Baheula Mah...



Pagi menjelang siang di warung penjual rokok di bawah Angsana yang sudah sedikit ranggas di Bandung, seorang yang mungkin usianya tidak lebih tua dari (alm) kakek saya sedikit memecah pembicaraan kami yang sebelumnya bisa disebut cukup membosankan,
Baheula mah jang,.. Bandung mah tiis, adem ah nikmat we lah... ari ayeuna mah.. keur mah panas,.. macet,.. jeung lieur rea jalan di jieun sa arah...
Tidak perlulah diterjemahkan, jika kurang mengerti, baca saja dan biarkan pengertian itu datang dengan sendirinya.

Hari yang lain, sudah sedikit gelap, beberapa saat setelah hujan yang membuat saya harus berhenti di warung kopi 'dadakan' di Jalan WR.Supratman Bandung selesai sudah membasahi jalan. Kali ini seorang yang mungkin usianya sedikit lebih tua dari ayah saya berkata dengan sedikit senyum 'asam' di tepi bibirnya,
Baheula mah cep,.. motor teh sieun ku mobil. Ahh, ayeuna mah mobil nu sieun ku motor
Kalimat ini tidak meluncur begitu saja tanpa sebab. Sangat bisa dimaklumi bahwa tepat setelah hujan adalah waktu dimana jalan raya 'tiba-tiba' riuh karena pada saat bersamaan pengendara kendaraan yang tidak anti-hujan (sepeda motor -red) berebut posisi puncak klasemen untuk sampai terlebih dulu ke tempat tinggalnya. Bukan hanya berebut dengan sejenisnya, tapi juga dengan spesies lain seperti mobil dan bahkan... pejalan kaki. Trotoar (trottoir -Fr) yang sejatinya 'milik' pejalan kaki juga ikut diambil alih. Tapi sudahlah, bukan itu yang ingin saya persoalkan kali ini.

Untuk kuotasi diatas barusan, juga tidak perlulah diterjemahkan. Sekali lagi, baca saja, dan biarkan pengertian itu datang dengan sendirinya.

Tapi coba perhatikan penggalan pembicaraan saya dengan seseorang yang kali ini hanya beberapa tahun lebih tua dari saya, di Pasir Hideung, Cijurai, Sukabumi
Ah! Kang,.. Da didieu mah ti Baheula nepi ka ayeuna oge can aya listrik!
Dan untuk kuotasi kali ini, jelas saya tidak akan sungkan menerjemahkannya,
Ah! Kang,.. Kalau disini dari Dulu sampai sekarang juga, belum ada listrik!
Titik beratnya adalah bagaimana kita, atau setidaknya kebanyakan kita terlalu bergairah menghadapi perubahan, bagaimana kita terlalu mudah membiarkan diri terus-terusan berlari atau malah terbawa lari. Hingga tanpa sadar, ternyata kita sedang mati-matian mengejar waktu, yang sebenarnya ia masih ada dibelakang kita.

Ditulis sebagai pengingat untuk saya, dan yang menginginkan.

70 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Facechan mengatakan...

Buset.. bahasanya bikin binggung....

heheheee

suranegara mengatakan...

bahasanya terlalu berat untuk dimengerti.... saya belum nemu maksud dari tulisan diatas.... tapi jalurnya udah keliatan...

JR mengatakan...

ho oh kang leres pisan.....

Video Girl mengatakan...

Aya naon di die??

karikatur mengatakan...

aku ga ngerti bahasanya tapi kira-kira menceritakan tentang kesemrawutan jalan di bandung saat ini, dengan membandingkan jaman dulu.
maaf jika salah

papa dan mama mengatakan...

Saya tertarik dengan "kita sedang mati-matian mengejar waktu, yang sebenarnya ia masih ada dibelakang kita", tepat sekali... kadang perlu waktu "diam" sejenak untuk sadar "dimana" kita sekarang :)

Nice posting ya

Mobile Gadgets mengatakan...

ndak cuma di bandung...dimana-mana semua tambah panas!

lowongan kerja 2009 mengatakan...

wah saya kurang ngerti bahasanya... mampir aja bos

Rohadi mengatakan...

saya juga kurang ngerti bahasanya. Btw blognya sudah saya masukkan di daftar blog dofollow terbaru saya, salam kenal..:)

firdaus.a mengatakan...

@papa dan mama: Yup, It is.
@Rohadi: Terimakasih bro, semoga bermanfaat. :)

felixsdp mengatakan...

jadi bagaimana sikap kita dalam menghadapi waktu ? menunggu terlewatkan, jalani saja, atau apa ni kang ?

Baju mengatakan...

Jaman smp dulu sekitar 20 thn yg lalu.... ke bandung..... mana kuat pake celana pendek.....apalagi ke lembang... kabut dimana mana... ssiang aja penuh kabut.....

Free Blackberry Apps mengatakan...

Sorry sob, ga ngerti sunda nih.. Kasihan juga yah di Pasir Hideung itu masih aja blom ada listrik sampe skrg.

barajakom mengatakan...

berkunjung ke blog sebeken ini bisa membuat aku ikutan beken, aku numpang beken ya sob...

neilhoja mengatakan...

heu heu...

makasih kang... jadi tercerahkan.

cipstuff mengatakan...

tekadang ngopi saat hujan sangat berbeda dan nikmat

Kaos Couple Murah mengatakan...

lebih enak ngemil sambil nonton

astagacom lifestyle mengatakan...

iya, terkadang kita terlalu sibuk ya sampai-sampai lupa waktu... kelihatannya bener juga perlu merenung atau merefleksi diri gitu kali ya? Thanks sobat, salam sukses

Light My Fire mengatakan...

ini cerita tentang romatisme masa lalu aki-aki di kota bandung yah kang?

trik~pdkt mengatakan...

Bahasa sunda ya?
wah emang bagus tuh bahasanya enak didengar.

boogle mengatakan...

hehhee.. di akhir tulisan sangat2 menyentak pikiran saya.. tapi ah cerita dan klimaknya saya kang sangat sulit untuk menemukan benang merahnya.. mungkin karena pengalam pribadi kali hingga tdk bisa mencerta dari keselurahan-nya

dzvx mengatakan...

lieur ini mah :p.

tiyo mengatakan...

waduh..waduh...rada bingung aku

astaga.com lifestyle on the net mengatakan...

Wah.. sayang saya tidak mengerti bahasanya... salam kenal mas

mbah gendeng mengatakan...

tulisan yang keren enak banget

thiar thea mengatakan...

bener pisan. mungkin itulah sebabnya ketika ber-haji kita harus wuquf dulu. merenung dulu sebelum berlari antara bukit sofa dan marwah. agar tidak salah mengejar sesuatu yang sebenarnya sudah terlewati

asepz mengatakan...

berkunjung sambil membaca artikelmu sob........

RUMAH mengatakan...

seneng banget baca artikel ini. Jadi ngga sabar tahun baru pulang ke Bandung. Emang bandung duku sama sekarang, ngga sedingin yang dulu. Salam kenal ya!

Articles Directory mengatakan...

bandung panas sudah lama. sejak pertama kali di bandung tahun 1994 did daerah Jl. soekarno hatta sudah panas dan macet

Kerja Keras Adalah Energi Kita mengatakan...

Baheula mah bandung teh seeur aww geulis..ayeuna mah leuwih seeur deui.wkwkwkkwkw..ga nyambung ya kang..

Salam kenal aja sesama urang bandung, tulisannya penuh arti dan membuat termenung :)
kalo saya sih masih inget 1 quote dari sebuah film.
"Yesterday is history, tomorrow is mistery, but today is a gift"
Jadi nikmati saja setiap waktu yang kita lewati hari ini :)

Kerja Keras Adalah Energi Kita mengatakan...

suka dengan kata "baheula" ya? asal blognya nggak jadi bahula juga, hahahaha....

cara dapat duit mengatakan...

pasti nih orang sunda

Seguros de coches mengatakan...

I guess we have to blame the marketers for being so creative and convincing.

Achmad Fauzi mengatakan...

Selamat taon baru. semoga esok kan lebih cerah ... Hidup blogger Indonesia!
Salam, Achmad Fauzi dari Surabaya.

mendidik anak mengatakan...

Met tahun baru 2010, semoga tambah rajin posting :D

hamasale mengatakan...

wah... sy benar2 salut dengan artikel nya bro...
salam kenal.. kalau butuh akses internet murah bisa mampir di blok aku ya.. thanks

RifkyMedia™ mengatakan...

sama mas,saya di malang sekarang, dulu dingiiiiinnnnnn skrg dah panas hawanya, banyak pabrik,rumah dan gedung...

persiapan melahirkan mengatakan...

walah yang satu ini memang susah dimengerti dari dulu.... tapi keep posting...

Astaga.com lifestyle on the net mengatakan...

suka yang bahula-bahula ya? sesuatu yang klasik tdk akan pernah ketinggalan jaman

Belajar SEO Blogspot mengatakan...

wahh..benar2 top markotop desain blognya..wah bgt in interaktif..btw dah pindah rumah y mas ?? berkunjung ahh :D

free software downloads mengatakan...

gak ngerti bahasa sunda bos, hehehehehe

Jovie mengatakan...

Baheula Mah....diriku selalu koment pertama yah Sob...Ayeuna koment ke #38 :(

Baheula mah...sob, diriku blogger sejati..ayeuna mah diriku blogger matre...ya gak sob? iya kan? yah yah...

Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo mengatakan...

bahula itu sebenarnya bahaa apa sih?

Wisata Riau mengatakan...

MANGgut..manggut... sambil memahami.... :D
salam kenal mas..:D

astaga.com lifestyle on the net mengatakan...

lanjutkan dan salam kenal booo

Achmad Fauzi mengatakan...

Memang kadang kita meuju ke arah yang salah ... dan tidak tahu kalau salah arah, dan baru sadar setelah kesasar.

Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta SEO mengatakan...

maknanya dalem bgt kang :)

business for sale mengatakan...

Excellent post. I’m actually surprised the use of blogs and wikis isn’t higher.

Arfi mengatakan...

baheulak?? zaman baheulak??? gak mudeng aku rek...

Indonesia Java International Destination | Luthfifuadi.Com mengatakan...

kayaknya saya sangat setuju nich dengan keluhan anda sob...

selaku urang bandung saya harus tetap menjaga kelestarian kampung halaman ini dech..

Kontes SEO bisnis syariah online mengatakan...

temanku bilang: "sesuatu yang klasik tidak akan pernah ketinggalan".

hellobali mengatakan...

nggak usah berlari dulu bang..
istirahat, ngopi dan ngerokok..
nikmati angin berhembus
semasih ada nafas dan jiwa di badan kasar ini

healthies mengatakan...

bagus juga ceritanya. menarik walaupun kurang naturalnya. keep spirit bos

Thanks,
blogku:green tea

Saung Web mengatakan...

Memang benar Bandung ayeuna beda jeung baheula .. hehe. komo lebah macetnamah.. hehe

Rumah Murah mengatakan...

saya kurang paham artinya.tapi memang sekarang dimana2 kayaknya emang panas

dual diagnosis management mengatakan...

Wondering it is looks amazing.

Gadget Tasikisme mengatakan...

Tanpa disadari oleh kita memang ada saudara-saudara kita di daerah terpencil yang memang belum bisa menikmati listrik, kalau malam masih menggunakan obor atau lilin...

BUSANA muslim mengatakan...

*menyimak gan

artis indonesia mengatakan...

baheula teh bahasa gaulnya jadul hehe:D
hot news daily

Dofollow Blog Community mengatakan...

Baheula mah jaman bareto.. hehe mampir lagi juragan.. . ohya saya punya daftar blog dofollow terbaru nih.. mau ?? mampir atuh sakalimah.. biar linknya saya on kan..

donor insemination mengatakan...

Your blog is distinctive. I have found your blog innovative. You have chosen very incredible theme for your sketch. I cherished it.

garage workbench mengatakan...

Excellent post. I’m actually surprised the use of blogs and wikis isn’t higher.....Thanks

Checks mengatakan...

Really nice review! Unboxing is the best part of getting something! thanks for a nice post.

online business mengatakan...

2 kalimat pertama aq g ngerti..maklum wong jowo

Techo Worlds mengatakan...

Biarpun kotanya tambah panas, yang penting hati kita tetap adem...

busana muslim mengatakan...

wah saya kurang paham
happy blogging

Nesaci mengatakan...

kenangan masa lalu memang selalu indah dan tak mudah dilupakan....

busana musLIM mengatakan...

hmmm bandung bandung :)

Baju anak mengatakan...

sempat mengernyitkan dahi membaca tulisan ini tapi memang benar waktu dan perubahan itu sendiri akhir akhir ini terasa lebih cepat berlari

sewa mobil mengatakan...

nice post

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog