Meninggalkan Jejak Di Ujung Tulisan


Kenapa setiap judul yang saya berikan tidak pernah "tepat sasaran". Seharusnya judul posting ini adalah "Cara Membubuhkan tanda tangan di Posting Blog". Atau jika ingin ber-bahasa Inggris ria, "Post signature on Blogspot". Saya selalu melakukan ini, karena khawatir, kawan-kawan yang benar-benar sedang membutuhkan, malah harus tersangkut di Blog saya, sementara, Blog Tutor kita mungkin sudah menuliskannya jauh-jauh hari. Dan Suhu-suhu kita inilah, yang bisa langsung tepat sasaran. Jadi sekali lagi, saya sarankan untuk mencoba dulu menyambangi Blog Kang Rohman, Agus Ramadhani (O-om), Abah Iwan (Free-7), Kang Jaloe, Mas Anang, Mas Fatih atau Kang Agus Herry (edittag). Buatlah Blog saya ini menjadi Prioritas terakhir. Tapi jika sudah basah, ya sudah mandi sekalian disini :)

Kita mulai saja. Sebelumnya maaf, jika terlalu panjang penjelasannya.

Ide awalnya adalah apa yang sudah dilakukan oleh Annie (sok kenal) di bloggeruniversity.blogspot.com. Annie menulis "Blogger Beta - Post Signature". Tapi kemudian saya mencari cara lain, supaya lebih efektif (menurut saya). Tapi untuk memberi pilihan kawan-kawan, akan saya bawakan juga "cara" annie disini.

A. BlogUniversity :

Relatif lebih mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah BACKUP templates kawan-kawan. Jika sudah, maka buat file image/gambar tandatangan kawan-kawan, atau bisa saja menggunakan font yang berbentuk huruf tegak bersambung (latin) sehingga 'mirip' tanda tangan, bisa dengan menggunakan software pengolah gambar, misalnya yang gratis seperti GIMP (Bisa di download dari sini), atau Software berbayar macam Corel CS atau Adobe Photoshop CS. Setelah itu, Upload gambar tersebut ke file-hosting milik kawan-kawan. Saya biasa menggunakan Googlepages (tak-berbayar). Kawan-kawan yang menulis blog dengan blogspot, tentunya akan lebih mudah, karena GooglePages juga menggunakan Google ID yang sama dengan Blogger, Gmail dan layanan Google yang lain, Jadi tinggal memasukkan Password saja.
  1. Sign-In dan masuk ke Dashboard Klik Settings > Formatting > Post Template. Nah di kotak "post-templates" tersebut Isikan dengan :

    <p><image class="centered" alt="post signature" src="SIGNATURE URL" /></p>

  2. Ganti SIGNATURE URL dengan alamat image/gambar tandatangan kawan-kawan disimpan. Misalnya jika saya tuliskan alamat image saya

    <p><image class="centered" alt="post signature" src="http://firdaus.ariefatosa.googlepages.com/Signature.gif" /></p>

    Setelah di-save, maka akan muncul seperti ini (di setiap akhir tulisan kita)

    post signature

  3. Jadi, setiap kali kawan-kawan akan memulai tulisan, gambar tandatangan tadi sudah langsung muncul ke dalam kotak penulisan. Terakhir, tinggal tempatkan saja 'tandatangan' itu di bawah tulisan kawan-kawan. Selesai. :)
B. Blognya firdaus : he..he..

Saya memanfaatkan bagian 'footer' tulisan blog kita. Jadi sudah jelas ya bedanya. Kalau Annie memasang gambar di akhir 'body' tulisan, saya menempatkannya di atas 'footer' tulisan. (eta-eta keneh, Itu itu ajah, sami mawon). Hanya saja, untuk kasus templates blog saya ini akan lebih rapi bila tandatangan itu diletakkan di atas footer, bukan dibawah body (mirip tapi tetap berbeda).

  1. Setelah Sign-in dan masuk ke Dashboard, Klik Layout > Edit HTML, lalu beri tanda centang(thick) di "Expand Widget Templates". BACKUP templates kawan-kawan, lalu cari kode berikut :

    <div class='post-footer'>

  2. lalu letakkan kode ini tepat dibawahnya

    <div align='right'><p><image alt='post signature' class='centered' src='URL IMAGE'/></p></div>

  3. Nah, warna merah di kode tersebut, silahkan ganti dengan yang sesuai. URL IMAGE adalah tempat kawan-kawan menyimpan file gambar. Dan right berarti gambar yang dimunculkan akan 'rapat-kanan' seperti di blog ini. Ada 3 pilihan, kawan-kawan bisa isi dengan left, center, atau right. Silahkan pilih.

    Contohnya (pada blog ini) saya menggunakan :

    <div align='right'><p><image alt='post signature' class='centered' src='http://firdaus.ariefatosa.googlepages.com/Signature.gif'/></p></div>

    Maka akan muncul seperti yang terlihat di sebelah kanan bawah tulisan posting kali ini.

  4. Setelah itu, jangan lupa di save. :)

Jika gagal, hal pertama, jangan panik. Kembalikan templates kita dengan backup-an tadi. Ulangi dari awal, dan lebih berhati-hati. Umumnya kegagalan parsing file XML (templates gagal di save) adalah kesalahan 'kecil' kode seperti tanda koma atau tanda kutip. Jadi tetap semangat. Namanya juga belajar. Jika kawan-kawan mengerti CSS atau punya kreatifitas lain, lahan ini bisa sekaligus kita gunakan sebagai tempat gambar yang lain yang mungkin ingin kawan-kawan tampilkan pada setiap kali posting. Selamat mencoba (bagi yang ingin mencoba).

Oya.. Kata ayah saya "Malu bertanya, tidak apa-apa. Yang penting jangan sesat di jalan.".

#PS: Ini juga adalah buah dari pertanyaan Bapak Guru edisamsuri di postingan sebelum ini. Dan soal Ijin penerjemahan dari Annie bisa dilihat screenshoot-nya disini

28 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
Anonim mengatakan...

Mantab Kang, Thanks for the tutorials. Tapi belum bisa coba sekarang mau ngajar dulu sampai jam 11............again Thanks....

etta chan mengatakan...

wah ini bukan pake blogger classic ya ?

Anonim mengatakan...

wah mantab neh bisa dicoba...btw itu keyword BLOG nya bisa dipake juga tuh buat usaha keindex tebelin aja BLOG nya...pake strong lebih mantab(jd dpt ide baru) :)

Tamrin mengatakan...

udah aku baca. keren euy, aku mau buat signaturenya dulu. #_#. Thx yap

Aku adah masalah di blogroll bisa bantu g?

semuasayangeko mengatakan...

lanjuth

Kristina Dian Safitry mengatakan...

langsung ke TKP

Anonim mengatakan...

Wah... Aku nggak pake tanda tangan.. :D, hapy aja ah.. huhuhu

Anang mengatakan...

saya jg pernah bahas cara bikin tanda tangan yang simple pake ms office

Jaloee mengatakan...

sip lurr.. beki keren euy

Anonim mengatakan...

Wah keren juga nih... bikin ahhh... hehehe..

Anonim mengatakan...

lanjuttt

Gun mengatakan...

jOvie mau ikutan akh Sob..

thanks info nya..
lumayan juga sih, tuk menandakan bahwa artikel yang kita tulis gak nyontek/biar dikenal orang kalleeee

Hanya berlaku untuk M.A.N.U.S.I.A!!
Jovie juga M.A.N.U.S.I.A!!!!jadi perlu disayangi dan dicintai,hihi

afit mengatakan...

nyoba ah, btw motorolanya dah bs konek blm...ga konek dimananya?

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Mau nyoba gak ya...? Jangan2... bermasalah lagi... (he..he..he..). Keren kang, baru mau mikirin tanda tangan yang bagus... Ntar pasti tak praktekin..

Anonim mengatakan...

siang boz...dah di pasang tapi bikin nama signature nggak pake GIMp..pusing akhirnyapake logoease....lumayan

Mike.... mengatakan...

woa..ternyata mampir ksini dapet ilmu baru..
sip..sip...
mw dicoba jg ah..tp bkin ttd-nya gmn ya..hi..hi..

Anonim mengatakan...

ilmu baru 2008x nih....

semuasayangeko mengatakan...

wah asik nih..




btw counter blog aku menunjukkan 193 siap2 mo 200 tuh...

Anonim mengatakan...

hmmm...
bole juga nih info nya...

ntar klo aku maen ke blogspot aku, aku coba dah..

hatutnuhun kang...

Anonim mengatakan...

software nya ada.. tapi saya ngga ngerti cara bikin signature nya *capee deh

Hhaaha..

Mike.... mengatakan...

sudah dicoba dan berhasil dengan baik..he..he..

thx bro..

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@edisamsuri: Sama-sama pa guru..
@etta-chan:Blogger klasik juga bisa.Pake cara dari Annie
@Billah: Mas Billah, bisa aja nih.. Ayo BLOG BLOG BLOG. :)
@new_techno: He..he..Sama-sama deh, Blogrollnya udah belum? (kkayanya udah ya)
@Kristina Dian Safitry: TKP-nya Disini mbaaak...
@Maynanda: Iya, gak pake jg gpp kok... tetep hepi..
@JALOE: Walah kang.. Nuhun tos Nganjang Kadieu.. Nuhun Kang..
@Ruth: Jangan pake tanda tanggannya John Terry loh ya...
@oeoes: kemana nih...
@Jovie:Boleh aja sis... tapi ada apa nggak, nyontek tetep ga boleh, pinjem boleh :)
@afithk: Motorolanya... belum nih.. tau knapa.. afith bisa bantu parameternya ga?
@I Ketut Riasmaja: Mas ketut.. masa udah kapok lagi.. he..he..
@Taktiku: wah.. yang bener mas... he..he.. bisa aja.
@semuasayangeko: iya ko' ini lagi siap-siap. jangan sampe ada yang ngeduluin.
@oRido: Boleh.. Wordpress.. bisa juga sih.. tapi caranya ya pasti beda...
@Blogger-Holic: wahahahaha.. sama sebenernya saya juga ngga lancar kalo pake GIMP. he..he..
@Mike: Wah.. selamaat... sama-sama juga bro..

Unknown mengatakan...

baca judul yang ini, sy jadi inget cara meninggalkan jejak diri ala pengikut politik 'pejah gesang nderek megawati' di surabaya saat konggres PDI tandingan. Kubu Suryadi vs Kubu Megawati yg didukung penuh Eros Djarot menjelang kerusuhan 27 juli(kudatuli). Jejak diri itu berupa 'cap jempol darah'. Saya nggak tahu, apakah cara cap jempol darah terbaca sbg kelucuan politik atau malah terkesan heroik.
Emang, deh. postingan Kang Firdaus selalu membuat sy untuk berkomentar panjang. Saya menduga, ini salah satu kelebihan Kang Fisrdaus. Saya yg pernah terhidupi dr menulis (kejaan jurnalis kan tergantung dr kata, koma, dak titik) mrs perlu untuk mengusulkan
agar Kang Firdaus bikin kursus menulis untuk para Blogger. Biar tulisannya 'enak di baca dan perlu'. Gmn Kang?

regards


tapi rasanya

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@gus: terima kasih gus.. saya ngga nyangka akan ada yang rela memaknai judul diatas. Memang ADA sesuatu yang sedang saya tuju. Tapi rasanya itu butuh cara. Dan saya sendiri juga masih saja, sebegitu pengecutnya untuk bersuara selantang kawan-kawan. Mungkin hanya dengan cara ini. Saya masih setidaknya bisa me-rekreasikan diri saya. Mengenai kursus, wah saya terus terang sajalah, masih jauh di bawah rata-rata kemampuan kawan-kawan semua gus. Jika untuk berbagi, insyaAllah saya siap. Terimakasih Gus.

tyasjetra mengatakan...

aku mikir dulu yaaa, signatureku mau model apa..
menampakkan kemachoanku, apa feminitasku..

Firdaus Ariefatosa mengatakan...

@mbak tyas : Adduh... ini mbak tyas.. seneng banget jadi "bilingual". Mau saran dari anak baik ga mbak.. bikin aja.. "tyas tapi ganteng". Gimana.. garing to?.. gebugin..

Anonim mengatakan...

cuma numpang lewat kasi selebaran untuk berbagi informasi

kunjungi: http://tinyurl.com/berikanpendapatmudapatkandolar

thanks :)

pipit fitri a mengatakan...

Thanks infonya, emang ini yg ku cari
nggak salah mampir kesini :)

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog