Google Page Creator Tutup Usia


Saran saya, gunakan Googlepages, yang menyediakan space untuk menyimpan file. Relatif lebih mudah bagi kita pengguna blogger, karena (seperti sudah pernah saya bilang) Googlepages, menggunakan Google ID juga, yang tentunya sudah dimiliki kawan-kawan pengguna Blogspot
Google SitesEntah sejak kapan, mungkin saya ketinggalan zaman. Tempat yang sering saya andalkan, terutama ketika kita sedang belajar. Ketika kita sedang membutuhkan hosting "kecil-kecilan" untuk sekedar menempatkan 1-2 file kecil untuk blog kita, ternyata telah menutup usianya lebih dini. Google Page Creator, yang pasti hari ini dan seterusnya, tidak akan menerima pendaftaran pengguna baru. Eksperimentasi Google yang mungkin lebih kita kenal dengan Googlepages ini, akan terus berda dalam Google Labs dan tidak akan pernah "lulus" dari "penggodokannya". Kata-kata yang saya kutip diatas, tak lain adalah kata-kata saya, yang dengan semangat juang 45 menawarkan sebuah opsi untuk tidak mengkhawatirkan kesulitan menyimpan file-file kecil, karena Google menyediakan tempatnya. Jika saja waktu itu, yang belum membuat akun baru, langsung mendaftar, maka mungkin kawan-kawan belum terlambat. (setidaknya saat ini masih berguna)

Tapi ini semua bukan tanpa sebab. Mengenai hal ini, Google mengutarakan bahwa Page Creator berhenti hanya sampai "kawah-candradimuka" (baca: Google Labs), karena Google ingin berkonsentrasi pada penggantinya, yang sebenarnya sudah juga bisa kita pergunakan, yaitu Google Sites. Perkenalan awal saya dengan Google sites, sekilas mengingatkan saya pada interface iGoogle. Karena belum terjelajahi dengan baik, maka pembicaraan tentang Google Sites, tidak bisa kita lanjutkan sekarang, mungkin lain kali.

Lalu bagaimana dengan pengguna Googlepages yang lama? Resapi saja kata-kata google berikut :
If you are currently a Page Creator user, you can continue to use Page Creator and your pages will automatically be transitioned to Google Sites later this year. We are committed to making this transition as smooth and easy as possible, and we will post more details as we get closer to the transition time. You can also manually move your web pages from Page Creator to Google Sites or other service providers at any time.

Diusirkah kita..? entah. Tapi semoga nanti pada akhir tahun, jangan sampai ada keluhan jika sampai diusir paksa. Karena penggusuran paksa seperti ini tidak pernah mudah direlakan begitu saja.


Mungkin manajemen pemindahan layanan oleh Google ini sedikit boleh dicontoh. Setidaknya, Google sudah menyediakan tempat lain untuk relokasi setelah "penggusuran". Dan jika dihitung sejak bulan ini, itu berarti tenggang waktu yang diberikan adalah sekitar lima bulan, sebelum kita harus rela "barang-barang" kita "dikemasi" dengan Buldozer.

43 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Anonim mengatakan...

Pertamaxxx... *pertamax gak yahh..*

Jaloee mengatakan...

keduaaaaxxxx

Jaloee mengatakan...

nah sekarang yg seriusnya... wah.. terus gmana neh.. biasanya kalau ada pengusuran ada demo... apa perlu kita demo neh...

walupun masih ada tenggang waktu... hmmmm.. coba ah baraya perdalam google site na

Gun mengatakan...

KetiaXXx (kurang "G")
komentnya nanti aja...

tyasjetra mengatakan...

keempaaaatt...xxx
mendinglah drpd ke 21.. weeek...
eemm, google page creator tuh buat apa ya??
blom pernah kenal kok udah tutup usia..
aku dah komen niii.., follow me yaa..

inicuma mengatakan...

kelimaaaxxxxxxxx

Anonim mengatakan...

untung nggak pernah pakai google pages ( enggak pake apa nggak ngerti... he he he)..jadi nyantai aja...lol

Kristina Dian Safitry mengatakan...

betapa malang nasibku.....

Unknown mengatakan...

kedelapan, angka hoki bagi sejenis setengah tionghoa setengah madura dan setengah jawa. (asal ga setengah orang aja)seperti saya hahaha.
Saya tak mendukung Kang Jaloe Aja. kita demo google. kita bikin pernyataan sikap. kita tunjuk aja kang Firdaus jadi juru ketik naskah. Juru kirim naskah via apa saja. sekaligus juru bicara. Gimana kalo Google yg kita minta agar google yang mindahin semua perkakas file yg kadung kesimpen di googlepages. kan lama mindahinnya. mana ongkos sewa pickup mahal lage...

ebleh 182, Indonesia blogger mengatakan...

maaf mas, aku kok nggak ngerti ya.. Dasar aku o'on... Tapi alu ngganteng kok mas.. :)

Anonim mengatakan...

ke sembilanxxxxx
Angka yang bagus....!!!

Kristina Dian Safitry mengatakan...

lho kok bisa gitu seh. kenapa begitu. masa ganti templit itunya juga harus diganti sih. isa nanggis aku kalo tetap no follw..help me ya

Anonim mengatakan...

iya..kaget aku kang..waktu 2 hari ato 3 hari yg lalu yah..mau signup utl pages creator..wew...yang ini infonya markosippp nie kang...btw kang oeoes kemana yah..ada apa yah mencariku..kang kemana sampean...bingung aku nie...hehehe...

Anonim mengatakan...

Wah untung saya ga pake googlepage jadi ga digusur hehe...

Anonim mengatakan...

biasanya saya menggunakan googlepages sebagai alternatif file ficture saya, dikarenakan bogger/blogspot mempunyai limit kapasitas penyimpan data meskipun telah menawarkan picasa.google.com sebagai alternatif tambahan

wendra wijaya mengatakan...

hahahaaa.. saya gak ngerti yg beginian.. maklum "orang baru"...

salam..

Subagya mengatakan...

googlepages pilihanku :D, gratiiiiiisssssss soalnya wakakakakaka

Gun mengatakan...

JoVie nongol lagi....
"JoVie gak pernah pake Google Page" kenalan juga belum pernah...
Biasa pake'nya photobucket, sama gak sih servisnya??

Anonim mengatakan...

Kalau saya lebih seneng gunakan yahoo geocities, coba aja sbagai alternatif jika bener2 digusur

Mike.... mengatakan...

aq pun biasanya pake yahoo geocities,,punya juga sih googlepages tapi ga pernah digunakan,gpp deh kena gusur..hi..hi..

Anonim mengatakan...

tpi mudah2 gak sampai servernya dipangkas abis ya? soalnya dah puluhan pic n data gw simpen jga... maklum... gw banyak punya ID di pages ini...hue...he...he...

Anonim mengatakan...

untungnya saya gak ikut2an makai:)

Unknown mengatakan...

nggak,,ngak,,,ngak,,,ngak ,,,,... aku nggak rela... google page creator adalah t4 satu-satunya buatku buat nyimpan ini itu TIDAK....







http://www.blogguebo.com/2008/08/lijit-mesin-pencari-untuk-blog-anda.html

Anang mengatakan...

lgoooooo lantas nanti konten kita disana gimana??> apa dipindahin google atau manual kita yang ngangkut ke rumah baru

Bani Risset mengatakan...

Hauuu senangnya saya sudah "menetap" duluan :)

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@Riasmaja : premium deh... gimana..

@JALOE : demo.. sebentar, perkakas demo masih kumplit gak ya.. megaphone, spanduk ada.. tapi orang-orangnya yang ga ada kang. :)

@JoVie : ehm.. beda.. Google pages bukan sekedar hosting sis, tapi.. wah panjang, nanti lagi deh, aha.. da lagian udah tutup. :)

@tyas : iya.. itu dibelakangnya mbak tyas juga udah ada yang mbuntutin... terus "bunyi".. guk..guk.. gitu. Itu siapa yang ke 21?.. untung bukan aku.

@Oeoes : iya deh iya..

@edisamsuri : santai aja pa guru, sudah gusuran nih..

@Kristina Dian Safitry : iya.. bu'e.. kita pindah kemana bu'e?

@gus : wah bener.. hoki.. hoki-hoki bento. Kalo gitu kita urunan aja gus, nyewa truck aja, kalo rame2 lebih murah ketemunya. Muat nggak?. Nanti kalo saya demo, trus ditangkep polisi, trus sidang masuk LP, Gus nengokin saya ya.

@EbleH 182 : ...*krik..krik.. sunyi..*

@Abang : .. *ini udah jadi abang malah ikutan belajar ngitung*...

@Blogger Addicter : kang oeoes.. tuh.. ada diatas, panggil aja.. ;)

@Taktiku : iya.. si untung nih gara-garanya.

@kapanpun : kalo gitu, ntar pindahan juga ya bang..

@wendra wijaya : wahahaha... salam juga, saya juga baru.. he..he.. :)

@subagya : Ya kalo gitu harus siap pindah.. he..he..

@Abi bakar : Iya sih bi.. ini saya sih.. udah terlanjur.. selama ini pake geocities cuma buat tempat favicon.. hihi, ternyata butuh juga nih.. makasih bi, masukkannya.

@Mike : Ikhlas ya.. wah, mike, pahalanya gede tuh, orang ikhlas..

@masenchipz : lha... ayo mas, kita kemas2.. sebenernya nanti juga otomatis, cuma takutnya "tercecer" dijalan.. laa gambar ilang.

@junjungpurba : bagus.. jadi gak usah pindahan.. :)

@Anak Indonesia : tenang ya dek.. cup cup.. nanti dibeliin permen.. sama om Google :)

@Anang : kalo kata google, nanti akhir tahun akan otomatis mas, tapi saya ga tau mekanismenya.. jadi mungkin, kalo bisa dipindah yang penting2 aja mas.

@Bani Risset : iya.. tapi nanti juga digusur kang,, yuk kang... kita nyari pick-up buat pindahan. :)

Gun mengatakan...

Oh Beda yah Sob...ya udah deh, kalo gitu aku pulang aja...

Anonim mengatakan...

Saya sudah nyoba kang... susah sah kayaknya... belum mudheng ngotak-atik template nya..

Anonim mengatakan...

O iya kang.. fasilitas penyimpanan di google site (seperti yang di google page) di sebelah mana ya kang..? *he.he.he.. males nyari*

*kabuuur*

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@Riasmaja : memang sih tidak seperti googlepages yang sangat mudah, coba di lihat saja kesini, mungkin jawabannya bisa ketemu. http://sites.google.com/site/berandaujicoba/

Shedtya mengatakan...

waduh,, serius tuh pak :D,, trus file2 saya di page creator gmn? klo dipindahin otomatis ke yang baru,, url nya berubah nga :D hehe... :(

Anonim mengatakan...

useful info nih...saya jadi khawatir juga akan nasib file2 saya..

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@Shedtya : Menurut google sih begitu, tapi entah yang nanti terjadi bagaimana. Mungkin ada baiknya untuk dipindahkan sendiri.

@eeda : Kalau begitu mari kita pindahan. :)

Subagya mengatakan...

wakakakakakak sekarang baru mengerti. tadi pas mau daftar googlepages malah di arahkan ke google site, jadi teringat postingan kang firdaus :D langsung balik ke sini , saya kira layanan baru google ternyata mbah google kejaaaam!!!! mau menggusur googlepages hix hix hix hix, ada solusi nya ga bro ?

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@subagya : saya udah nyobain google sites. Tapi tetap masih ada kekurangannya. Kita nggak diperbolehkan upload javascript seperti di GooglePages. Tapi memang sih, ada kelebihan lain. Saya udah coba buat bisa dilihat di http://sites.google.com/site/berandaujicoba/. Dilihat2 aja.. tapi ya kekurangan yang saya dapati baru itu.

Anonim mengatakan...

Tapi google sites ga bisa attach file ekstensi .js. Tau ga di mana yang mirip2 googlepages or google site tapi bisa nyimpen .js? Ditunggu jawabannya...!

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@Free PDF converter : Iya bos.. belum bisa sampai saat ini (saya udah tulis diatas lho).. :p Nanti kalau ada.. kita saling kabar2 ok..

semuasayangeko mengatakan...

kejar setoran...




eh maap lagi lagi.. maap...

Anonim mengatakan...

ngemeng2 penggatinya apa mas? aku kemaren blm smpet daftar, soale susah banget daftarnya...

Anonim mengatakan...

Blognya sangat menarik. Salam kenal............

Anonim mengatakan...

Salam kenal mas, saya dilla baru gabung di blog ini. Saya tertarik dengan content mengenai penggantian Page Creator menjadi Google Sites. Trus gimana cara menseting Google Situs, Tolong komentari ya mas, saya belum bisa menseting Google Sites, saya tunggu infonya.

Makasih.

Anonim mengatakan...

Mas Koq sudah tutup usia Paman GGOOGLE PAGE CREATOR NYA ,USIA BERAPA? hEhEhE... mAKASIH INFONYA MAS,

Innes mengatakan...

salam kenal semuanya... saya jadi ingin bertanya, Google Page Creator tuh sama dengan blogspot yah?? trus apa maksudnya Google Sites?? mohon ma ap saya Newbiee... :-)

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog