Define : Spammer, Black SEO & Newbie




Sebelum ada yang tersinggung dengan istilah diatas, maka sebaiknya kita pikirkan definisi mana yang tepat. Tulisan ini dibuat untuk menyikapi banyaknya blogger yang sangat menggebu-gebu mengejar Pagerank Google, ataupun blogger yang dengan tulus hati mencoba mendalami SEO untuk kepentingan tertentu, yang tentu saja tidak ada satupun dari kita boleh menghambatnya justru harus didukung.


Newbie a.k.a n00b

Sudah cukup jelas dimengerti. Untuk kategori ini, sungguh tidak ada masalah. Mengingat segala hal haruslah dimulai dari proses belajar. Termasuk blog saya ini, saya biarkan terbuka luas untuk proses pembelajaran semacam ini. Tidak perlu malu menyatakan diri "baru belajar", karena siapapun dia, pasti pernah mengalami "baru belajar". Disinilah mereka-mereka yang justru memperkenalkan diri dengan baik, dan ingin belajar. Tentu saja koridor-koridor yang harus dilalui sudah tidak perlu disampaikan, karena toh, bagaimanapun juga, kita semua sudah tahu bagaimana cara bertanya yang berujung pada jawaban yang memuaskan. Sekedar mengingatkan, bagi yang bertanya ada baiknya jika menggunakan jalur pribadi (japri -red) apabila ingin lebih lebih banyak bertanya. Tentu saja dengan ijin yang bersangkutan. Bagi mereka yang ditanya, ya tentu saja berusahalah memberi jawaban yang semestinya. Satu hal yang sudah kita ketahui, tidaklah sedikitpun ilmu yang kita miliki akan berkurang hanya dengan memberikan penjelasan bagi mereka yang membutuhkan.


SPAM a.k.a bulk

Spam biasa didefinisikan sebagai "Unsolicited Bulk Content". Unsolicited menunjukkan bahwa Penerima tidak memberikan izin verifikasi untuk konten yang diterima. Bulk berarti bahwa konten yang dikirim adalah bagian dari konten yang lebih besar dan seluruh isi konten mengandung kadar substansial yang identik. Sehingga jenis komentar semacam ini akan terlihat sangat jelas. Hampir dipastikan, kita, sebagai pemilik blog akan serta-merta menghapus komentar semacam ini. Karena disamping terlalu membebani komentar dengan banyak LINK, juga menyebabkan resiko BANNING dari pihak search-engine terhadap blog kita, karena diduga menghasilkan link-link palsu. Tentu saja saya tidak perlu membawa contohnya, karena toh apabila ada SPAMMER mencoba menulis komentar disini, tanpa pikir panjang saya akan langsung menghapusnya, dan melaporkannya sebagai SPAM pada Search-Engine. Tapi akan saya beri satu contoh SPAM yang berhasil dijaring Satpol-PP blogger (Automated Spam Filter milik Blogger -red).



contoh diatas, saya lebih senang menyebutnya dengn SPAM SEJATI. Karena untuk jenis seperti ini, dilakukan oleh automated-script dari pemberi komentar. Ciri utamanya yang paling mudah terlihat adalah bahwa apa yang dituliskan komentator, sama sekali tidak berkaitan dengan topik yang sedang dibicarakan. Dan jelas terlihat bahwa akan muncul banyak LINK yang mempunyai satu tujuan yang sama.

Untuk menyikapi komentar semacam ini, jangan ragu, hapus komentarnya (atau tolak, apabila komentator blog kawan-kawan harus melalui proses moderasi). Lalu, bagaimanakah bentuk SPAM yang tidak SEJATI?, kita akan bahas pada kategori selanjutnya.


Black SEO a.k.a black-hat

Kawan-kawan tentu akan mendapatkan banyak referensi yang cukup bila ingin menelurusi apa arti sebenarnya dari Black-Hat SEO ini. Pada dasarnya, semua usaha untuk meningkatkan tingkat VISIBILITAS blog/website kita di 'mata' search-engine, adalah bentuk dari SEO (Search Engine Optimization). Berbagai cara dapat kita lakukan. Salah satu yang cukup ampuh adalah dengan membangun LINK antar blog yang pastinya (secara tidak langsung) akan juga membangun komunikasi antar pemilik blog. Untuk membangun LINK, tentu saja tidak bisa hanya dilakukan 1-2 hari, dibutuhkan waktu yang cukup panjang untuk melakukannya.

Beberapa cara lain, misalnya apa yang saya terapkan pada blog ini, adalah dengan DO FOLLOW. Dengan segala resiko yang akan didapat, saya tetap konsisten pada jalur ini. Salah satu tantangan dengan jalur ini adalah menghadapi SPAM dan BLACK-HAT SEO. Supaya tidak terlalu panjang, mari perhatikan contoh berikut :

(Contoh komentar saya ambil dari posting blog saya sebelumnya)

Dari komentar diatas, saya menitikberatkan pada 2 (dua) link yang pemberi komentar tinggalkan sebagai jejak di blog ini. Pertama (Highlight HIJAU), Link yang diberikan oleh komentator akan dihitung sebagai 1 poin untuk komentator. Ini berarti bahwa komentator dengan baik memanfaatkan "Anchor-Link" yang tepat sebagai bentuk Optimalisasi Mesin Pencari, karena pada Blog DO-FOLLOW, link tersebut akan berfungsi layaknya pintu baru bagi crawlers Search-Engine. (Tentang Crawlers dapat disimak pada posting berjudul "Mungkin Seperti Ini Dia Melihat : SEO"). Dan cara-cara seperti ini jelas diperbolehkan, dan saya sebagai "pendonor" link, sangat mengijinkan.

Namun, apa yang dilakukan komentator tidak berhenti sampai disini. Komentator masih membutuhkan lebih banyak LINK yang keluar dari sini. Sampai-sampai pada badan komentar (Highlight MERAH), komentator tetap meninggalkan "ANCHOR-LINK", yang sudah saya terangkan panjang-lebar pada pembicaraan tentang "DO-FOLLOW" bahwa link seperti ini TIDAK akan mendapatkan backlink dari sini. Hal ini sudah pasti, karena disinilah letak perbedaan antara white-hat, dan black-hat SEO.

Sejauh ini, komentar diatas masih saya kategorikan sebagai Black-SEO yang tidak terlalu buruk. Hanya saja, bagaimanapun, saya akan mulai mempertegas garis yang jelas supaya komentar-komentar seperti ini tidak sering muncul, mengingat bahwa LINK yang ditinggalkan oleh komentator hanya akan menjadi link sampang yang sia-sia.

Namun belakangan, beberapa blogger yang boleh dikatakan cukup baru (jika tidak ingin disebut malas) akan memberikan komentar yang bahkan lebih buruk dari sekedar Black-SEO, sehingga komentar semacam ini, akan lebih layak disebut sebagai spam. Dengan berat hati, saya akan berikan contohnya.







(Perhatikan bahwa pada blog saya ini, frase berwarna BIRU, menunjukkan Anchor-Link)

Dari kelima contoh diatas, rasanya kawan-kawan mengerti yang saya maksud. Tidak lama dari hari ini, dimulai dari posting kali ini, komentar sejenis komentar diatas, akan saya masukkan dalam kategori SPAM, dan akan segera saya hapus.

Dari pembicaraan diatas, kiranya kita dapat mengambil pengertian bahwa meningkatkan visibilitas blog/website pada Search-Engine memang membutuhkan usaha tertentu, yang relatif mudah. Namun kemudahan yang diberikan akan menyerang balik menjadi bumerang apabila kita tidak melakukannya dengan benar. Predikat SPAM pada blog/website yang dilaporkan kepada Search-Engine (Google, Yahoo dsb) hanya akan membuat usaha SEO kita selama ini berantakan karena crawler mereka tidak akan lagi melirik blog/website kita. Tentu hal ini sangat disayangkan. Semoga tidak terjadi pada kita semua. Terimakasih.


Ditulis sebagai pengingat untuk saya, dan yang menginginkan.

157 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
bayuk mengatakan...

walaupun kurang ngrti isinya.. tapi aku bukan spammer yang hanya nyari backlink aja.. tunjukkan komentar bermutu ya...

Chord Guitar mengatakan...

yups saya sangat setuju bro dengan penjabaran spam di atas, setidaknya kita punya hak untuk mendelete komentar yang asal komentar aja tanpa melihat isi postingan, namun hal ini bisa di atasi dengan memoderasi komentar yang masuk.

Live Streaming TV Online mengatakan...

SPAM dimana2 ada, tapi emnding kalo pake blogspot, coba kalo pake WP tanpa akismet, komen SPAMnya tiap menit ada

harga pertamax mengatakan...

saya sendiri memutuskan untuk tetap NOfollow dengan alasan spam ini. cuman bikin penuh komen dan database saja hehe.

nglirik contoh komentator spam di poin kedua bikin geleng-geleng kepala ckckckc..

infeksi saluran kemih mengatakan...

maaf mas bukan maksud cari backlink dan spam...
tp inilah saya yang sedang menunjukan jati diri dalam memberikan komentar,dan belum bisa memberikan komentar yang berkualitas

Obat Herbal mengatakan...

Wuih...,
kalo cuma komentar "nice blog" ato "nice info" langsung dianggap spam, ya? Gaswaat...gaswat!
Maap sebelumnya. Tapi dari hatiku yan paling dalam kok merasa ini agak sadis, ya?
Walaupun memang lebih sadis lagi para tukang nye-pam itu.
Tapi gimana, dong kalo otak lagi "blank" dan yang keluar cuma... "nice info...."?

Blogger Templates mengatakan...

SPAM SEJATI means REAL SPAMMER, right? Well, I hate them too. They are SUCKS!

aRcliff mengatakan...

walaupun ditulis (ketik) secara manual tapi tetap menjurus kepada "invite" ya jelas tergolong spammer..

ya namanya juga usah.. mau cari backlink dari blog PR tinggi :)

Semua hidup kembali mengatakan...

ohhh gtu to gan jadi ngerti
makash ilmunya gan...
skarang yang pentng berkomenlah sesua jalanya not spam.....

obat penyakit mengatakan...

komen itu hidup kita jdi kita para blog walking jangan nyepam biar sama2 untung,,,,,ciiippp kan....

kado ulang tahun mengatakan...

langsung ke TKP ah...oh gt ya nama nya spam??
cry ane bru bljar ngeblog nih..........

obat alami diabetes melitus mengatakan...

ternya para bloger benci dengan kata-kata gitu....baru tau...makasih atas sharing nya...

obat kanker hati mengatakan...

maaf mas aku bukan karna cari baclink doank, tapi aku sering cari artikel yang bermanfaat , tapi aku belum bisa ngasih komentar yang berkualitas mas, makasih buat infonya

Job and Career Center mengatakan...

hahahhaa...
betul!!!
setuju banget saya...
banyak klasifikasinya yah ternyata..

Timbangan digital mengatakan...

artikel yg bagus.
smg cukup menjelaskan kepada para newbie tentang bgmn cara berkomentar n mendapatkan backlink untuk blognya tanpa hrs menjadi spammer.

firdaus.a mengatakan...

@ALL: Terimakasih atas segala bentuk apresiasinya. Sekali lagi saya sudah jelaskan ditulisan ini. Setiap komentar saya baca satu-persatu. Saya masih tetap mendukung modus pencarian backlink. Lihat saja, beberapa komentar diasa, yang mnggunakan "NAMA SITUSNYA" tetap saya ijinkan mendapat backlink dari sini, asalkan dilakukan dengan benar. Pretensi untuk berkomentar tetap ada.

Jadi, untuk mereka yang sebelumnya merasa sudah berkomentar sekedarnya (a.k.a JUNK), mohon maaf, saya sudah memasukkan link anda kedalam kategori SPAM. Berdoa saja supaya Google tidak memblokir blog anda.

Terimakasih.

Spyer mengatakan...

Wah... wah... wah...
Sepertinya saking jengkelnya terhadap "sampah" ya Mas?
Lalu bagaimana kalau kami cuma baca saja, kemudian tidak memberi komen apa2, apakah menjengkelkan juga??

obat alami demam berdarah mengatakan...

Sangat setuju gan,mendidik budaya membaca,toh yang disajikan oleh para bloger dengan postingan2nya kalau benar disimak akan pengunjung akan mendapatkan ilmu,dll

kursus php mengatakan...

jgn ky gt mas,tidak baik bgtu,biar ttp berkomentar,karena masing2 pnya pendapat n pola fkir yg berbda ??
slam kenal mas

firdaus.a mengatakan...

@Spyer : Justru kalau hanya memang menginginkan inti pembicaraannya saja, saya tidak pernah memaksa> Saya akan beri apresiasi yang sama. Komentar itu TIDAK WAJIB kok.

@kursus php : Maaf, tapi saya harus menduga.. (Haha) bahwa anda adalah salah satu yang tidak membaca tulisan diatas dgn tuntas, kemudian dipahami, baru kemudian bicara. Silahkan baca lagi saja. Dan pastinya.. lihat, apakah komentar anda saya hapus?.. bedakan pengertian yang sudah saya pilah-pilah diatas. But it's ok. I know, that you are a (sorry) newbie, you need to learn a lot. Welcome to the BLOGGER atmosphere bro!. :)

@All: Terimakasih kembali. Ingat, Blog ini menerima backlink pada setiap komentar. Hanya saja, segala sesuatu yang berbau Black-Hat-SEO, sudah dipastikan akan saya masukkan kategori SPAM.

Tips-Tricks Blogger-Blogspot mengatakan...

ow..ow..ow...ada beberapa hal yang baru saya tau. misalnya tentang anchor text dan link yang ditinggal dalam posting komentar. ada beberapa yang seperti itu di blog saya,dan memang sudah saya hapus..tapi saya baru tau efek jauhnya. thanks for the knowledge..

Kaos Couple Murah mengatakan...

iya, memang begitulah yang banyak terjadi. mungkin banyak yang belum mengerti jadi menggunakan hal itu. Semoga artikel ini bisa bikin org mengerti kode etik berkomentar. :)

jasa pembuatan website mengatakan...

makasih dah berbagi ilmu,ohh begitu y gan,tahanks y gan Ilmunya semoga bermanffat tuk org lain juga...

good luck gan

eit mengatakan...

Saya newbie nih..setelah baca artikel ini saya jd tau bagaimana seharusnya berkomentar yg baik dan benar dan bisa saling menguntungkan antar sesama blogger.. :)

web design jakarta mengatakan...

saya Newbie.....thanks infonya jadi saya bisa tau gmn cranya ber comentar n baik dan benar....
mudah2an bermanffat tuk yg lainnya jga amin..

evilteater mengatakan...

maaf, saya tidak setuju,, terutama menghakimi link pada badan komentar sebagai BLACK HAT SEO.
jujur saja itu mendeskripsikan sebuah blog dofollow yg tidak mau ambil resiko, cuma mau ambil enaknya saja.

kalau komen saya tidak enak boleh dihapus kok..

kita tahu... enaknya blog dofollow kan bisa mendapat page impresi tinggi, ujung2nya adsense, terus enaknya komentator bisa nitip link.

jadi blog dofollow dpt page impression dan komentator dpt backlink.

kalo tidak boleh ada link dibadan komentar, artinya ga fair donk buat komentator??

kalo link pada username kita semua tahu bos, itu ga efektif, ratusan komen ga pengaruh bener ma blog si komentator,
gak ada anchor text yg baik
gak ada refferal traffik
gak mungkin jd alexa link
gak menaikkan page rank

ujung2nya banyak blogger yg bakal tersesat dan menyerah, ini yg sangat tidak membangun blogger Indonesia

firdaus.a mengatakan...

@evilteater : Wah.. ini yang saya tunggu-tunggu, bagaimanapun bentuk komentar, selalu dihargai pastinya, asal dengan cara yang baik. Jadi..
1. Saya tidak menghapus komentar anda (kan?). Enak tidak enak.. biasa saja. Kita sudah sama-sama tau dan Blogging sejak lama. Dan tentunya tidak usah khawatir soal itu.
2. Sebagai informasi saja, boleh saja anda tidak setuju, silahkan. Yang pasti ITULAH Black SEO, silahkan anda rujuk dari manapun.
3. Soal DO-FOLLOW, saya bisa pastikan anda punya definisi sendiri, yang justru tidak mau memahami dulu apa maksudnya (terutama untuk platform BLOGSPOT). Saya sudah panjang lebar jelaskan itu di salah satu posting blog saya (saya tidak perlu tunjukkan ada dimana, anda sudah cukup pintar sepertinya), baca dulu, tulisan itu saya buat atas dasar referensi yang banyak, bukan asal tulis. Ok, skali lagi, BACA DULU, saya yakim 1-2 jam tidak cukup untuk mengerti. Bahkan Tahun 2009, sudah pernah dilakukan pembicaraan antar blogger DOFOLLOW untuk soal ini... APA ANDA ADA DISITU?!..
4."kalo tidak boleh ada link dibadan komentar, artinya ga fair donk buat komentator??" .. Saya ingatkan saja, pernyataan ini malah menunjukkan bahwa anda 'memanfaatkan' Blog-blog DOFOLLOW untuk SEO, yang sebenarnya hanyalah bagian kecil dari usaha SEO. Tidak percaya, Masuklah WORDPRESS, beri komentar dengan link di badan komentar. Lakukanlah terus menerus, AKISMET akan mengenal anda sebagai SPAM!. Justru di blog-blog DoFollow lah mereka yang berkomentar dengan memberi Link di badan komentar TIDAK DIANGGAP SEBAGAI SPAM, bukankah itu masih beruntung?!
5 :"gak ada anchor text yg baik,gak ada refferal traffik, gak mungkin jd alexa link, gak menaikkan page rank".. Nah lagi-lagi ini menunjukkan hal yang sama. Untuk anda pribadi, saya sarankan untuk baca dulu definisi yang sepatutnya, mengapa? karena yang anda sebut itu, tidak ada satupun yang benar (yang benar, dari username, sudah ADA achor link balik, refferal, impression dan pendukung SEO lain-lain), maka.. lagi2 saya ingatkan BACA DULU BRUR!! Penjelasan mengenai bagaimana saya menata anchor-link untuk membuat Blog Do-Follow. Saya hanya mengingatkan bahwa definisi-definisi yang saya berikan, juga bukan atas dasar kemarahan, atau kejengkelan semata Tapi atas dasar referensi yang jelas. Terlebih, justru saya ingin membangun mental blogging yang baik. Semoga anda paham maksud saya, Saya lihat di profil anda, anda juga sudah cukup lama blogging, seharusnya anda memahami hal ini. Terima kasih banyak komentarnya. Sangat menyegarkan. Keep Blogging.

@All: Terimakasih banyak. Be a goodcommentator. How?.. READ IT first, and then FEED IT BACK, whatever you feel. We'll always appreciate it. :)

obat herbal keputihan mengatakan...

saya setuju gan, tapi saya juga sadar gan kalo saya belum bisa ngasih komentar yang berkualitas,,

Garden Corner mengatakan...

nahhh, seru tuh diskusi yang diatas antara penulis dan komentator...
saya akui bahwa penjelasan dari tulisan diatas sangat mencerminkan perilaku blogger saat ini...
saya menghargai sikap penulis yang menggunakan referensi2 dalam penjelasannya.
itu menunjukkan keseriusannya dalam menulis...
kalo soal link didalam body comment, waduhhhh, dimana2 juga itu melanggar kode etik dalam dunia blogger kayaknya deh...
:D

xamthone plus mengatakan...

Newbie gan.. setelah baca artikel ini saya jd tau bagaimana seharusnya berkomentar yg baik dan benar
thx...

Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan mengatakan...

waah, info bagus gan sekarang ane paham dah tuh arti2 istilah itu,...
awalnya paham cuman setengah2 doang,
thanks gan .
semoga sukses.

Snmptn mengatakan...

Tulisan Anda memberi kekuatan kepada saya untuk mengungkapkan perasaan yang selama ini tidak diungkapkan. Aktivitas komentar seperti ini khan cape sebenarnya, kadang sehari hanya 1 komen terus malas lagi. Tapi kita kadang merasa iri oleh orang2 yang sekedar say halo apalagi sebagai spam sejati yang begitu mudahnya memperoleh links. Saya setuju saja dengan kebijakan Mas, Trims!

media update mengatakan...

wah contoh spamerbanyak sekali nich baik yang sejati maupun yang hijau daun...thank informasinya gan semoga menambah wawasan saya untuk berkomentar pada blog yang lain juga

jasa pembuatan website mengatakan...

klu misalkan kita berkomentar: thanks for info nya,salam kenal n good luck always gan,tuh di anggap spam gak gan???

maklum Newbie

asuransioke mengatakan...

artikel bagus mas, jadi makin tahu tentang spammer

hermawan mengatakan...

info yang sangat bermanfaat gan,, terimakasih sudah mau berbagi

Aqiqah di jakarta mengatakan...

hehe jadi malu neh..:)ya namanya usaha..
membuat komentar bermutu mmeang membuatuhkan waktu dan pikiran.
klo sekedar nice info duang mang gampang dan cepat.
intinya: tulisannya nonjok nih..tapi spertinyua susah di praktekan.lah wong ada sering kali buat koment ga di baca artikelnya..ujug..nice info aja:D
sep deh..keep posting y

obat TBC mengatakan...

saya bukan sepamer tapi saya cuman belum bisa ngasih komentar yang berkualitas saja, makasih atas infonya

harga jual blackberry iphone laptop murah mengatakan...

hahaha... screeshoot yg di atas tu benar2 parah nyepamnya ya,, :D

DIL'S BLOG mengatakan...

wkkwkwk... setuju ma komentar di atas.., namanya juga usaha..

bali web design mengatakan...

mantap nih

Fikrisu mengatakan...

Nice article...Sangat inspiratif and helpfull,,,,good luck and salam kenal yach sob...by http://fikrisu.blogspot.com/

SEO and Webmaster Corner mengatakan...

wowww...cool...
ini nih yang harus digalakkan...
tentang spamming comment..
terus terang, banyak sekali diantara kita yang masih sering one liner comment...
huhuhu..

Artikel Teknologi mengatakan...

Good info. Terkadang komentar spam yang hanya berisi "thanks, dan sejenisnya" masih bisa dimaklumi jika yang memberi komentar adalah blogger pemula, namun terkadang ada blogger yang sudah lumayan lama ngeblog tapi menggunakan komentar spam maka sudah layak komentarnya di filter atau delete. Saat ini blogspot sepertinya sudah menyediakan fasilitas filter spam comment ,berdasarkan ada beberapa blogger yang terindikasi suka nyepam setelah di tandai sebagai spam maka otomatis akan di filter oleh blogspot dan komentarnya tidak bakalan muncul2 lagi.

obat diabetes mengatakan...

iya tuh bener juga kita sebagai sesama blog jangan saling spam

team arsitek indonesia mengatakan...

wah mantaps...tuh artikel, memang g seru tuh ttg spammer....but itu lah realita nya...ada yg baik...ada yang buruk....salam kenal..

arsavin666 mengatakan...

Itu semua realita yang terjadi saat ini,tidak bisa dipukiri lagi kejadian seperti ini
Pada dasar'a tergantung setiap individu manusia'a,itulah yang menentukan semua'a

tas murah mengatakan...

wah sekarang sudah agak tau perbedaan white hat dan black hat...tk gan

Jasa Penerjemah mengatakan...

ane setuju sama pembahasan ini,.. kalo menurut ane siyy selama tidak meresahkan atau tidak membuat sara, kita kan bisa memoderasi suatu komentar di blog kita, kalau memang itu sesuatu yang tidak baik, maka kita berhak untuk menghapus komentar tersebut.
Salam

Lowongan Kerja CPNS mengatakan...

spam comment memang sangat menyebalkan, SEO itu bukan hanya cari Backlink dengan spam comment. Thanks atas infonya bos, keep sharing!

grosir pakaian Murah mengatakan...

Happy blogging teman teman

jual batiK solo mengatakan...

Kunjungan sore hari

jual batiK solo mengatakan...

Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

baju Muslim mengatakan...

Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

grosir busana muslIm mengatakan...

Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

baju muslim Anak mengatakan...

keep blogging

peluang bisnis Kecil mengatakan...

Keep blogging, smuga berguna ilmunya

Celoteh Galang mengatakan...

artikel yang sangat membantu saya yang masih newbie...

kolom lyrics mengatakan...

nice infonya,,sob
sangat membantu...

obat herbal kanker usus mengatakan...

siip deh,,sekarang lebih tau tentang spamer,,makanya kita harus berkomentar yang berhubungan dengan tulisannya,,jangan asal spam aza,,moga bermanfaat buat smuanya,,

obat tradisional jerawat mengatakan...

tapi banyak juga orang yang cuma nice info dll,,mungkin mereka kehabisan ide buat berkomentar,,,trus gimana dong,,???mereka berkunjung ke blog kita juga udah menjalin silaturahmi,,jadi kita juga harus hargai komentar mereka,mau apapun isinya,,,

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

moga dengan info nya,,orang bisa lebih kreativ lagi buat berkomentar,,makasih banyak sukses slalu,

kaos mengatakan...

Infonya sip nih.. baru belajar SEO.. jd hrs bnyak info yang positif. :D

Mutiara Pembelajar mengatakan...

salam komentar!

Ayub Adiputra mengatakan...

Kalau saya sih mendingan nggak usah komentar asal njeplak "NICE INFO, Postingan menarik, dan komentar alakadar yang lain." Saya memang masih nyubi, tapi toh saya blogwalking dengan tujuan yang lain, cari kawan dan cari teman diskusi. Untuk masalah backlink, pagerank dan SERP saya anggap sebagai hadiah dari Om Google. Dikasih sukur enggak ya nggak masalah.

Jujur saja kalau ada komentar yang masuk dengan bahasan artikel akan sangat menyenangkan dan membuat saya bangga. Paling tidak ada orang lain yang berusaha menghargai artikel saya. Jadi makin semangat nulis. Blog saya juga masih sepi, bahkan kadang nggak ada komentar. Tapi it's okay daripada kebanyakan koment alakadar dan bertujuan nyepam berbagai tempat....hehe...

Kalau masalah black hat seo belum berani nanggapi karena koridor saya bukan ilmu blogging...hehe...

Traveling Tips mengatakan...

yah, seenggaknya baca dulu donk artikel ato tulisannya...trus berkomentarlah sesuai artikel dan tulisannya itu....

undangan eksklusif mengatakan...

kerennn..

blog dofollowb mengatakan...

sangat menarik mas artikel seonya . ..

arsavin666 mengatakan...

tuh mah cara2 kagak bener gan :(

how to install appserv mengatakan...

ternyata ada juga blogger yang sempat perhatikan hal seperti tu. ckckckck.........

Online Health Center mengatakan...

beberapa bloggerada yang seolah2 menghalalkan segala cara utuk membangun back link...
bahkan ada yang sangat agresif..

sewa mobil di surabaya mengatakan...

nice info

jasa penerjemah mengatakan...

duh ane jadi agak ngeri gan,, ini sekedar info: biasanya ane comment sampai tiga kali. untuk 3 url atau minimal 2, dan commentnya pun tidak asal karena setiap comment pasti dan pasti ane baca artikelnya. jadi gimana ne dianggap spam ga? mohon petnjuk bagi yang nubi dan awam ini. terimakasih

penerjemah tersumpah mengatakan...

contoh nya ke gini gan ane selalu membawa rombongan yang berisi 3 orang. tapi comment pun berkaitan. ada yang lebih parah tapi ga dihapus gimana? conth di atas ku ko cuma commetn "nice info" hehe maaf ya,,, mohon maklum.

jasa penerjemah tersumpah mengatakan...

ni rombongan ane yang terakhir.. semoga tidak dianggap spam. karena tujuan ane baik, selain mendongkrak web ane, juga jalan jalan untuk cari artikel. dan yang biasa saya temui artikel rata2 soal seo, eletronik dll. jadi boleh dong kalau untuk tujuan yang baik? hehe makasih ya

Survey Online mengatakan...

saya juga sering nyepam ternyata...

bali web design mengatakan...

jadi 50:50 nih gan....

teh mahkota dewa mengatakan...

kayaknya aku bukan termasuk yang spamer deh, apalagi pakai script segala buat komen, lebih baik yang genle aja deh kasih komen yang berhubungan dengan topik. Banyak cara menuju yang terbaik di mata google dengan tidak pakai cara-cara curang

ciput mengatakan...

Pendapat saya :
Pelik juga ternyata. Kalau saya sendiri, menyingkapi masalah ini, tentu saya kembalikan kepada tujuan saya ngeblog. Kesukaan menulis, menuangkan ide, menjalin pertemanan, mencari traffic, ingin blog dikenal, takut blognya tidak dianggap oleh google, sehingga trafik turun. What ever lah. Kalau saya ngeblog untuk mengeluarkan unek-unek pikiran, dan saya paling suka "bersilaturahmi" ke blog teman-teman. Saya yakin kalau tulisan bagus sebanding dengan trafik diblog kita. Jika teman saya datang ketempat saya dan memberikan pesan singkat, tentu saja saya tidak masalah.

Terima kasih pencerahannya tentang spam, saya seperti membaca tulisan blogger paling senior.

tissa mengatakan...

terima kasih atas infonya. jadi blogger susah susah gampang,,semangat ya semua temaan2.. =D

Fajar mengatakan...

Hati2 dengan spam..!!

obat nyeri haid mengatakan...

terima kasih buat infonya, semoga komentar saya tidak terasuk sepam aminnn

cleverspider55 a.k.a alam1cinta mengatakan...

minta maaf lebih dulu gan.
Pertama sekali memang aku masih baru lagi kat dunia ngeblog ni.
Postingan gan tentang newbie(aku betul2 msh newbie)buat aku buka hati,rupanya banyak lagi aku kena belajar.Aku sebenarnya tak tahu apa2..tentang

eve mengatakan...

terimakasih infonya, gak berniat jadi spammer, banyak silahturahmi banyak rizki..

bali web design mengatakan...

ga baik jadi spammer, lebih baik dengan cara yang sopan!

Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood mengatakan...

Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood
Kalau link yang tinggalkan seperti diatas, masih dianggap sebagai Black Hat SEO nggak ?
Maaf...!! Link diatas cuma untuk contoh saja...

urinary tract infection mengatakan...

saya pernah mengalami hal yang lebih parah semua komentnya berisi link link yang lebih dari 10 biji. tanpa pikir panjang langsung saya delete

webpages mengatakan...

Black Hat jalan cepet menuju duit,White jalan lambat menuju kelaparan
Menurut ane

Budaya Berbagi KBW 20 mengatakan...

terimakasih atas infonya gan, ohya ijin komentar gan

Ma'lum masih pemula

Muhammad Risman mengatakan...

salam blogger...mohon arahannya.... saya seroang newbie... follow balik yagh saya sudah follow blognya.... kunjungi juga yagh bl;og saya riz-ved.blogspot.com

O-HERBAL mengatakan...

buat komentator < gkgkgkgk komentator bola kwali...>, seenggaknya baca dulu donk artikel ato tulisannya...trus berkomentarlah sesuai artikel dan tulisannya itu BETUL ga gan...????

obat alami batu ginjal mengatakan...

semoga saja aku tidak termasuk spamer , makasih banyak buat infonya, salam kenal aja gan

iwankiddy mengatakan...

spam ma newbie mank gag jauh beda tapi mau gmna lagi awal nya mank nyepam tapi nant gag lagi tp nerima spam malah ...ckckkckc

nircable mengatakan...

spammer, dan black hat SEO memang sangat merugikan Blog. Tapi kalau untuk Newbie bisa dibantu kali ya..........?

obat herbal ginjal mengatakan...

aku bukan spammer hanya ingin bersialaturahmi dan berkunjung ke blognya sobat,,maaf klo komentarnya kurang menjurus ke poo permasalahan,,,,salam sejahtera,,

obat tradisional diabetes mengatakan...

maaf apabila saya kurang sopan dalam berkomentar,,moga sobat sukses slalu,,

pidato bahasa inggris mengatakan...

ahhhh gitu ya,,, jadi merasa bersalah,,, heheh
Pidato Bahasa Inggris

obat tradisional glukoma mengatakan...

saya bukan bermaksud spamer,,hanya ingin menjalin persahabatan saja,,makasih moga sukses slalu,,

obat tradisional mioma mengatakan...

jadi tau nih komentar spam yang jelas,,biar ke depannya bisa lbih teliti lagi,,

XAMthone plus mengatakan...

terima kasih banyak informasinya, semoga jejak saya di sini tidak di anggap spam

Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood mengatakan...

saya ga nyepam nih cuma titip anchor tex buat kontes biar posisinya bagus.he.he sukur2 dapet dukungan.,Amin

XAMthone plus mengatakan...

mas saya gak nyepam cuman tadi aku mampir ke sini terus baca2 artikel ini, setelah itu saya menunda jejak di sini supaya tau bahwa aku sudah mampir ke sini hehehe

Mutiara Pembelajar | Belajar | Ilmu pengetahuan mengatakan...

info yang patut saya praktekkan...terimakasih info spam nya...komentar yang sehat dambaan SEO

acepsuherman mengatakan...

saya bukan spamer gan , hohoh yang komentar begini spam mah ,,
nice blog, nah itu

obat luka diabetes mengatakan...

maaf jika komentar saya kurang berkenan dihati yang jelas saya bukan spammer,,makasih banyak ,,

yopie mengatakan...

itu tow gan yang namanya spam, duh baru tahu ane, cos ane masi baru gan di dunia blog, baru 1 bulanan, meskipun uda punya blog sejak 2 tahun yang lalu tapi baru aktif sekarang, heheheh makasi gan

yeremia mengatakan...

Bertamu ke rumah orang harus sopan. Sama seperti datang ke blog orang harus teratur dan beretika. salam sukses,mas bro

Perpustakaan Online mengatakan...

salam kenal semuanya mampir buat sahabat blogger, mohon kritik dan sarannya soalnya baru bergabung dengan blogger mania. saya tunggu kehadirannya.

aridone mengatakan...

trims atas infonya

mari berkomunitas blog mengatakan...

thanks gan atas penjelasannya....

akhirnya ane tau bedanya newbie, blackhat hhhmmm thanks banget gan

ade sunandar mengatakan...

maaf mas bukannya saya tidak bisa memberi komentar yang tidak bermutu. Kalau melihat postingannya seperti ini, ini lebih sadis lagi daripada orang yg kasih komentar spam, ya sama-sama pengertiannya

Berbagi Pengetahuan mengatakan...

hargailah komentar walaupun komentar itu hanyalah berupa tulisan 'nice post' ataupun 'makasih buat infonya'. karena bagaimanapun komentator merupakan orang yg telah mengunjungi blog kita, dan apa daya sebuah blog kalaupun blog itu sendiri sepi pengunjung?
selama komentator tidak menghina ataupun berbau pornografi ataupun sara, hargailah. kita ingin dihargai, maka kita juga harus menghargainya.
terkecuali isi komentar berkali-kali dengan URL yg sama, dan isi komentar tersebut berkali-kali. sangat wajar apabila kita mengunjungi sebuah blog dan merasa ingin dikunjungi balik oleh blog yg kita beri komentar. dan hal ini tentunya pasti pernah dialami oleh semua blogger pada umunya. entah blogger pemula ataupun sudah lanjut. dan sadari diri ketika pertama kali kita memulai blogging seperti apa yang kita lakukan.
keep blogging......

Share With Irfan mengatakan...

Wah kejam juga nih !! Tapi ada benarnya juga apa yang dijelaskan diatas, kebiasaan spammer adalah "aji mumpung"..! Sudah pasti bakal dapat backlink gratis dengan ngasih komen bagus, eh masih kurang puas juga. Ibarat kata "sudah dikasih tulang minta daging".

Belajar | hiburan | artikel | tips and trick mengatakan...

ow...
aku baru tahu...
biasanya aku komentar tuh masih pakai link lagi dibadan komentar...
ternyata itu dianggap spam...

baru tau juga tentang aturan komen apalgi blog dofollow,, ditambah yang black-black tu tambah pusing..
emang artinya saya perlu lebih banyak belajar lagi sbg blogger pemula...

starblog mengatakan...

sebelumnya saya minta maaf sob. saya disini nyari backlink buat blog saya, supaya masuk di SERP, tapi saya sudah membaca artikel sobat sampai tuntas, dulu diblog saya juga ada yg nyepam, saya bingung mau berkomentar apa, tapi kalau sobat mengijinkan saya ninggalin link diblog sobat yg dofollow+ber-pr ni saya ucapkan terimakasih. kalau sobat keberatan monggo komentar ini dihapus saja. :-D

semua ada mengatakan...

yang pasti saya hapus yang span sejati mas, langsung saya hapus , kalau untuk ngasih link dan sama dengan topik yang dibahas saya perbolehkan , kalau cuma bilang nice post dan sejenis nya ada yang saya hapus tapi ada juga yang saya perbolehkan, hehe

Sunu mengatakan...

oh... jadi ada juga tho black seo, aku belajar terus biar tahu caranya naikkin pagerank, eh ternyata ada juga GOBLOGGER yang pake cara instant yah? sabar aja mas, orang sabar disayang Allah. hehhe....

Semoga blog ini tambah maju seperti blog saya ya mas. Happy Blogging ^_^

dian mengatakan...

yang jelas ane gag suka yang namanya spammer yang mengendap endap kaya tikus di sawah,,,kalau koment harus yang berkualitas supaya jelas makna dan ulasannya..mantap gan postingnya

mis-sidamulya mengatakan...

salahsatu resiko blog dofollow emang seperti itu.. harus siap ngurus spam yang masuk.. namun sebagai komentartor seharusnya kita tidak menjadi spammer untuk menjaga link-link berada pada blog dofollow tetap berkualitas, sehingga akan terjadi hubungan simbiosis mutualisme antara pemilik blog dengan kita sebagai komentator... salam kenal sobat. mampir ke blog q yah..

Yahyagan mengatakan...

jadi bagaimana ya cara terbaik untuk menigkatkan external link? saya kira dengan membuat anchor link pada komentar akan memberikan external link, ternyata sia sia ya mas?

Janitorial mengatakan...

Sebenernya simple Gan...kalo ada yg komentar nyepam ya hapus saja....Ya ane tau intinya cuman nyari backlink...cuman berdasarkan algoritma Google yg baru...backlink dah ga begitu penting...konten original, bermanfaat buat pembaca yg dicari oleh Google....user oriented gitu laaah...

Cupcake Coklat mengatakan...

saya selalu jadi nubi.. msih belajar terus .. yah melihat kondisi sekarang ini, semuanya jadi sadis .. gugel sadis, bloggernya juga sadis.. optimis saja .. menurut nubi yang satu ini .. "seo yang baik yang bisa buat blog terbang tinggi tanpa rasa was-was di pentung gugel"

apa ada yang mau tukar link dengan blog nubi ini ?
Pesimis = true ;

mebel jepara mengatakan...

wah...perdebatan yg seru...
intinya jagn nuduh dengan mudah SPAM atas tindakan seorang blogger yg mungkin salah dimata kita kemudian dengan serta merta mengklaim itu SPAM karena akibat sangat buruk bagi kawan kita di mata serp. jadi perlu bijaksana dalam menilik kasus.
trims.
salam sukses semua.

master of love mengatakan...

SPAM dimana2 ada, tapi emnding kalo pake blogspot, coba kalo pake WP tanpa akismet, komen SPAMnya tiap menit ada

cerita silat mengatakan...

owh jadi definisi nya kayak gitu ya.
ehm jadi tambah pinter neh saya.. heheheh

andipandora mengatakan...

semua itu butuh proses dan waktu untuk menjadi blogger yang baik..

software akuntansi mengatakan...

iya saya juga sering kesel orang yang tinggal link2 di komentarnya... padahal di namanya saja sudah cukup. Terima kasih udah kasih tau para commenter yang lain untuk menghindari sikap seperti itu!

autism life mengatakan...

Spam adalah musuh google... percuma kalian nyepam dimana-mana dalam waktu yg singkat blog kalian akan disikat si PANDA google. jadi berkomentarlah sesuai artikel yg ada. jgn cm bilang... nice info... info yang menarik. google jg bosen ngeliat kata-kata tersebut berulang-ulang ya akan dianggap spam juga.

Sumber Berita Cerita Inspirasi Motivasi Dunia mengatakan...

ada pengalaman sama spammer, dia komennya baik banget, nasihatin blog saya.. bodohnya saya buat warna link di komentar sama dengan warna tulisan.. pertamanya saya biarin, tapi kayaknya kalimatnya maksa.. eh ternyata dia nyelipin sampe 5 link di komennya, makanya katanya jadi maksa soalnya itu anchor blognya dia -___-
maaf curhat mas :D

Kerudung cantik Rizhani mengatakan...

iya, soal black SEO kadang suka nyebelin sih.mereka suka ninggalin komen tanpa dibaca dulu artikelnya, sama sekali ga memberikan apresiasi sama artikel yang sudah susah payah kita buat..

parodi kita mengatakan...

makasih info nya, kebetulan saya masih belajar, buat nambah-nambah pengetahuan
salam
sukses selalu

Hendsoe Loebis mengatakan...

Menanggapi kerugian yang diterima kedua belah pihak pada pemasalan live link atau achor link pada bada komentar.

Kerugian bagi pengunjung
1. terdeteksi sebagai spammer yang hanya memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan
2. alih2 dapat backlink dari sini, komentar malah akan dihapus, so backlink yang didapatkan = 0

Kerugian bagi pemilik blog.
Brokken link pada blog akan sangat banyak apalagi ketika memang alamat web yang di masukkan si komentator pada badan komentar tersebut sudah tidak ada lagi/dihapus oleh si empunya blog

sekian dari saya, anda waktu luang berkunjung ya :)
http://hendsoe.blogspot.com

menulis alamat web seperti diatas bukan masuk kategori spam kan ? klo iya, satu kata saja ---- sorryyyyyyy bro

Sakahayang Kang Asep mengatakan...

Sama dengan saya sob,
begitu ada link hidup dalam komentar, nggak ada ampun langsung kuhapus tanpa kompromi

Nah kalo yg commentnya cuma nice post gan dan sejenisnya, langsung saya sambangi blognya dan berkommentar balik ,,,, "mas baca dulu dong kalo mau komentar ".... dengan demikian ada sedikit pembelajaran bagi dia,,,

wilujeng ngeblog

Alifmuku's Camp mengatakan...

Mas Firdaus ni memang bener punya sikap..Salute 4 U deh..! Blog yang berisi postingan kaya gini nih yang sedikit banyaknya ngedidik para newbie seperti gw...

arie5758 mengatakan...

Saya selalu mencari² informasi antara blog dofollow dan nofollow, termasuk juga masalah komentarnya. Maklum saya ini awam tentang ilmu blogging yg mendetail, karena ng-blog juga utk mengusir kepenatan di saat rehat menulis.

Ulasan masbro cukup detail, masalah komentar. Hanya yg saya masih bingungkan... saya sering komen di blog nofollow, tetapi mengapa masih terindex sbg linkin di alexa. Mohon pencerahan masbro, jika sempat.. :)

Rakia - buah hati Jovie mengatakan...

Mantap sob, makasih infonya..kunjungi blog saya yah...xxixixi...

*** akh takut di anggap spammer mau koment akh ***

makasih penjelasannya, lama gk muncul sekali menulis selalu padat berisi, sambil kasih ASI ke Dedek baca ulang berkali2, ternyta gitu yah....
kalo aku malah semua yang kasih koment pake ID Keyword aku masukkan ke spam, terus yang gak nyambung and cuma koment >> nice infonya, thanks << juga masuk ke spam, yang koment dan naruh link di badan komentar juga aku masukkan ke spam, duh kejam banget yah..

oh ya aku mau tanya nih sob, kalo yang koment pake ID keyword and naruh linknya langsung ke post misal http://blablablabla.com/pjkjkhhh-hkjkjlj.html. Itu gimana?, kalo aku lihat kayak gitu langsung masuk ke spam apalagi ditambah komentnya gak nyambung....

Ya udah gitu aja yah...thanks banget....aku lagi baca2 lagi ttg Do follow soalnya dah lama gk ngeblog and lupa semua

Kucoba.com Tempat Add Bookmark mengatakan...

Terkadang memang para komentator salah dalam menerapkan Black hat dan white hat dalam mengoptimalkan blognya tanpa memperhatikan lagi kaidah2 dalam hal yg seharusnya dilakukan pada saat berkomentar di blog orang lain. Entah itu disengaja atau tidak.

Arimurti mengatakan...

terimakasih mas atas pencerahannya, walaupun saya sedikit bingung, (maklum newbie) tetapi semuanya balik kediri kita masing2,,mau melakukan yg baik atau yang buruk semua itu pasti ada resikonya tinggal dari kita aja yg mau memilih yg mana..kalau saya sihh pake teknik(cara) yg relevan, dan tentunya tak menggunakan black hat seo

Magazineticker mengatakan...

mas bro,,,sebelumnya saya minta maaf yg sebesar-besarnya,,,soalnya saya jadi takut kalau komentar saya ini dianggap spam oleh mas bro. maklum saya masih newbie di dunia maya ini. saya cuman mau ngucapin terima kasih kepada mas bro,,,soalnya saya baru pertama kali ini tahu ternyata ada bermacam-macam kategori spam,,,sekali lagi saya berterima kasih sekali pada mas bro. salam persahabatan selalu

Update Bola mengatakan...

baru kali ini saya menemukan blog yang memberikan penjabaran / definisi Newbie, SPAM, Black SEO dengan jelas dan bisa di mengerti... mudah-mudahan blog ini sering memberikan artikel2 bermutu yang bisa bermanfaat bagi newbie seperti saya....

habib ismail mengatakan...

saya juga lagi bimbang banget nih mas, soalnya habis baca2 dari mbah gugel..|kebimbangan pertama | ada yg bilang kalo blog baru alias blog muda, terlalu banyak link hidup yg keluar maka efeknya kurang bagus ke blog yang baru dan banyak link keluar tersebut..padahal jelas2 blog saya masih baru banget |kebimbangan kedua| katanya blog yang ada live link dofollow pada tiap artikelnya, maka akan susah bersaing di serp mas..bener nggak sih ? padahal kan saya punya blog yg kontennya comot sana comot sini gitu, tp nggak asal copas juga sih, saya kasih juga brand blog saya di tiap artikel ( brandnya ya nama blog saya hehe) dan kadang2 saya edit2 juga mas hehe..dan saat2 sekarang ini saya baru berusaha merubah link sumber yg dofollow ke nofollow mas katanya sih biar lbh baik di SERP mbah google ... NB : maaf banyak curhat mas, soalnya nubitol pake banget nih :) blog saya aliran nofollow mas kayaknya hehe..serpetinya nggak bakalan berminat merubah ke dofollow deh hehe..tp nggak tahu kedepannya berubah fikiran apa enggak hehe. Salam kenal All :)

seta mengatakan...

Sebenernya simple Gan...kalo ada yg komentar nyepam ya hapus saja....Ya ane tau intinya cuman nyari backlink...cuman berdasarkan algoritma Google yg baru...backlink dah ga begitu penting...konten original, bermanfaat buat pembaca yg dicari oleh Google..

tapi emang salahsatu resiko blog dofollow emang seperti itu.. harus siap ngurus spam yang masuk.. namun sebagai komentartor seharusnya kita tidak menjadi spammer untuk menjaga link-link berada pada blog dofollow tetap berkualitas,

Kumpulan Puisi Cinta mengatakan...

Artikelnya menarik sekali mas atau dek. Saya baru bikin Blog. Kata kebanyakan Blogger, cari backlink itu penting. Caranya yaitu berkomentar di Blog dofollow. Saya googling lalu terdampar ke blog firdaus. lalu berlangganan RSS-nya. Saya cari artikel yang menarik, lalu berkomentar seperti sekarang ini. Yang jadi persoalan, apakah komentar saya berbau SPAM atau tidak saya tidak tau. Mohon bimbingannya!!

MatteYang mengatakan...

mas saya programer baru dan baru belajar buat website, adapun website yang saya buat tertera pada url yang saya sertakan.

masalahnya sekarang yang mau saya tanyakan adalah apakah kalau saya comment di blog anda serta anda apporve akan sangat mempengaruhi page rank google web saya?
karna sekarang page rank google untuk web saya masih belum ada perkembangan walaupun sudah melewati masa 2 bulan.

dan saya berharap bantuan mas agar dapat membantu saya atau memberikan jalan keluar bagi saya sehingga saya dapat menaikan page rank website saya.

Terima kasih.

madjongke mengatakan...

Kalau saya mungkin masuk kategori pertama. Dan selain itu saya juga kurang setuju dengan komentar dari "evilteater", kenapa bisa begitu?. Karena yang namanya blog itu ibarat sebuah rumah (menurut saya). Jadi apapun yang terjadi kita punya kuasa tapi tetap menghargai tamu yang datang. Begitu juga dengan tamu, mereka juga harus tahu sopan santun dalam melakukan apapunyang bisa dilakukan di rumah kita. Itu saja, maaf jika salah.

cctv.aspect mengatakan...

Jujur saja, awal-awal saya nge-blog saat melakukan blogwalking ko rasanya ga yakin kalo link yang sudah saya buat pada anchor yang semestinya tidak akan ternedus oleh crawler search engine, jadinya ya itu nambahin link lagi. Itu dulu... setelah banyak baca dan blogwalking alhamdulillah tidak lagi. Tetap content is king, selalu mengutamakan content blog supaya dapat traffic yang bagus, dan jangan lupa niche-nya.
Keep bloging...!

zulham-9179 mengatakan...

blog dofollow,berarti sang empunya blog hidup penuh dengan kewaspadaan,dari beberapa mereka yang berblog dofollow imbauan seperti diatas sering dibahas oleh si empunya blog,itu berarti masalah ini adalah masalah yang cukup serius, moral seorang blogger yang baik adalah yang senantiasa melihat sesuatu itu untuk kebaikan semua orang,menurut aku sifat yang tidak puas dengan apa yang di dapat menjadikan seseorang menjadi seorang spammer,tidak puas dengan yang sudah diberikan,malah masih menambah sesuatu yang jelas akan dikategorikan spam,...
salam dariku....

kangjem mengatakan...

Wah kejam juga nih !! Tapi ada benarnya juga apa yang dijelaskan diatas, kebiasaan spammer adalah "aji mumpung"..! Sudah pasti bakal dapat backlink gratis dengan ngasih komen bagus, eh masih kurang puas juga. Ibarat kata "sudah dikasih tulang minta daging".

Icy Teru mengatakan...

ada yg lebih penting dari page rank. yaitu alexa rank. jadi daripada spamming utk cari page rank, mending tingkatkan kualitas web sendiri utk meningkatkan jumlah pengunjung.

Berita Sepakbola mengatakan...

Sebenaarnya masalah komentar yang seperti ini banyak menimpa blogger yang blog nya dofollow.

Sindiran atau bahkan di delete pun tidak mempan. Jadi persaingan SEO agak bertimpang pada komentar di blog dibanding membangun link yang sehat :)

nia febriyani mengatakan...

apa mungkin komentar span sperti itu bisa mendongkrak pagerank blog ?

kucermis mengatakan...

memang, spammer itu meresahkan juga ya mas

kucermis mengatakan...

sebagai blogger, gak boleh sembarangan tanam backlink ya bro,, selain dengan blogwalking apakah ada cara lain untuk mendapatkan backlink ?

mulyawan mengatakan...

betul itu gan

ozan mengatakan...

bagus tuh, biar gak bala di blog nya, apalagi pada seenaknya aja mau dapet backlink tapi malah spam

restu mengatakan...

terimakasih banyak untuk artikelnya,, cocok banget untuk pemula seperti saya yang mau belajar tentang seo,, saya belajar agar kalo komentar jangan cuma jadi spam, terimakasih pokoknya

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog