The Truman Show : Masih Ingat ?


Sedikit saja saya kutipkan dialog di salah satu scene-nya.

Sylvia : "Look at what you've done to him!"
Christof : "I have given Truman the chance to lead a normal life. The world, the place you live in, is the sick place."


Masih Ingat? Jika sudah ingat, lewatkan satu paragraf ini. The Truman Show, singkatnya, bercerita tentang sebuah dunia hypothesis (asumsi sebelum adanya bukti) yang bernama "Seahaven". Dimana seluruh isi kota adalah aktor untuk sebuah acara televisi yang ditayangkan langsung (live). Semuanya aktor, kecuali Truman Burbank itu sendiri. Truman adalah satu-satunya yang tidak pernah tahu bahwa dia hidup di dalam kehidupan nyata yang diciptakan untuk kepentingan hiburan bagi orang "diluar" Seaheaven. Semuanya, keluarga, pertemanan, asmara, pekerjaan. Semuanya adalah sebuah "naskah" pertunjukkan. Bahkan makanan dan minuman Truman, adalah kepentingan iklan.

Film yang diputar 10 tahun lalu ini (1998), tak pernah terlupa (setidaknya sulit) oleh saya. Ternyata (setelah baca sana-sini, dan usia juga bertambah, sehingga semakin mengerti). Semakin lalu, semakin mirip apa yang pernah terjadi pada Truman, dengan apa yang sekarang JUGA sudah terjadi. Kita mengenalnya dengan istilah yang dengan sangat bangga televisi kita mengajarkan. "Reality Show". THAT is where Truman's life!. 10 Tahun yang lalu, Truman sudah mengingatkan.

Dan ucapan Cristof diatas adalah ucapan yang mungkin hanya ada di Film.

22 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Anonim mengatakan...

Wew... saya belum pernah nonton niih. Tapi sepertinya menarik...

Lgs donlooot aah...
Gimana nggak susah dilupakan, mas? Liat reality show lgs inget film ini gitu? Haha..
Skrg kan dah bejibun noh reality show di tv2...

Unknown mengatakan...

bagusan the truman show ato eternal sunshine of the spotless mind?

Anonim mengatakan...

Wong Deso apa kuper sih...kok saya ngga ngerti ya ....

inicuma mengatakan...

belum pernah nonton hehehhe

semuasayangeko mengatakan...

masih ingat

Gun mengatakan...

gw malah tahunya dari sini..gak pernah nonton, apalagi inget..hihi :((

Anonim mengatakan...

komentar lagi emang jangankan nonton...ini aja baru tahu.

Oh ya kang ajarin bikin nama di atas bookmark dong....kemarin kan dah bilang di shoutbox...ngiler khan ngeliatnya keren

Anonim mengatakan...

gak ngerti. hiks hiks hiks T_T

Azwar mengatakan...

jujur nie, aku belom tonton

Anonim mengatakan...

wah jadi pengen nonton filmnya neh

Anonim mengatakan...

hhmm... Truman show itu aku gak pernah nonton.. hiks...hik...

*kaburrr * 8 8 8 8 8

Apipuzi mengatakan...

waaahhhh........ aku ga pernah nonton
jadi pingin nonton nih

1998?
gila!
aku masih taman kanak-kanak!

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@Ruth: Iyah.. langsung download.. eh.. tapi kan ilegal ruth.. he..he..
@tandodol: Eternal Sunshine in The spotless mind bagus juga.., tapi berhubung lebih banyak bumbu cintanya, jadi.. saya pilih The Truman Show deh. :)
@edisamsuri: Wah brarti bahasa yang saya pake salah ya pa guru..?, Soal nulis nama nanti ya, InsyaAllah.
@Oeoes: Kalo sempet nonton coba mas. Siapa tau butuh hiburan.
@semuasayangeko: Bagus.. brarti kita sama ko'
@Jovie: Film lama jov.. (ternyata banyak yang belum nonton ya.. jangan-jangan yang nonton malah gw doang he..he..)
@tamrin: Dimanana tamrin?
@kapanpun's: He..he.. Ya gapapa sih... film taun 98.. tapi memang sih seger...
@Billah: Iya mas billah, nonton yah.
@maynanda: Kalo sempet nonton coba, renyah, seger, tapi ternyata.. satir..
@A-Five: 98 masih TK yah.. walah.. ya gapapa deh.. masih tersedia kok di toko-toko film he..he.. (kalo nyuruh download, ntar dimarahin)

Unknown mengatakan...

saya lebih menyukai Gang of The Yew York. yang mewakili cerita tentang bagaimana sebuah kota Amerika dibangun. Ini jawabnya: dengan kekerasan dan baku bunuh antar ras, antar kelas sosial. bahkan lebih liar dibanding kisah gangster sisilia.
Namun tetap saja kita bisa memetik hikmah tentang teorema survival yang melebihi heroisme ala Eropa masa lalu seperti Yunani atau Romawi.
Jadi? bagmn kalau sy usulkan Kang Firdaus untuk meresensi film ini juga...

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Belum nonton kang filmnya.. Bintangnya Jim Carrey, berarti Ini film komedi ya kang..? (nah loh...?)

*kabur..*

Kristina Dian Safitry mengatakan...

tenang banget aku kaloo ngeliat foto diatas tuh..

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@gus: Saya juga sudah nonton gus Gang of The NY itu.. cuma mungkin kapan-kapan saya teringat film itu.. akan saya coba letakkan disini. Kemarin itu, kebetulan inget film ini, pas lagi liat "reality show" indonesia yang.. (menurut saya) agak "unreal" itu gus..:)

@I Ketut Riasmaja: Kan udah disebutin di atas... *kurangin ah, nilainya.. karena kurang memperhatikan*

@Kristina Dian Safitry: *Loh??* gambar yang mana nih? :) Header maksudnya mbak?.. wah sama brarti...

Anonim mengatakan...

iya, aku dulu juga pernah nonton, walaupun bajakan... ceritanya asik.. klo g salah si truman keluar studio lewat langit yang ada pintunya ya...

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@Irwan Sujatmiko : Correct mas... he..he..

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

Belum sempat nonton tuh, tapi sepertinya menarik juga ya!

dhez mengatakan...

Iseng cari soal Truman, malah ketemu blog ini =D Senang rasanya tak hanya saya yang berpikir bahwa TRUMAN adalah sebuah prediksi besar orang 90-an mengenai Reality Show nantinya di tahun 2000-an.. =P

Saya baru aja selesai nontonnya 5 menit yang lalu. Berhubung ini film keluarnya pas saya masih 8 tahunan, makanya baru sempet sekarang. But I give 5 stars out of 5.

I love the plot.

And mostly, give applause to the scriptwriter and the storymaker. Tanpa mereka, Truman tak pernah ada =D

Dan ya, Truman benar-benar nempel di otak banget ceritanya! Inilah daya tariknya. =D

Anonim mengatakan...

one of the best film i've ever watched!!!
aktingnya, ceritanya, plotnya ugh!
wajib ditontoon :)

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog