Lebih tepatnya adalah Follower Gadget terintegrasi dengan Google Friend Connect. Karena followers (Khusus blog ini saya menyebutnya "FELLOW"ers) yang telah lalu pun juga ikut 'terboyong'.

Baik atau buruknya, tentu akan lebih mendekati kebenaran jika kawan-kawan sendiri yang menjawab. Satu alasan ter'baik' (mungkin) yang ingin blog*spot/Google usahakan adalah melebarkan daya jangkau pembaca yang juga ingin mengikuti perkembangan tulisan blog tersebut tapi bukan dari partai platform blog yang sama, bahkan platform akun bukan blog sekalipun. Lalu apa, seolah seluruh suara (minimal) bisa ditampung. Kuncinya ada pada OpenId tentunya. Wordpress, Typepad bahkan AOL, Yahoo! jelas tidak akan lagi harus bersusah payah mencari cara mem-bookmark blog yang ingin diikuti.

..

Tapi,.. sesungguhnya ini yang ingin menjadi poin tergaris bawahi oleh saya. Sebuah pertanyaan (yang sebenarnya tidak terlalu mengkhawatirkan). Jika program (GFC) ini sukses -menggabungkan pembaca dalam sebuah wadah (yang dibuat oleh Google juga). Apakah tidak mungkin, luasnya kesempatan yang ia (you-know-who) berikan menggunakan SATU perangkat, adalah sempitnya ruang gerak kita di web. Media bookmarking yang lain.. stumbleupon, Digg, LintasBerita atau yang lainnya apa masih diperlukan?. Yah,.. semoga saja ini baik.

ps: sebagai tambahan (yang mungkin bisa dianggap 'baik'nya fitur ini), lihat apa yang bisa Google Friend Connect terhadap Sistem Komentar untuk blog kita, dari tulisan Antonio.


26 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
semuasayangeko mengatakan...

ahh saya mah gag perlu itu..
yang pernting mah PERTAMAK-in Eosmatedotblogspotdotcom.... yeahhh....
tunggu bentar lagi logo hampir jadi...

orangapatiang mengatakan...

hmmm...
menanggapai kesimpulan
mungkin juga bang!

bewegaleri mengatakan...

dunia seolah semakin ada dalam genggaman ya, mas...

alief mengatakan...

gugel makin meraja kayaknya.......

Kristina Dian Safitry mengatakan...

mulanya sih kaget juga waktu tragedi perubahan itu secara tiba2. kenapa kukatakan tiba, ini karena sebelum "kebijakan" google diberlakukan, tak satupun aku membaca tulisan rekan rekan "menyambut" tampilan baru. sebenarnya aku kurang sreg dengan yg sekarang, but mau gak mau ya harus mau.begichuuuh..he..he..

jaloee mengatakan...

iye mungkin google pingin jadi rajanya dunia maya kang.. kalau di dekstop kan susah nyaingin om bill

MU Fans mengatakan...

iya nih...pdhal tampilannya sama aja...paling cuma beda follow dan join doang...

ciput mardianto mengatakan...

tapi tampilannya menurutku kok kurang sreg ya! apa mungkin bisa di edit lewat css ya kang!

Smart Stepz mengatakan...

Nampaknya Google akan terus memberikan sesuatu kepada penggunanya agar ia makin jaya di dunia maya.

putra mengatakan...

wah,.. google eMang ga da matinya,.. pa lagi skarang google maw ngeluarin OS baru,.. bisa perang dingin nih ma microsoft,..!!! oia banner'y dah ku pasang loh,.. di link blk ya,.. lam knal,..!!!

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 mengatakan...

internet mau dikuasain Google kali, eh... apa udah yak xixixi

p3bu sendiri mengatakan...

Weleh............ weleh............
Kasihan mas Fisdaus ini..................
Berdasarkan pemantauan saya:
Dari Tulisan2 yg (telah) ditulis, menurut beberapa pembaca, muatan nya gak begitu penting mas. Urusan membaca isinya nomer sekian............
Yg penting adalah menjadi orang yg mengomentarinya, apalagi kalau menjadi orang nomer 1. Saya yakin bukan itu yg ingin Mas Firdaus harapkan. Minimal bisa numpang namalah, setidaknya bisa dihalaman ini.

Tolong lah mas, buat wacana2 yg lebih berbobot...... minimal mereka merasakan manfaatnya, tanpa mempedulikan orang keberapa ketika membacanya. Dan saya yakin yg membaca tulisan ini (ketika saya menulis postingan ini)lebih dari 11 orang).
Salut buat mereka yg bisa spt itu.....

yaqien mengatakan...

mas ikutan kontes seo kampanye damai ga? aku ada banner nya nih.. gratis mampir aj keblogku.. semoga sukses slalu

gus mengatakan...

Kang Firdaus, makin profesional neh ngeblognya....
ijin ngopi navbarnya Kang...

Masenchipz mengatakan...

penggabungan yang kreatis.. siip

tyas mengatakan...

aku nggak pasang widget followers... aku juga nggak/belum mem-follow sapa2... soale nggak ngerti manfaatnya... sebenernya buat apa sih itu? fungsinya kayak yg di Mybloglog itu apa bukan ya..?

kampanye damai pemilu mengatakan...

saya juga ngga paham fungsinya mbak :D

Indoman mengatakan...

Menarik juga...pasang ah..

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 mengatakan...

Waduh berarti makin sempit donk ruang gerak kita?

Oh iya mas sekalian coba cek lagi daftar do follownya kayaknya byk yg udah berubah pendirian semenjak ada kontes wkwkwkwkwkwk

Petakumpet mengatakan...

weleh-weleh...kirain bahassoal pemilu....ternyata soal follower ta...tapi keren juga gambar contrengan surat suara di jadiin head postingan ini.. ngomong-ngomong soal follower,kug q lum punya follower yach...hiks...sedih.

free music mengatakan...

mungkin orang indonesia perlu buat search engine tuh... para blogger dan para programer bersatu donkk... kalahkan google!!

nur kholiq mengatakan...

Waduh...Bisa z kakang ne...masa nyamain tu dengan pemilu...

yow ga pa" se...but kreatif banget...

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 mengatakan...

Google Gadget ngikutin MyBlogLog Yahoo tuh. Saya rasa Google kurang kreatif karena sering meniru, kalau saya pribadi lebih suka mybloglog.com

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 mengatakan...

Memang raksasa internet, google, sedang merajalela,semua hampir bisa dibelinya..
semoga menjadi positif dan maju saja..

stop dreaming start action mengatakan...

semoga intedritas nya terlaksana mas...

dilla mengatakan...

kalo ngga ada bedanya antara "GFC" dan "Follower" buat apa dirilis widget ini? tentunya "ADA UDANG DI BALIK BAKWAN" bagi om Google.

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog