Tidakkah Kamu Perhatikan ...


Dengan tidak mengurangi rasa hormat karena melulu berbicara tentang waktu yang seolah tidak pernah bosan saya bicarakan. "Penggemar" keahlian analisa kejiwaan mungkin akan dengan bangga (tapi tetap berusaha serius) berkata bahwa "Ooo.. berarti si penulis ini mengalami kekecewaaan atas waktu hingga selalu mengijinkan dirinya untuk membuka pagar lintas waktu yang telah lalu dengan terus membicarakannya, dengan harapan ia bisa kembali ke masa itu dan mengoreksi apa yang mungkin ia ingin benahi atau bla..bla..bla.." atau mungkin pula jika memang sudah tidak sanggup menebak apa yang sesungguhnya membuat saya begitu tertarik pada ciptaan Tuhan yang satu ini, mereka akan bilang "Ooo... Mungkin si penulis ini adalah orang irlandia.., Jadi maaf.. Freud sekalipun tak mampu berandai-andai atas apa yang terjadi pada kejiwaan mereka." :)

Sesungguhnya bukan itu yang terjadi. Kalau saja memang memungkinkan, justru bukan masa lalu yang saya incar. Tapi masa lain dimana kita bisa melihat dari ketinggian yang dengan berada di atasnya, perjalanan atas waktu dari masa lalu menuju masa depan (sampai berakhirnya) bisa terlihat jelas. Sudah tersadari bahwa untuk berada di posisi tersebut tidaklah mungkin. Karena apa?, ya tentu saja karena Tuhan sudah mengambil posisi itu. Sebuah posisi mutlak yang jiwa dan raga saya (atas kehendak Tuhan pula) tidak dipersiapkan untuk mampu menahan beban itu. Jadi selain tidak sopan pada Sang Empunya Hidup ini, tapi juga kita tidak akan pernah mampu mengambil alih posisi itu.

Tidak sedikit dari kita (semoga saya tidak termasuk), yang seolah-olah tampil sebagai penjaga mercusuar lautan waktu. Senjatanya... ucapan menggoda.. "Saya .. .. (nama).. saya mampu bla..bla..bla.. ketik REG spasi NAMA ANDA spasi TANGGAL LAHIR ANDA, maka saya akan.. bla..bla..bla.. kirim ke rekening bank saya.. maap maksudnya, XXXX (nomor hotline)". Secara tersirat, sesungguhnya seorang kawan (yang namanya enggan disebutkan) pernah menasehatkan supaya 'membiarkan' perilaku semacam ini. Karena, pun saya sadari bahwa suara se-menggelegar apapun belum tentu mampu sampai ke telinga mereka. Atau jika memang sampai ke telinganya, ternyata orang-orang ini juga sama seperti kita yang punya dua telinga dan percaya pula pada istilah umum "masuk telinga kiri keluar telinga kanan". Walaupun, keponakan saya yang masih duduk di bangku SMP sekalipun tahu bahwa tidak ada jalan pintas dari telinga kiri ke telinga kanan. :)

Lalu apa sebenarnya yang menjadikan hal-hal ini terjadi?. Jika mencoba ilmiah, kata-kata seseorang* telah menginspirasi saya untuk menjadikan tulisan ini sebagai sebuah (gagasan) jawaban untuk mereka yang merasa telah mampu berada di atas dilatasi waktu. Tapi sayang gagasan beliau* terlalu berat dan rumit jika harus saya rumuskan dalam waktu lima atau sepuluh menit dari sekarang. Jadi mungkin sebagai pengantar (itupun jika masih ada waktu untuk saya), cukup saya sampaikan cuplikan perkataan berikut (tidak tepat kata per kata, tapi saya berusaha se-sesuai mungkin) :

Anggap seekor semut yang berjalan di dinding (atau lantai supaya lebih mudah membayangkan) rumah adalah berdimensi dua, artinya ia hanya memiliki sudut pandang dua dimensi (yaitu kanan-kiri-depan-belakang). Kemudian kita letakkan ujung jari telunjuk kita (dari arah atas semut) di jalur yang akan dilalui semut itu, maka apa yang terjadi.. Ya, semut itu hanya akan terheran-heran karena "tiba-tiba" dihadapannya muncul sebuah garis yang datangnya dari "arah" yang tidak ia ketahui (ingat bahwa kita anggap semut tadi tidak bisa mendongak ke atas). Kemudian semut ini akan mengatakan bahwa "garis" (yang sebenarnya adalah tangan kita) muncul dari alam ghaib. Artinya, ada satu dimensi lain yang tidak semut ketahui, tapi kita ketahui.


Cukup saja dulu, karena semakin banyak kata yang saya kutip akan semakin banyak pula kesalahan yang saya buat. Jadi, setidaknya sampai disini kita harus menyadari bahwa sesungguhnya Dia Yang Maha Besar, menciptakan 'hidup' ini dengan segala ketelitian yang berada jauh diatas dimensi yang kita punya sekarang. Jadi bukankah benar bahwa diatas bumi kita ini, masih ada langit. Diatas langit itu, masih ada langit. Dan begitu seterusnya. Jika si semut tadi menyimpulkan bahwa kita adalah makhluk ghaib, maka bukankah tidak mungkin kesimpulan itu juga berlaku untuk kita.

Bahkan Dia sudah terlalu baik memberi kita banyak contoh (salah satunya semut yang tidak tahu apa-apa itu tadi) untuk memahami sesuatu. Mungkin itu sebabnya Ia banyak menanyakan .. Tidakkah kamu Perhatikan.... ?


Ditulis sebagai nasehat untuk diri saya sendiri. dan yang menginginkan.




* : Santoso, Budi (2009, April 14). Course Lecture (Statistical Physics).
Universitas Nasional. Jakarta, ID

21 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Anonim mengatakan...

Butuh berkali-kali saya baca tulisan ini untuk bisa benar-benar paham... :)

Anonim mengatakan...

ini kritik buat para fortune teller gadungan itu ya bos? atau gmn? belum begitu ngeh :D

semuasayangeko mengatakan...

kata2 yg ciamik...
lagi lagi...

jarang berjumpa kita ya... maen dunks...

Anonim mengatakan...

wadaw... bener neh butuh beberapakali untuk bisa memahami intinya

nelson kaligis mengatakan...

Nasehatnya menarik.... :)

salam kenal yah mas !!!

Anonim mengatakan...

mampir berkunjung... gimana neh kabarnya mas firdaus???

Anonim mengatakan...

hmmm..iayah ..diatas langit emang masih ada langit..ga ada hak bagi kita mengaku lebih superior dibanding lainnya
semuanya mungkin hanya berawal pada sebuah permulaan..siapa yg mulai lebih dulu maka dia bisa lebih maju dibanding lainnya
siapa yang mau berubah maka dia bisa saja lebih maju dan lebih baik dr yang lainnya...maybe

Quiddo mengatakan...

tulisan panjang dengan arti yang tidak lebih panjang dari tulisannya...

mungkin hanya untuk mengingatkan bahwa...

sesungguhnya dari yang kita tau masih banyak hal lain yang lebih banyak dari jumlah populasi manusia bahkan populasi makhluk yang tak terlihat wujudnya di muka bumi ini...masih ada hal yang sebenarnya dekat....tapi kita anggap itu jauh....

hanya berkomentar...bukan berkoar..

Anonim mengatakan...

Nasehat untuk kita semua...

Anonim mengatakan...

kasian banget gw, kaga paham juga hiks

eljudge mengatakan...

Ada yang maha tasa seggala kuasa...

begitukah maksudnya?

Eyke ga mudeng-mudeng nih...

~leave comment dibawah tulisanku yeah...~

eljudge mengatakan...

Terimaksih Banyak Bang Firdaus atas masukanya...

Sayapun awalnya berpikir begitu, tapi akhirnnya saya berusaha berdamai dengan realita.

Berusaha membawa agar tidak sekedar kunjung-mengunjungi, tetapi juga membaca tulisan yang ada...

dan 'Comment for comment' Hanyalah infranya...

Thanks berat Bang!

Keep Share

ciput mardianto mengatakan...

karena memang kita pernah menjadi dulu!

bloggertoblog mengatakan...

salam kenal boss aku baru belajar blog di http://bloggertoblog.blogspot.com/

bewegaleri mengatakan...

baca duluan, pahami kemudian. tapi kok ya ga mudheng-mudheng ya... ah, komen aja dulu...

EckouW mengatakan...

thank's for your artikel...

Wisata Seo Sadau mengatakan...

Kalo baca tulisan ini saya merasa dituntut harus sadar diri deh, fenomena gunung es nya sigmund freud yg dijadikan "Teori Hebat" dalam Psikologi Humanistik saja tidak bisa berandai-andai atau mengatur settingan kejiwaanya sendiri, bener banged kang... Top Markotop... Buat Konselor bagus banget nih intinya Client Centered Therapy gitu deh :)

stop dreaming start action mengatakan...

Memang kita sebagai manusia sering melupakan begitu banyaknya nikmat dari Tuhan.

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

seandainya kita memperhatikan nikmat yang diberikan kita..
pasti kita akan senantiasa selalu bersyukur..

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

Makasih mas, artikel nasehatnya bagus nih.

pulsa elektrik mengatakan...

Wah, yang ini agak panjang dan berat :D

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog