10 Kebohongan paling sering ditemui di Internet


Sudah sering kita jumpai di WEB. Penggunaan kata yang seringkali di 'anugerahi' makna yang 'sedikit' berbeda, dengan 'sedikit' proses manipulasi. Sejauh ini kitapun terkadang sadar bahwa pemilihan kata dalam berbahasa, ternyata semakin memburuk dari hari ke hari. Bahkan sudah banyak dijumpai di televisi lewat iklan-iklannya?. Entah mana yang lebih dulu memulai kebiasaan ini.

Kata-kata yang sedemikian mudah meluncur dari bibir penyedia layanan di internet, entah jasa atau barang sekalipun, sering "memelintir" kata atau istilah yang oleh kita -tentu saja, akan diartikan secara tekstual yaitu dengan arti kata yang memang sudah lazim kita pergunakan.

Ketika kita bicara value atau nilai, maka seharusnya, penggunaan sebuah kata harus memenuhi seluruh keadaan dalam pokok pembicaraan. Sebagai contoh kita mulai dengan meninjau kata "SEKOLAH GRATIS". Kata tersebut akan mencakup makna "SEKOLAH TANPA BIAYA ADMINISTRASI APAPUN SAMPAI KAPANPUN". Tapi pihak sekolah juga berhak memaknainya dengan "SEKOLAH TANPA BIAYA ADMINISTRASI APAPUN SAMPAI KAPANPUN ASALKAN BERPRESTASI". Syarat "ASALKAN BERPRESTASI" disini boleh dijadikan embel-embel, karena syarat tersebut berada diluar lingkup value/nilai tadi.

Berikut ini adalah tulisan seseorang mengenai kebohongan yang sering kita jumpai di internet yang saya terjemahkan dari posting aslinya di seo2.0.onreact.com :

Apakah pernah terfikir bahwa di WEB, seringkali sebuah kata tidak merujuk pada arti yang sudah kita kenal di kehidupan sehari-hari? Beberapa kosakata atau istilah malah seringkali tidak merefleksikan arti yang sebenarnya, tapi anehnya, kita masih saja belum percaya, jika belum mencoba (atau ‘terkena’ akibatnya).

Untuk membuat kita lebih melek-web [tidak terlalu canggung dengan web], berikut 10 daftar kebohongan paling sering kita temui di internet. Mungkin kata-kata ini kita temui tapi ternyata kita belum sadar. Tajamkan pandangan mata dan kencangkan sabuk pengaman :D Untuk memudahkan, sekaligus akan ditulis juga terjemahannya supaya kita tidak terlalu bingung apa sebenarnya yang dimaksud.
  1. Coming soon : Belum tahu kapan, mungkin tidak akan pernah terjadi.
  2. Free : Silahkan anda gunakan sekarang, dan akan kami buat anda membayarnya nanti disaat anda sudah sangat bergantung padanya.
  3. No strings attached : Kami tahu anda tidak mempercayai kami untuk sebuah alasan bagus.
  4. Copyright 2008 : Situs ini bisa jadi sudah tidak lagi di kelola hanya saja terdapat script-program yang terus meng-update angka tahun dibelakang kata ‘copyright’
  5. Interesting photos : Gambar curian. Hanya saja Kami tidak tahu apa yang membuat gambar itu begitu terkenal dimana-mana sampai-sampai disebut “interesting”.
  6. Make money online : Klik iklan kami dan kami akan mendapat keuntungan dari jaringan yang akan anda buat nanti.
  7. Privacy : Kami hanya menggunakan data anda untuk keperluan iklan saja, tapi jika nanti NSA, CIA, FBI, GOP, DIY menanyakannya pada kami atau suatu waktu sebuah perusahaan membelinya dari kami, maka akan kami berikan database pengguna kami.
  8. Click here : Kami tahu anda adalah orang bodoh yang tidak tahu bagaimana cara internet bekerja.
  9. Is now Open Source : Kami buat supaya orang lain bekerja untuk perusahaan ini tanpa upah tapi kemudian nanti akan kami hasilkan uang dengan menjualnya kembali.
  10. Social : Ini akan mengubah kehidupan sosial anda yang sesugguhnya menjadi permainan komputer virtual. [anda tentu tahu “The Sim*”]

#PS:
  • dengan tambahan beberapa kata dan istilah yang dirasa cukup mewakili terjemahan bahasa aslinya ke dalam bahasa Indonesia.
  • kata dalam "quote" (ditandai oleh garis biru di sebelah kiri) adalah terjemahan yang bisa Anda rujuk langsung di halaman aslinya. Selainnya, adalah tanggung jawab saya.

Oya.. Ini "surat ijin" translate bahasa dari yang punya.



19 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
semuasayangeko mengatakan...

mas.. taw gag caranya nyari alamat web dengan ip..
begini ceritanya.. saya menemukan sebuah ip yg sedang di bowse oleh tetangga niyhh.. nah pengen tahu itu ip ke web apa gtu.. kalo taw kasiy taw.. kalo gag taw cari taw...

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

ga tau.... :)

tapi mungkin, ini bisa. dicoba dulu mas, kalau gak ketemu juga, kita cari lagi.

[remote.12dt.com/lookup.php], [www.domaintools.com/reverse-ip/], [www.ipchecking.com/], [www.mse.co.jp/ip_domain/index_e.shtml], [www.netchain.com/whois/].

semuasayangeko mengatakan...

bisa bisa.. pinter juga kamu ya...
hehehehe.. anak2 fisika mah pinter pinter ya...

semuasayangeko mengatakan...

btw ijin translatenya itu pamer ya... sombong baru bisa bahasa inggris segitu ajah.. coba kamu translatetin buku BOAS baru boleh pamer.. hehehehee

Gun mengatakan...

Bagus juga nih "10 kebohongan di internet" kok bisa2nya kamu melayang sampai ke sana??

Btw, Kamu jujur banget yah Sob..sampai minta izin 2x sama si Pemilik, padahal gw never minta ijin kalo translate karena mgkn mereka jg akan m'jwb sprt yang "onreact" jawab yang penting kita ngasih backlink...(jadi malu nih, perlu dtiru juga kejujuranmu)

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@JoVie : He..he.. orang desa Jov saya.. mau apa-apa sungkan kayanya.. :)

Syamsul Alam mengatakan...

Hari ini saya di rekomendasikan sama mbak Jovie untuk kesini.... betul kata mbak Jovie, saya nggak pernah masuk ke blog yang sepuitis ini... Saya terkesan dengan anda dan cara anda berbicara...

Semoga kita bisa menjadi teman baik, mas Firdaus... Salam Kenal...

Anonim mengatakan...

bos..passwoed email gw dijebol org dkt...jd dia tahu isis email gw...
sewot gak tuh...apa ada cara protect our email....
sory...melenceng dr topik....namanya jg usaha...

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@Syamsul Alam : Waduh mas.. puitis ala saya aja ini mah.. he..he.. bisa jadi bukan puitis yang sebenarnya.. salam kenal ..

@Anonim : Cara terbaik menjaga password adalah.. menjaganya bro... maksudnya, gunakan password yang kuat (gabungan huruf, angka, simbol).. Kalu sudah terbobol, mungkin kita hanya bisa menyesal.. kalu passwordnya masih sama, dan masih bisa diakses, lebih baik sekarang diganti langsung bro... dan simpan baik-baik.. OK. Maaf jika kurang mendetail.. Mungkin kalau PM kita bisa bicara lebih banyak..

Anonim mengatakan...

Kamu pinter kok nggak dari dulu.

Anonim mengatakan...

wah,,,ada2 aja,, postingannya unik,,

Anonim mengatakan...

identitas pengguna internet banyak yg palsu juga yak xixii

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

Sayangnya.. ini semakin benar-benar terjadi.

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 mengatakan...

yah gimana lagi..namanya aja dunia maya.. orang diberi kebebasan penuh bro..

Blogger Indramayu mengatakan...

Makasih infonya...

Secarik Kertas mengatakan...

makasih mas.. infonya. salut aku ama mas firdaus, blognya keren...

padahal pake blogspot. hehee.. wis mesti apal html ngisor duwur... ekekek

kerja keras adalah energi kita mengatakan...

y emang bahaya nih cz kita kan g ketemu orangnya

rams mengatakan...

bener kang, aq sering tertipu. tapi aq ambil hikmahnya. dapat ilmu walau sedikit. sekarang aq lebih selektif.

NusaTV.com - Live Streaming TV Online mengatakan...

tapi bener juga sob, jujur tapi menipu

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog