Mungkin Seperti Ini Cara Dia Melihat : SEO


Lynx Browser Michael Corleone : "Keep your friends close, but your enemies closer".

Itu bukan kata-kata saya, tapi kata michael yang dinilai sebagian orang sebagai contoh kentalnya budaya sisilia. Tapi itu juga cuma ada di The Godfather. Sembari simpang siur sekaligus ingin saya bercerita bahwa yang sedang saya gunakan untuk menulis ini adalah Windows Live Writer yang saya mendapat rekomendasi (secara moral) dari kang jaloe di salah satu posting di blog beliau. Tapi untuk kali ini, bukan itu yang sedang ingin saya ceritakan. Alih-alih mencoba WLM, saya teringat bahwa pernah di posting yang lalu mengenai cara Google menilik isi situs/blog kita, dengan membandingkan dua layout yang berbeda. Ini yang kemudian mengingatkan saya pada LYNX Browser. Sebuah Browser keluaran the Lynx-Dev Group yang sama fungsi dengan browser macam FOX atau IE. Hanya saja Lynx tidak menampilkan bagian lain dari sebuah situs, selain teks-nya saja. Lalu apa nikmatnya browsing dengan Lynx??..


 

Ada, walaupun mungkin akan menjadi terlalu tidak realistis, jika bandingannya adalah kenyamanan berselancar yang akan jauh berkurang karena warna-warni itu kemudian hilang. Sekedar mencoba mengerti, apa dan siapa yang menjadi “musuh” atau “kawan” kita. Asumsi ini, seakan muncul terutama untuk kita yang sedang berusaha semaksimal mungkin untuk memberi umpan Spiderbot milik search engine (Google terutama) untuk melahap semua isi situs/blognya. Siapa lagi nih Spiderbot?? Sudah jangan terlalu ambil pusing, bisa-bisa nanti kawan-kawan sakit. Anggap jika Google adalah kantor pencatatan sipil, maka Spiderbot inilah persona (orang) yang melakukan sensus, mengetuk satu-persatu pintu rumah situs/blog kita. Sayangnya, Si petugas ini agak saklek :) banyak maunya dan agak rewel. Sebentar saja tidak dibukakan pintu, lewaat.. langsung ketuk pintu rumah sebelah. Begitu kira-kira sikap mereka. Bukan hanya itu, sebelum berangkat ke medan per-sensus-an. Spiderbot juga sudah dibekali penataran oleh Bos Besarnya (baca: Google). Semua yang tidak dianggap penting untuk proses indexing, disingkirkan jauh-jauh. Nah, gambar, javascript, flash dan sebagainya itu termasuk yang tidak mampu mereka indera.

 

Sedikit kembali ke kata-kata michael, ya sudah, kalau begitu ada baiknya kita mencoba melihat apa yang Spiderbot lihat. Menurut keterangan Google sendiri, Crawler (nama lain Spiderbot) mereka melihat sebuah situs, kurang lebihnya sama seperti cara Lynx ini melihat sebuah situs/blog. Supaya tidak terlalu pusing, berikut adalah screen shoot dari bagaimana “kira-kira” Crawler (bukan hanya milik Google) melihat. Kalau biasanya kita melihat ini :

Google

Kalau ini cara LYNX Melihat Google. Ya.. mirip-mirip laaah…. :)

 Lynx Browser

Beginilah crawler melihat http://www.google.co.id (rumahnya sendiri). Cuma ada beberapa warna yang tentu kita akan sangat mudah membedakannya. Silahkan konsentrasi pada dua warna saja, yaitu HITAM dan BIRU. Kedua warna inilah yang akan masuk ke daftar catatan Crawler untuk nanti siap dilaporkan ke Google untuk dilakukan indexing. Khusus untuk warna biru, adalah teks yang menyimpan hyperlink ke halaman lain. Nah, ini yang kemudian masuk ke catatan khusus lain yang nantinya akan menjadi bekal crawler lain untuk juga mendatangi situs/blog yang kita link. Begitu juga dengan pemicu lain, seperti Teks yang dipertebal, di garis bawahi atau juga yang terus berulang-ulang dan satu lagi adalah, biasakan mencantumkan “ALT Text” untuk tiap-tiap image/gambar yang kita pergunakan. Contoh diatas adalah buktinya. Logo Google yang sudah kita kenal itu, tetap muncul di LYNX dengan digantikan oleh teks “Google”. Itu disebabkan karena Image Google, disertai dengan ALT text. Ini mungkin memang bukan faktor terbesar, tapi setidaknya mendukung bagi mereka yang berkentingan. Semoga teringat saja dengan kata-kata saya tadi, yang sebenarnya adalah terjemahan kasar dari kata-kata pihak Google sendiri. “Crawler itu saklek”. Jadi untuk yang berkepentingan, ya berbaik-baiklah terhadap mereka. Mungkin Lynx bisa menjadi salah satu cara yang bisa dicoba. Jika spiderbot kesulitan membaca isi situs/blog kita, maka akan dengan sendirinya, situs/blog kita juga akan kesulitan untuk masuk ke daftar indeks Google atau search engine yang lainnya. Mungkin hanya sampai disini dulu. Jika Tuhan mengijinkan, nanti kita akan lanjutkan pembicaraan ini.

 

 

#PS :

  • Jadi apa gunanya kita mengerti cara Crawler melihat Blog kita untuk SEO (Search Engine Optimization) ? Jawabannya ada di pertanyaan itu sendiri, dan ada di kata-kata michael diatas. Masihkah ada cara yang lain. Ada. Add-on firefox contohnya. atau bisa juga mencoba ke situs ini. Selamat mencoba, untuk yang ingin mencoba.

32 tanggapan:

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
Subscribe to my feed | Subscribe comment feed
semuasayangeko mengatakan...

tulalit.. gag ngerti....
eh akhirnya bisa pertamx lage di blo situ...
ayo ayo mau bli baju the beatles (bukan Spam loh) bajuthebeatles

masenchipz mengatakan...

bisa aja si om ini...

JoVie mengatakan...

Jovie belom berani koment banyak, belom baca soalnya...

tapi yang penting Jovie yang pertamax..Horeee yang Pertama (*Semuasayangeko dan Masenchipz anggap aja gak ada...huh!!*)

PD banget ceritanya nih walau lagi sedih

JoVie mengatakan...

Sekarang udah selesai baca nih...

Nanti Jovie coba deh Sob..
Thx infonya nih...

Keren banget, selalu aja ada ide brilliant, salut-salut..

edisamsuri mengatakan...

Postung sebelumnya masih agak ngerti soalknay tenatng linux, lah ayng ini asli nggak mudeng...nanti bacanya lebih sering deh..biar ngga di ketawain ama ayng punya....

Anang mengatakan...

apajadinya bila blogku dilihat pake cara itu.. wah jadul banget yak

Oeoes mengatakan...

wah jahat ya si spiderbot, kalau pas gak dibukain pintu lanjut, kalo gitu pintuku tak buka lebar-lebar aja, kalau pas si spiderbot lewat gak usah ngetuk, biar langsung masuk, hehehehe

blogspot mengatakan...

keren artikel na baraya.. aslina :

kalau spiderbot kurang lebih sama dgn LYNX melihat sebuah situs.. berarti ada bedanya dong.. kira2 berapa persen sih bedanya ?

untuk javascript masih belum, tapi sekarang denger2 untuk flash sudah bisa di baca sama google..

mungkin kalau ada waktu saya juga pingin instal LYNX Browser.. walaupun jadul ( kata om anang ).. tapi kayaknya asik oge yach..

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Gak ngerti kang... saya yang polosan aja deh..

Masciput mengatakan...

wah aku gak mudeng masalah ginian !
oya minta ijin tak jadiin blogroll ya ?

Abi Bakar mengatakan...

Posting yang mantab Firdaus, sangat jarang saya membaca postingan yang panjang hingga finish, kecuali posting tersebut memang benar2x enak dibaca dan berisi. Diposting ini saya membaca hingga tuntas, pengungkapannya dengan kata2x sederhana untuk mewakilkan isi dari hal tidak sederhana. Urutan analoginya tepat...makasih untuk postingnya, ga rugi gue mampir kesini karena dapet masukan.

Kristina Dian Safitry mengatakan...

datail banget,man penjelasannya..gak capek nulis nih,he..he..

Wahab mengatakan...

SEO, pusing masih newbite

Mike.... mengatakan...

yeah..blajar SEO dulu dsni..hi..hi..

mantapzz..

Blogger-Holic mengatakan...

ooohhh... kata yg di-bold ama di-underline ngaruh juga toh.. baru tau saya :)

uNieQ mengatakan...

lagi banyak yang bahas SEO niyh.. pelajaran penting buat newbie kaya cc :D

gus mengatakan...

Kan.... ga salah kalau saya merekomendasikan diri sendiri untuk jadi murid Antum? Mantabs. Tutorialnya mngkin bisa didapat di tempat lain. tapi cara mbahasnya yg bikin ketagihan....

Blogger Addicter mengatakan...

wih nyang ini br keren mas bahasannya..wah..wah..muantebbb..skaligus nambah ilmu..sippp..

Ani mengatakan...

Waaah dapat ilmu baru lagi nih. Thanks mas!

infoGue mengatakan...

artikel anda ada di:

http://seo.infogue.com/mungkin_seperti_ini_cara_dia_melihat_seo

anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam

firdaus.a mengatakan...

@semuasayangeko : siap.. ko ati2 kalo lebih dari satu ntar di 'fitnah' google.

@masenchipz : mas juga bisa aja..he..he..

@JoVie : Halah... ya deh.. thx sis...

@edisamsuri : nggak lah... sama-sama belajar kita, pa guru..

@Anang : Ya jadi jadul mas anang.. he..he.. jadulisme namanya juga.

@Oeoes : Iya.. sombong gitu mas..

@blogspot : Nuhun kang, Ada bedanya, tapi saya tidak bisa memberi angka pastinya. Tapi yang pasti... benar-benar mirip, hanya saja tanpa susunan yang rapih seperti itu. Spider murni melacaks teks saja. Iya kang nuhun oge info-na.. ternyata spider juga sekarang sedang penataran supaya mengenali flash.

@I Ketut Riasmaja : Iya deh.. saya juga kalo gitu.. yang pedes ya.. *mie rebus apa*

@Masciput : Silahkan mas.. tapi ngomong2 kok, link ke profile0nya ga bisa di akses mas, saya mau ketemu mas gimana dong..?

@Abi Bakar : Makasih bi. Saya kan juga belajarnya ke abi.

@Kristina Dian Safitry : Demi mbak, apa sih yang nggak.. :)

@Wahab : Sama bro.. ini kan juga lagi belajar bersama :)

@Mike : yukk ah.. bareng.. :)

@Blogger-Holic : Kenapa gitu bro?.. isu ya?.. wah kalau tahu kesalahannya , minta koreksi bro.. nanti dikoreksi.

@uNieQ : saya jg newbie lho mbak. he..he..

@gus : wadduh ..ini dia yang ditunggu2.. sehat gus?

@Blogger Addicter : Wah.. Thx, semoga bermanfaat bro..

@Ani : Eh. ada ibu ani.. Sama-sama bu.. *ngga konsisten saya, kadang manggil ibu, kadang mbak.. :)*

@infogue : seep.

mochal mengatakan...

saya masih kurang paham niih dengan SEO, penting ga sih mas SEO itu? maaf maih baru niih

firdaus.a mengatakan...

@mochal : ehm.. gimana ya mas.. kayaknya tergantung mas mochal. Jika memang "Muncul di SE dengan keyword yang banyak dicari" itu terasa penting, berarti (mungkin) SEO perlu mas. Sama.. saya juga baru.. belajar bareng yok mas.. ke Abah iwan(free-7) bisa.. ke Mas Cosa(cosaaranda) juga bisa..

Riasmaja mengatakan...

Nah sekarang sudah ngerti... *dikit se*. Tapi kang yang cara membuat Alt Text pada setiap gambar kita gimana kang?

Mohon ditambahkan di PS halaman ini.. thanks...

mxyzplk mengatakan...

mantap mantap... bisa buat nambah2 buat teori SEO nich. tq dah mampir n ninggalin komen hehehe...

firdaus.a mengatakan...

@Riasmaja : ehm.. ok mas, sekarang netnya masih lelet mungkin nanti dulu. *tapi sekarang udah ngerti caranya kan*

@mxyzplk : aseeek.. ada kang mxyplk disini euy.. makasih bos udah mampir.. SEO santai aja ini mah.. :)

Shedtya mengatakan...

makasih kang tips2 na,, rada cerah dikit masalah spiderbot nya hehe,,,

firdaus.a mengatakan...

@shedtya : sama-sama shedtya.. :)

Busby SEO Test mengatakan...

mungkin bisa juga sekedar cek pake seo-browser.com bang...

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 mengatakan...

tools di domaintools.com juga bagus tuh, ada nilai seo kita lagi ;))

Lowongan Kerja 2009 mengatakan...

Memang..kita ga kan pernah tau bagaimana gogel ngubrak ngabrik situs kita.....seandainya saja saya tau, hmmmm

wicker mengatakan...

Uuh.., indah banget artikelnya mas firdaus... dari sini seharusnya para pembaca bisa melakukan SEO dengan lebih baik... Harus... Jika kita tahu bagaimana seorang pemilik rumah melihat dan merawat rumahnya..., maka kita juga bisa tahu bagaimana untuk lebih dekat dengan rumah itu dan juga pemilik rumahnya...

Beri Komentar

Silahkan tanggapi tulisan ini. Blognya firdaus mendukung "DO FOLLOW". Artinya, Setiap komentar yang diberikan, akan dibalas dengan backlink dari sini.
(Jangan buang-buang waktu dengan melakukan SPAMMING. Komentar yang ber'bau' SPAM akan dihapus.)

(Atau bila rindu menggunakan Form Komentar Lama Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya)


 
Terima Kasih Dunia Atas Segala Inspirasi dan Warna Suara . DuaRibuDuaBelas. MMXII . Firdaus™
Subscribe with Bloglines Blog