Sampaikan Sesuatu Dengan Bahasa Yang Mudah


Mungkin (bahkan bisa dipastikan), jika saya berada disamping kawan-kawan yang sedang membaca JUDUL diatas akan segera 'melempari' saya dengan kulit pisang dan spontan berteriak "Huuu...!!".
Karena saya sadar bahwa terkadang, untuk menyampaikan dengan bahasa yang MUDAH adalah SULIT. Justru bukan sebuah kelebihan karena bisa berbicara dengan bahasa "njelimet (-kusut)". Meski sebagai pengecualian memang terdapat hal-hal tertentu yang tidak dapat dipungkiri bahwa mencoba mengerti (walau dengan bahasa yang mudah) tetap saja sulit. Jika itu yang terjadi, maka mungkin yang terbaik adalah bercermin pada ketetapan "Bahwa Kita Pernah Menjadi 'Dulu'"

Jika saja Makhluk Luar Angkasa (Yang sering di'muncul'kan berwarna hijau itu) benar-benar ada, saya adalah orang pertama, jika diijinkan oleh pihak intelejen tentunya, yang akan menghadapinya dan berkata "Bro... Kalau sulit bicara dengan manusia bumi, mungkin sebaiknya Ente pulang kampung saja" Atau saran 'ilmiah' saya adalah dengan berkata, "Bro... Coba Ente pergi ke laut selatan selandia baru yang disana banyak (ikan) pausnya. Dia lebih bisa mengerti bahasa Ente daripada saya". Karena memang, (ikan.. saya terus pakai tanda dalam kurung karena paus bukan ikan) Paus adalah satu-satunya hewan yang siap menerima bahasa ter-enkripsi pada digit dengan orde lebih dari pangkat 12, bahkan lebih baik dari lumba-luma atau simpanse sekalipun. Untuk itulah saya suruh tamu-tamu antar-jagad kita ini untuk kesana, dan "ngobrol" sepuasnya dengan (ikan) paus dan kita tidak perlu repot-repot untuk mengerti.

Tapi.., Adalah sebuah kebenaran pula bahwa tidak setiap apa yang disampaikan oleh seseorang harus bisa dimengerti. Tidak selamanya kita mengerti pelajaran dari bapak/ibu guru. Justru dengan itulah proses pembelajaran dimulai. Proses pertumbuhan kefahaman kita atas sesuatu bisa terlatih. Jadi, jika suatu waktu kesulitan untuk mengerti itu tiba, maka berbahagialah karena pada saat itu, waktu telah mengajari kita tentang 'kesabaran'. Bukankah kesabaran adalah mulia. Kita semua harus mengangguk setuju. Tidak perlu repot-repot mengurai perbedaan antara 'sabar' dan 'mengalah'. Kalaupun itu disebut 'mengalah' maka,... bersabarlah.


Contoh sederhana, sudah didepan mata saya dan kawan-kawan. Bagaimana bisa kotak navigasi (navbar) bawaan blogger yang sebelumnya saya hilangkan justru sekarang saya buat sendiri. Tentunya dengan 'Dunia' ini sebagai inspirasinya. Layanan yang sedang 'rame-ramenya' facebook (terutama). Kemudian digg dengan kombinasi 'aneh' hijau dan birunya tapi tetap menarik. Navigation-Bar milik facebook itu saya "JIPLAK" dengan berkali percobaan sebelum akhirnya bisa muncul seperti diatas. Tapi tentu.. Kesempurnaan hanya milik... Tuhan. Sayangnya, saya tidaklah pandai mengemasnya dalam bentuk tutorial sebaik kang jaloe atau mas mochal. Tapi setidaknya, jika-pun tertarik, bisa di-comot saja dari source-code halaman ini. Saran saya gunakan add-on firebug jika menggunakan Si Rubah paling liar (firefox) Atau jika menggunakan browser Apple safari maka bisa langsung dilihat dari Toolbar "Develop".

Eits.. Bicara Apple, Sesuatu harus saya sampaikan pada Pemilik Hak Paten Logo Apple yang telah dengan semena-mena saya gunakan untuk signature baru saya. Jika (yang berwenang terhadap ini) mengerti Bahasa Indonesia, saya akan sampaikan "Terima kasih telah membuat logo Apple ini mirip dengan huruf 'a'. Sekali lagi terima kasih". Tapi ini bukan semata-mata "jasa dan budi baik" Apple. Tapi seperti telah saya sebutkan sebelumnya, Inspirasi datang dari mana saja.., untuk itu saya sebut secara global saja dengan nama "dunia". Itu berarti bisa jadi salah satu dari kawan-kawan juga termasuk didalam "dunia" yang menjadi inspirasi itu.

Lihat bagaimana Sony Ericsson mengucapkan "I Love Music" (Atau mungkin seharusnya dibaca "I SonyEricsson Music", kata seorang kawan saya) Ya. SKOTOMA, "Pendapat kita tentang simbol atau bentuk yang telah tertanam di kepala sebelumnya begitu kuat sehingga pikiran kita mengesampingkan apa yang sebenarnya dilihat oleh mata kita". Mengandalkan Skotoma masing-masing kita, saya anggap (dengan paksa) bahwa logo Apple yang saya pergunakan ini adalah huruf "a". :P

Ya. SKOTOMA, "Pendapat kita tentang simbol atau bentuk yang telah tertanam di kepala sebelumnya begitu kuat sehingga pikiran kita mengesampingkan apa yang sebenarnya dilihat oleh mata kita"

Belum lagi begitu "indah"nya perubahan yang terjadi hanya dengan mengubah sedikit kode CSS (style) dari tatanan halaman HTML. Tidak ada yang berubah dari widget "sidebox" (saya menyebutnya dengan sidebox) selain sebagian kecil script CSS-nya. Tapi perubahan yang mata kita terima (mata saya terutama :P ) begitu 'menggiurkan'. Saya baru mengerti kenapa warna merah muda (pink) selalu diidentikkan dengan ke-perempuanan (feminin). Tapi tidak perlu saya 'umbar' disini. Cukup tersirat saja jika kawan-kawan mengerti. Yang pasti sebelum perubahan ini, jujur saja tangan saya tidak terlalu segembira ini untuk 'menyentuh' (tombol) navigasi di kotak ini. Komentar Tentang sulitnya navigasi menuju tulisan-tulisan lain di blog ini yang pernah mas Nias sampaikan cukup membangkitkan semangat saya untuk segera berbenah. Untuk itulah saya sediakan "Content List" di SideBox ini, dengan harapan 'sedikit' menyerupai "Daftar Isi" Sekaligus "Arsip Blog".

Tapi mungkin ini yang paling penting dan 'menggemaskan'. Munculnya satu kolom baru di sidebar paling kanan saya yang bernada 'minta-minta', berkedok 'donasi' ala kadarnya. Semoga kawan-kawan tidak terlalu sakit hati, walaupun sakit hati juga tidak pernah dilarang (Bedakan dengan "Penyakit Hati"). Kotak sialan itu muncul akibat gagayaaan (... ehm, terjemahannya apa ya) sekedar bersolek karena baru punya akun 'PayPal' (Yak... silahkan tertawa selama 2,5 menit). Jadi saya mohon maaf. Saran saya.. Jauhi kotak itu dan fokus saja pada tujuan kawan-kawan datang kemari. Jangan terjebak dengan 'kata-kata' yang bertebaran disekitarnya. Saat ini, tidak mudah kita menemukan Orang yang masih Baik Hati dan mengasihi sesama :P

Terlebih, jika kawan-kawan 'dihantui' seseorang yang tertawa puas seperti ini. Sedang nikmat terbawa semilir angin CSS, tiba-tiba kerusuhan itu terjadi. Meski tidak berlangsung lama (Untuk yang merasa, dilarang tersinggung). Selain itu, juga terdapat perbaikan-perbaikan kecil disana-sini. Dan tentu saja tidak lupa saya sempatkan melakukan pemutakhiran (update) Daftar Blog Do Follow yang saya susun. Tak henti-hentinya lantunan maaf saya sampaikan jika terlalu lama harus menanti Blognya terdaftar. Sekedar mengingatkan, bahwa Masuk kedalam daftar ini bukan segalanya, yang penting keinginan dan kesiapan untuk berbagi, itu yang lebih penting. Baca lagi apa yang saudara saya, gus, pernah sampaikan mengenai ini. Tapi sudahlah, itu bukan masalah. Sempat kecewa juga karena terlalu banyak Dummy Blog yang ingin terdaftar. Tapi itupun tetap saya lakukan, mengingat saya memang tidak pernah melarang dan malah takut jika sampai berbuat lebih dari itu seperti ucap kawan kita, riasmaja.

Mengingat semua hal diatas, terutama mengenai kustomisasi yang saya lakukan terhadap template ini (untuk Blogger), maka saya berkeinginan untuk Menjual Blog Ini seharga Rp.22.750.500,- (Dua Puluh Dua Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Lima Ratus Rupiah), dan maaf, tidak bisa ditawar.

Tapi sayang, keinginan itu terlanjur hilang seketika teringat rincian dibawah ini.
  1. Untuk Se7en Pembuat Template Blog ini : Rp.2.530.000,-
  2. Untuk Kawan-kawan yang Link menuju Blognya terdapat di Kolom "Beruntunglah Kalian Ada Disini" : Total Rp. 7.470.500,-
  3. Untuk "7 Orang Paling Rajin" : Rp. 2.750.000,-
  4. Untuk Kawan-kawan yang selalu mengungkapkan apresiasinya dalam komentar : Total Rp. 15.430.000,-
  5. Untuk... stop.

Sampai disini Juga saya sudah rugi sebesar Rp. 5.430.000,-

Ternyata ada juga ya.. Transaksi Penjualan yang malah menyebabkan kita berhutang. (Boleh tertawa.. boleh tidak, tapi jelas ini tidak serius). Satu lagi, tentu masih ada yang harganya, tidak mungkin terbayar walau dengan Mata Uang Manapun (kecuali mungkin mata uang Makhluk Luar Angkasa kita tadi), Keinginan untuk selalu... menjadi bermanfaat untuk siapapun. :)

Dan Akhirnya.. Yup, Mungkin begitulah caranya untuk.. menyampaikan sesuatu dengan bahasa yang Mudah. Terimakasih Saudara, Kawan, dan Sahabat saya. :) Aku Tunduk Pada Kesempurnaan-Nya.

32 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Anonim mengatakan...

tancap bendera dulu ah :)

Anonim mengatakan...

uhui rajin ngeblog deui yeuh... sip atuh.

blog na di permax abis uy.. kalau sy suka Microblognya genit abiz xixixi...

Anonim mengatakan...

hehehe... i follow u. walau sedikit bingung tapi gokil ya kawan. Okey...maju terus

Anonim mengatakan...

komen dulu ya kang, bacanya nanti pas nyantai.
saya juga minta maaf kang jarang online apalagi mampir.

semuasayangeko mengatakan...

mudah sekali jika sebelumnya sms dyulu ato lagi kayak sbelumnya kalo mau ngepost.... ahh jadi kelimaxxx ......

Anonim mengatakan...

iya mas.. themenya makin pol..
rajin bner mas, ngupdate Daftar Do Follow blognya, sampe ada technorati nya sgala :)
salutt!!

Anonim mengatakan...

Lama gak bersandar kemari, semakin dahsyat ...!!!

AndriRistiawan mengatakan...

artikel yang panjang
:D
tapi sangat memberi wawasan nieh
:D
link blognya ini udah tak simpen di Flst Blogku
tapi baru bisa mampir sekarang
maap2 ya
^_^

keep post ya bos

AndriRistiawan mengatakan...

duh kkok aku jadi tiga kali comentnya...
diapus ya bang itu ampe 3 kali... ini juga diapus

Anonim mengatakan...

keren banget kang blognya! aku suka banget ngutak2 blog, aku mempunyai beberapa blog yang tak jadikan inspirasi, salah satunya blog kang kasep ini! blognya juga kasep! selain punya mas anang, akang jalooe. Kang eos widgetnya aku pasang diblogku, lumayan kang!

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Wiiiihhh... banyak banget kang yang dibahas... kalo gak salah hitung kira-kira ada 8 pokok bahasan...

1. Pembukaan dan posting terdahulu
2. Masalah Paus, Lumba-lumba dan simpanse yang dibandingkan dengan Alien..
3. Masalah Navbar baru..
4. Masalah Signature dan skotama
5. Masalah sidebox dan pinky twitter
6. Masalah Paypal dan donasi
7. Masalah Harga Blog ini.. rinci banget..
8. Penutup..

Bingung mau komentar yang mana... Yang jelas saya ucapkan terimakasih banyak buat kang Firdaus, you're my inspiration..

Trus buat yang lain, yang ingin kang Firdaus menulis dengan kata-kata dan kalimat yang gamblang... ya inilah hasilnya.... panjang dan lebar... (= luas).. jelas banget... he.he.he...

Dan saya siap belajar lagi ne sepertinya... Kapan sekolahnya dimulai Pak Guru.. (hiks.. membangunkan harimau tidur.. he.he.he..)

*kabuuurrr...*

JoVie mengatakan...

hoho..akhirnya muncul juga postingannya..karena campur2 nih jadi bingung mau koment point yang mana...yang pastinya sebelum koment mau lempar dulu pake kulit pisang.....:D

and then...ehm....ini aja deh
Untuk "7 Orang Paling Rajin" : Rp. 2.750.000,- yang 2 juta untuk no.1, dan 750 ribu untuk no.2-7...wes adil....

eh iya..nih tulisan "Komentar" di sebelah kiri gak dibahas...

anita mui mengatakan...

Jujur dan harus ku akui,tatanan setiap kalimat dalam postinganmu membuatku kagum,*berpikir sejenak* kapan aku bisa sepertimu?? (imposible)

Sayang 100 sayank udah keduluan si jopi jd top komentator...mundur dgn langkah gontai krn gk termasuk dlm pembagian Rp....kekekkk

deady rizky mengatakan...

watch out!
symbols are everywhere
that's why we need so many Robert Langdon
bukan begitu??

Admin mengatakan...

setuju nih, ladang juga gal pahan sendiri degan blog saya :)

Unknown mengatakan...

kadang sy suka terjebak pada kebingunan, saat mencoba memahami kang firdaus....hiks

Anonim mengatakan...

Menarik sekali tulisan-tulisan di blog ini...!

Anonim mengatakan...

Padahal kalo dijadikan 8 artikel juga bisa nih ya. Apa karena sudah diempet lama, begitu keluar langsung banyak, ya...

Anonim mengatakan...

Kok ya ada yang bisa posting demikian panjang ya, tapi tetep enak dibaca

Anonim mengatakan...

panjang bener artikelnya..
tapi bagus isinya..:D

Anonim mengatakan...

Kalau saya bayar brapa mas???????

Anonim mengatakan...

Saya cuma baca aja kok......, kalau comment ini mah nggak perlu dibayar, buat Mas Firdaus, saya kasih Gratis.... tis.... tis....., jadi brapa saya harus keluar uang?????? (bisa damai gak)

Anonim mengatakan...

beruntunglah saya disini karen terkadang harus berulang2 untuk memahami satu kalimat saja heuheue...

Anonim mengatakan...

panjang artikelnya...ditunggu artikel terbarunya:D

Anonim mengatakan...

wah klo blog ne dijual gak sayang ya??

Anonim mengatakan...

Wah keren banget tulisanya. Emang sesuatu itu harus di buat mudah agar komunikasi lancar. Sip dah..

Anonim mengatakan...

walaupun apapun gerangan, aku padamu olweys, firda... (bahasaku kayak gitu, mudah nggak ya..?)

untunglah.... yg dipajang yg aku lagi ngekek... bukan yg lagi ngu**l..

asik asiiiik.... dapet backlink gratis.... hihihi.....

nur kholiq mengatakan...

Beh...artikelnya puuuanjang banget...
but thanks ya...q bakal nyoba deh...

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 mengatakan...

Terima kasih Firdaus

Wisata Seo Sadau mengatakan...

Mas Firdaus (Eos) ini orang filsafat yak? saya telusuri blognya tulisannya perlu memikir banyak dulu buat komentar, benar2 ujian buat yang pengen dapet backlink :P

Keren juga patut dicoba nanti kalo dah punya blog dofollow :D

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

Huaa,,pegel matanya baca..tapi siipp..bikin ketawa,,hehehehe.

kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang mengatakan...

bagus banget nie tulisannya...
tp panjang banget ya...:D

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog