Penulisan Referensi dan Citasi : (AIP Style)


Jika pada pembahasan penulisan referensi atau citasi sebelumnya kita sedikit berbicara mengenai bagaimana (menurut Buku panduan penulisan oleh APA) seharusnya penulisan sebuah rujukan yang dinukil ke dalam tulisan kita, yang pada penggunaannya mencakup bidang ilmu-ilmu sosial, edukasi, engineering (keahlian tehnik) dan bisnis, maka rincian dibawah ini adalah sebagian dari modus-modus penulisan referensi khusus untuk bidang ilmu Fisika. Pilihan metoda penulisan ini disesuaikan dengan Panduan Manual AIP (American Institute of Physics), edisi ke-4, tahun 1990.

Meskipun terkesan merepotkan, dan setidaknya terlihat dari beberapa tanggapan kawan-kawan pada bahasan sebelumya, akan tetapi ini adalah bentuk usaha 'mencoba ilmiah', yang bisa kita lakukan. Konvensi (yang seperti) sepihak ini, pada dasarnya adalah upaya standardisasi metode penulisan. Kalaupun memang terlalu sulit, secara pribadi saya tidak akan memaksakan. Karena mungkin itu berarti bahwa memang baru sampai disinilah ke'ampuhan' blog kita untuk dijadikan rujukan se'kaliber' makalah/paper. Tapi sayang, khusus kepada mereka yang sedianya ingin berlaku sesuai 'norma' (terutama jika tulisan kawan-kawan berada pada jalur edukasi atau bahkan lebih luas lagi), maka modus-modus penulisan referensi, atau kutipan yang kawan-kawan ambil, harus ber'sistem'.

Perbedaan yang paling tampak untuk penulisan referensi menurut AIP dibanding dengan APA yang telah kita bahas sebelumnya adalah penomoran (indeks) untuk masing-masing artikel, buku atau yang lainnya pada daftar referensi atau daftar pustaka. Jurnal-jurnal fisika lazimnya menuliskan urutan referensi sesuai dengan urutan munculnya notasi (yang paling sering digunakan adalah bilangan/angka) referensi yang sedang dirujuk. Tidak dijelaskan (pada manual AIP) modus penulisan "in-text" atau "dalam-teks".



» Book, One authors
Buku, satu penulis

[#] P. Phillips, Advanced Solid State Physics (Westview, Boulder, CO, 2003).



» Book, Multiple authors
Buku, lebih dari satu penulis

[#] J. E. Marsden and T. S. Ratiu, Introduction to Mechanics and Symmetry (Springer, New York, 1994).

» AIP Style Manual tidak menerangkan seberapa banyak penulis yang namanya harus dicantumkan. Jika nama-nama penulis ini terlalu panjang, maka hanya dicantumkan nama penulis pertama dan selanjutnya ditambahkan "et al."



» Chapter in book
Bab, bagian dalam buku

[#] W. Riddle and H. Lee, in Biomedical Uses of Radiation, edited by W. R. Hendee (Wiley-VCH, Weinheim, Germany, 1999).

» Perbedaan terutama pada lokasi penukilan yang tidak langsung merujuk judul buku melainkan dengan pengantar kata "in" atau "dalam" [judul buku]



» Database
Basis data

[#] National Institutes of Standards and Technology, Physics Laboratory, Physical Reference Base. <http://physics.nist.gov/PhysRefData/contents.html>.



» Journal article
Artikel Jurnal

[#] D. Groom et al., Euro. Phys. J. C 15, 1 (2000).
[#] J. Wisdom, Nucl. Phys. B 2 (Proc. Suppl.), 391 (1987).

» Judul artikel tidak dicantumkan, Judul/nama Jurnal disingkat dan tidak dicetak miring
» Jilid (Volume) Publikasi, nomor terbitan (issue number) dan seri jurnal dicetak tebal. Sebagai contoh, pengambilan referensi pada artikel dalam "Physical Letters B, issue number 466, halaman 415", maka dituliskan Phys. Lett. B 466, 415 (1999).



» Journal article, online
Artikel Jurnal, online

[#] Y. Nakayama and S. Akita, New J. Phys. 5, 128 (2003). <http://ej.iop.org/links/57/Hd+yfND0zFMnm2H8Q0yUKA/njp3_1_128.pdf>.

» Penulisan ini untuk jurnal yang hanya tersedia untuk versi online



» Preprint
Pracetak

[#] F. Zantow, O. Kaczmarek, F. Karsch, P. Petreczky, preprint,hep-lat/0301015 (2003). <http://www.thphys.uni-heidelberg.de/hep-lat/0301.html>.
[#] A. J. M. Medved, preprint, hep-th/0301010J (2003).<http://arxiv.org/abs/hep-th/0301010>. Published in High Energy Phys. 5, 008 (2003). <http://www.iop.org/EJ/abstract/1126-6708/2003/05/008/>.



Ditulis sebagai pengingat untuk diri sendiri dan siapapun yang membutuhkan.
Semoga bermangpaat :)

Sebagai pengingat bahwa mode AIP ini, adalah khusus untuk bidang keilmuan FISIKA dan MATEMATIKA. Modus penulisan yang digunakan untuk bidang keilmuan lainnya, telah dibahas pada bahasan Citasi, Referensi dan Penulisannya (APA-Style)


10 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
bewegaleri mengatakan...

Jadi inget waktu mo bikin skripsi...

pogung mengatakan...

wah bagus nieh, kadang hal - hal kecil gini kita sepeleikan..

bayu nugroho mengatakan...

jadinya kyk buat sesuatu yang resmi banget ini sih wajib hukumnya...

riasy mengatakan...

wah....
kereen-kereeeen mas....
siiip..

ilham budianto mengatakan...

siiip......
keren artikelnya!!...
meskipun hal kecil tapi kayaknya perlu di ingat nich!!!.........

nur kholiq mengatakan...

Widiiiih...kece nee...

kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang mengatakan...

terima kasih infonya, keren nih bermanfaat sekali, apalagi aku lagi ngerjain karya tulis. sip2 deh

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

Mantab..berguna nih..makasih mas..:)

baju muslim murah mengatakan...

belum jadi nih aku mulai buat skripsinya, hehehe

gamis cantik mengatakan...

referensi kayak gini penting banget kalau gua dapet pas ngerjain skripsi ya...skrg mah udah selesai skripsinya...udah berdebu di perpus fakultas...hehe...sip bro lanjutkan ya...sukses buat agan deh...salam blogger

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog